Kandali (Kantoli), kerajaan / Sumatera – Prov. Jambi

Kerajaan Kandali atau Kantoli merupakan kerajaan yang belum dapat diidentifikasi lokasi keberadaannya. Mayoritas sejarawan berpendapat, Kandali (Kuntala) terdapat di pantai timur Sumatra di sekitar Jambi sekarang. Kerajaan ini muncul pada abad ke-5 – 6 Mi, di mana hal ini merujuk dari sumber Tiongkok, yang menyatakan bahwa Kan-to-li (Kandali) telah berkali-kali mengirim utusan mulai tahun 441 – 563 M. Pada abad ke-7 kerajaan ini menghilang, mungkin dikarenakan munculnya dua kerajaan lain di pantai timur Sumatra yakni; Malayu (Jambi) dan Sriwijaya (Palembang).

The kingdom of Kandali or Kantoli was a kingdom, that existed in  century 5-6. It was located in the province of Jambi, but location not yet sure.
For english, click here

Provinsi Jambi


* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link

* Foto raja-raja di Simalungun dulu: link
* Foto raja-raja kerajaan kecil di Aceh dulu: link

* Foto perang Aceh – Belanda, 1873-1904: link
* Foto situs kuno di Sumatera: link


Sejarah kerajaan Kandali

Berdasarkan sumber-sumber sejarah Sumatera yang diyakini kebenarannya oleh umumnya sejarawan diketahui bahwa pada sekitar satu melenium pertama abad Masehi, di Sumatera telah terdapat sejumlah kerajaan yang terlibat aktif dalam kegiatan perdagangan, dan hubungan internasional. Bukti-bukti sejarah mencatat bahwa hubungan itu telah terjalin dengan bangsa-bangsa yang berperadaban tinggi pada masa itu seperti Arab, India dan Cina.

Mengacu pada sumber-sumber Cina yang dibuat oleh Kuang-Tai dan Wan-Cen (222-280), serta yang ditulis oleh Tuyu (375), Sartono (1992), mengatakan bahwa sekitar abad ke 3 – 5 M di wilayah Jambi terdapat tiga kerajaan yakni:
Koying abad ke-3,
Tupo abad ke-3, dan
– Kandali abad ke-5.

Adapun tentang Kandali juga diketahui berdasarkan sumber Cina yakni pada masa pemerintahan kaisar Hsiau-Wu (459-464 M). Sumber itu menceritakan bahwa raja Kandali yang bernama Sa-pa-la-na-lin-da mengirim utusan yang bernama Taruda untuk pergi ke Negeri Cina sebagai utusannya.

Kerajaan Kandali secara berurutan aktif mengirim utusannya ke Cina, yakni tahun 502, 519, dan 520. Ketika itu Cina dipimpin oleh kaisar Wu dari Dinasti Liang. Dari catatan Cina diketahui bahwa kerajaan Kandali teletak di Laut Selatan dan adat kebiasaan penduduknya sama seperti di Campa dan di Kamboja. Hasil buminya meliputi bahan pakaian berbunga (tenun ikat), kapas, dan pinang bermutu tinggi.

Sejarah lengkap: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Kandali


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Sejarah kerajaan Kandali di Wiki: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Kandali
– Sejarah kerajaan Kandali: http://kerajaan-kandali.bu.web.id/ind/1287-1171/Kerajaan-Kandali_41732_indocakti_kerajaan-kandali-bu.html


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: