Nusa Mandala, kerajaan / Jawa – Prov. Banten, P. Sangiang

Kerajaan Nusa Mandala terletak di Pulau Sangiang, prov. Banten, Jawa Barat.
Kerajaan ini adalah kerajaan bawahan kerajaan Salakanagara (130 – 362).

Lokasi kerajaan Nusa Mandala di pulau Sangiang, Jawa


Sejarah kerajaan Nusa Mandala

Kerajaan ini adalah kerajaan bawahan kerajaan Salakanagara (130 – 362).

Kerajaan ini merupakan sebuah kerajaan bercorak Hindu, yang berkedudukan di pulau Sangeang. Akan tetapi, hingga saat ini belum diketahui akan asal-usul dan kisah dari kerajaan ini.

Penguasa pertama kerajaan Salakanagara (130–362) yang berkuasa adalah Aki Tirem yang konon memiliki kesaktian luar biasa, namun pada saat itu Aki Tirem bukanlah raja namun lebih tepatnya penguasa yang berpengaruh.

Sezaman dengan kehidupan Aki Tirem, maka ada tiga kerajaan di sekitar Jawa bagian barat. Kerajaan itu bahkan masih berhubungan dekat dengan Sang Aki Tirem sendiri. Adapun di antaranya yaitu:

1) Kerajaan Nusa Mandala

Lihat di atas

2) Kerajaan Agni Nusa (Negera Api)

Nama resminya adalah Mandala Agni Nusa. Mandala Agni Nusa atau negara api adalah kerajaan kecil di tempat yang kini dikenal sebagai gugus kepulauan Krakatau, di Selat Sunda. Disebut Negara Api karena memang di pulau itu ada gunung berapi Krakatau yang senantiasa aktif sepanjang zaman. Kerajaan ini mendului kerajaan Salakanagara yang didirikan oleh Sang Dewawarman I. Namun di abad ke-2 Masehi, Dewawarman I selaku raja Salakanagara saat itu, mempersatukan wilayah kerajaan Agni Nusa ke dalam wilayah kerajaan Salakanagara.

3) Kerajaan Jampang Manggung

Kerajaan ini didirikan oleh Aki Sugiwanca yang tiada lain adalah adik kandung dari Aki Tirem sendiri, mertua Dewawarman I. Kerajaan Jampang Manggung ini terletak di sekitar kaki gunung Manangel, kecamatan Cianjur-Jawa Barat sekarang.


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: