Perbaungan, kerajaan / Prov. Sumatera Utara – kab. Deli Serdang

Kerajaan Perbaungan adalah kerajaan waktu kesultanan Serdang. Terletak di kab. Deli Serdang.

Kab. Deli Serdang


Garis kerajaan-kerajaan di Sumatera: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link


Video sejarah kerajaan / kesultanan di Sumatera

* Video sejarah kerajaan di Sumatera, 75.000 SM – sekarang: link
* Video sejarah kerajaan di Sumatera Utara, 0 M – sekarang: link
*
Video sejarah kerajaan di Sumatera Barat, 0 M – sekarang, link


KERAJAAN PERBAUNGAN

Sejarah kerajaan Perbaungan

Perbaungan didirikan sekitar 1724 oleh Panglima Sultan Abdul Djalil Rachmatsyah yang kemudian menjadi Sultan kerajaan Perbaungan (Sinar,1971:106). Berdasarkan informasi lisan kata Perbaungan sendiri berasal dari kata dasarnya yaitu “baung” yang merujuk pada nama ikan. Dahulu di wilayah ini populasi ikan baung terkenal banyak. Sehingga orang-orang menggunakan ciri khas tersebut sebagai identitas nama wilayah yang kemudian dikenal dengan nama Perbaungan.

Kesultanan Serdang berdiri lebih dari dua abad, dari 1723 hingga 1946. Selama periode itu, telah berkuasa 5 orang Sultan. Sultan Serdang I adalah Tuanku Umar, kemudian ia digantikan oleh Tuanku Sultan Ainan Johan Alma Shah (1767-1817). Tuanku Sultan Ainan Johan Alam Shah beristerikan Tuangku Sri Alam, puteri Raja Perbaungan. Pada masa Sultan Ainan Johan ini, terjadi penyatuan kesultanan Serdang dan Perbaungan. Ceritanya, sewaktu Raja Perbaungan meninggal dunia, tidak ada orang yang berhak menggantikannya, sebab ia tidak memiliki anak laki-laki.
Oleh karena anak perempuan Raja Perbaungan menikah dengan Sultan Serdang, maka akhirnya, kesultanan Perbaungan digabung dengan Serdang. Jadi, penggabungan ini berlangsung semata-mata karena adanya hubungan kekerabatan, bukan karena peperangan.

– Kesultanan  Serdang: link


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: