Kandali (Kantoli), Kerajaan / Sumatra – Jambi

Kerajaan Kandali atau Kantoli merupakan kerajaan, yang muncul pada abad ke-5 – 6 Masehi. Terletak di wilayah Jambi.

Provinsi Jambi (hijau)

Provinsi Jambi (hijau)


* Foto foto situs kuno, suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Umumnya

Kerajaan Kandali atau Kantoli merupakan kerajaan yang belum dapat diidentifikasi lokasi keberadaannya. Mayoritas sejarawan berpendapat, Kandali (Kuntala) terdapat di pantai timur Sumatera di sekitar Jambi sekarang. Kerajaan ini muncul pada abad ke-5 – 6 Masehi, di mana hal ini merujuk dari sumber Cina, yang menyatakan bahwa Kan-to-li (Kandali) telah berkali-kali mengirim utusan mulai tahun 441 – 563 Masehi. Pada abad ke-7 kerajaan ini menghilang, mungkin dikarenakan munculnya dua kerajaan lain di pantai timur Sumatera yakni; Malayu (Jambi) dan Sriwijaya (Palembang).


Asal usul kerajaan Kandali

Di daerah Jambi diyakini ada dua kerajaan kecil yang mulai muncul sekitar awal abad ke-5 M, yakni;
kerajaan Ho-lo-tan dan
kerajaan Kan-to-li.

Kerajaan Ho-lo-tan: Dalam sejarah dinasti Sung (960-1280 M) Holotan terletak di She-po atau Thu-po. Menurut pendapat Sartono (1978), She-po atau Thu-po dianggap sama dengan Tebo sekarang, yakni Muara Tebo. Di pinggiran sungai Batanghari dijumpai sebuah pemukiman kuno bernama Ke-do-tan. Masih perlu penelitian tentang toponim Ho-lo-tan dengan Ke-do-tan secara saksama.

Kerajaan Kan-to-li: Kerajaan kedua yang telah menjalin hubungan dengan Cina adalah kerajaan Kan-to-li. Menurut sumber Cina, kerajaan Kan-to-li telah berkali-kali mengirim utusan mulai tahun 441 – 563 M. Menurut pendapat Mulyanan (1981), toponim Kan-to-li sama dengan Kuntala atau Tungkal. Jadi kerajaan Kan-to-li berada di pedalaman sungai Tungkal, Jambi. Negeri Kan-to-li telah tenggelam pada permulaan abad ke-7 masehi.

Sejarah lengkap: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Kandali


Sumber

– Sejarah kerajaan Kandali di Wiki: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Kandali
– Sejarah kerajaan Kandali di melayuonline: http://melayuonline.com/ind/history/dig/306/kerajaan-kandali


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: