Suku Minahasa – prov. Sulawesi Utara

Suku Minahasa adalah salah satu suku bangsa yang terdapat di Sulawesi Utara, Indonesia. Suku Minahasa merupakan suku bangsa terbesar di provinsi Sulawesi Utara. Jumlah populasi lebih dari 1 juta.

Provinsi Sulawesi Utara


* Foto foto Suku Minahasa: link
* Foto foto Sulawesi dulu, suku Sulawesi dan situs kuno: link


Asal Nenek Moyang

Dari pendapat Tandean, seorang ahli bahasa dan huruf Tionghoa Kuno, 1997 datang meneliti ke Watu Pinawetengan. Melalui tulisan “Min Nan Tou” yang terdapat di batu itu, ia mengungkapkan bahwa orang Minahasa merupakan keturunan dari Raja Ming dari tanah Tionghoa yang datang berimigrasi ke Minahasa. Arti dari Min Nan Tou adalah “orang turunan Raja Ming dari pulau itu”. Tapi pendapat tersebut Lemah menurut David D.S Lumoindong, karena jika Minahasa berasal dari keturunan Dinasti Ming, maka seharusnya ilmu Pengetahuan kerajaan Ming yang sudah pada taraf yang maju seharusnya terlihat pada Peninggalan arsitektur Minahasa maupun huruf dan bahasa Tionghoa pada tahun 1200-1400, tetapi kenyataannya Sebelum Eropa datang Peninggalan zaman Ming tidak ada di Minahasa, jadi pendapat Tandean sangat lemah untuk digunakan sebagai dasar dalam penulisan sejarah dan asal usul Minahasa. Berdasarkan pendapat para ahli diantaranya A.L.C Baekman dan M.B Van Der Jack yaitu berasal dari ras Mongolscheplooi yang sama dengan pertalian Jepang dan Mongol ialah memiki lipit Mongolia dan kesamaan Warna kulit, yaitu kuning langsat. Persamaan dengan Mongol dalam sistem kepercayaan dapat dilihat pada kepercayaan tradisional Minahasa sama seperti Shamanisme Mongol. Dan juga dipimpin oleh walian (pemuka agama) yang langsung dimasuki oleh opo. Agama Shamanisme ini memang dipegang teguh secara turun temurun oleh suku Mongol. Dapat dilihat juga di Dayak, dan Korea.


Masyarakat suku Minahasa

Dibandingkan masyarakat-masyarakat lain di Indonesia, masyarakat ini sudah lebih dulu menyerap unsur kebudayaan Barat, yaitu semenjak kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda pada beberapa ratus tahun yang lalu. Daerah mereka merupakan pusat penyebaran agama Kristen bagi Sulawesi Utara. Pengaruh yang cukup lama itu menyebabkan sisa-sisa unsur kebudayaan aslinya banyak yang hilang dari kehidupan tradisionalnya.

Kelompok kekerabatan terkecil dan penting dalam masyarakat Minahasa adalah keluarga inti monogami yang mereka sebut seme’urang. Setiap orang memakai nama kelompok kekerabatan patrilineal yang disebut fam. Akan tetapi masyarakat ini juga mengenal ikatan kekerabatan yang lebih luas dan bilateral sifatnya, disebut patuari. Kekeabatan patuari ini terutama berfungsi dalam rangka kegiatan gotong royong secara adat yang mereka sebut mapalus, seperti dalam masalah perkawinan, kematian, kerja sama sosial ekonomi dan lain-lain.

Pada zaman dulu mereka mengenal beberapa penggolongan dalam masyarakatnya. Ada golongan yang mengurus masalah-masalah keagamaan (religi lama) yang disebut makarua alow. Kemudian ada golongan pemimpin sosial politik negeri yang disebut makatelupitu, ke dalamnya termasuk para panglima perang dan prajurit yang disegani. Sesudah itu baru golongan rakyat biasa.
Dulu sistem desa tradisional Minahasa disebut Wanua, yang terdiri atas beberapa buah kampung yang disebut ro’ong. Pemimpin wanua disebut hukum tua atau paedon tua. Para wanua berorientasi ke desa dari mana mereka berasal. Kesatuan daerah seasal ini disebut walak, dan ketuanya disebut tua um walak. Beberapa walak membentuk konfederasi sendiri yang disebut pakasa’an. Pada abad ke 16 terdapat 17 buah walak dan 4 buah pakasa’an.


Agama suku Minahasa
Sekarang sebagian besar orang Minahasa telah memeluk agama Kristen Protestan. Kepercayaan asli mereka pada dasarnya animisme, pemujaan roh nenek moyang yang disebut opo atau datu dan kepada kekuatan magis (doti). Dulu kegiatan ritual dalam kepercayaan asli dipimpin oleh seorang imam (walian tonaas).
.

Sumber

– Tentang Suku Minahasa: http://deutromalayan.blogspot.co.id/2012/10/suku-minahasa.html
– Sejarah Suku Minahasa: https://www.scribd.com/doc/310573795/Sejarah-Suku-Minahasa
– Asal usul Suku Minahasa: http://kumpulansejarah-aris.blogspot.co.id/2013/03/sejarah-asal-usul-suku-minahasa.html

– Sejarah Suku Minahasa: https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Minahasa


 ——————————————————————————————————————————————–