Pamukan, kerajaan / Prov. Kalimantan Selatan

Kerajaan Pamukan merupakan salah satu daerah tertua yang ada di Kabupaten Kotabaru, sebagai vazal kesultanan Banjar yang mengantarkan upeti kepada Sultan Suriansyah pada awal abad ke-16.

Kabupaten Kotabaru


Garis kerajaan-kerajaan di Kalimantan: link


Foto kerajaan-kerajaan di Kalimantan

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Kalimantan: link
* Foto raja2 di Kalimantan dulu: link
* Foto istana kerajaan di Kalimantan: link

* Foto Kalimantan dulu: link
* Foto perang belanda di Kalimantan, abad ke-19: link


KERAJAAN PAMUKAN

Sejarah kerajaan Pamukan

Di Kalimantan Selatan suku Pamihim kadang disebut juga sebagai Orang Pamukan. Di masa lalu antara tahun 1660 – 1700, orang Pamukan pernah memiliki kerajaan sendiri, yaitu kerajaan Pamukan.
Kerajaan ini pernah diserang oleh suatu serangan dari luar, terlihat dari bukti sisa-sisa pemukiman mereka di Tanjung Kersik Itam. Kerajaan Pamukan yang merupakan kerajaan suku Dayak Samihim yang semula berkedudukan di sungai Cengal. Orang-orang Pamukan yang juga merupakan bagian dari Dayak Dusun Maanyan merupakan rakyat kesultanan Banjar, kemudian meminta kepada Sultan Banjar agar ditempatkan seorang penguasa yang memimpin mereka dan sebagai pengganti kerajaan Pamukan yang telah hancur tersebut.
Kemudian Sultan Banjar mengutus Pangeran Dipati Tuha bin Sultan Saidullah untuk mendirikan kerajaan baru di daerah ini dengan ibukota kerajaan tidak lagi di sungai Cengal tetapi di sungai Bumbu anak sungai Sampanahan, karenanya kerajaan ini kemudian dikenal sebagai kerajaan Tanah Bumbu dengan cakupan wilayah yang lebih luas. Daerah Pamukan kemudian lebih dikenal sebagai daerah Cengal sebagai salah satu divisi Kerajaan Tanah Bumbu. Daerah Cengal ini pernah menjadi daerah pendudukan kesultanan Paser.


Sumber kerajaan Pamukan

Sejarah kerajaan Pamukan: http://planetdayak.blogspot.com/2013/03/dayak-samihim.html
– Sejarah kerajaan Pamukan: https://id.wikipedia.org/wiki/Pamukan


Blog at WordPress.com.