VOC, Perusahaan Hindia Timur / Belanda, 1602 – 1799

Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda (Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC),  1602-1799, adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia.


* Foto foto VOC: link
* Foto foto Batavia (Jakarta) masa dulu: link


Tentang VOC, 1602 – 1799

Umum

Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda (Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC),  1602-1799, adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia.

Kewenangan tertinggi ada di tangan Heren XVII (=  Tuan Tuan 17), yang dinamakan demikian menurut jumlah direksi yang membentuk pemerintah pusat. Heren XVII memiliki tempat duduk di Amsterdam.

Sejak tahun 1609 pemerintah daerah di Hindia Belanda berada di tangan Dewan Hindia = Raad van Indie, yang disebut juga Hoge Indiase Regering. Organisasi ini, biasanya terdiri dari enam orang, bertanggung jawab kepada Heren XVII di Amsterdam, tetapi karena instruksi diberikan selama rata-rata tiga perempat tahun, sebagian besar diberi wewenang untuk membuat keputusan sendiri.

Pemerintahan Tinggi ini dipimpin oleh Gubernur Jenderal.

Dewan Hindia pertama kali duduk di pulau Ternate Maluku dan kemudian di kota Batavia di Jawa.

VOC membangun jaringan perdagangan antara berbagai pos perdagangan di kawasan Asia. Perdagangan intra-Asia ini menghasilkan keuntungan besar selama bertahun-tahun. Untuk tujuan ini, VOC membuat kontrak sesuka hati dengan penguasa dan pangeran Timur.
Perusahaan untuk sementara mencetak koinnya sendiri, karena hampir tidak ada permintaan untuk produk Eropa di Asia. Ia memiliki tentara dan kapal perangnya sendiri untuk mempertahankan atau memperluas posisinya dan, jika perlu, untuk memaksa perdagangan dengan penduduk setempat.

Tanggal 1 maret 1796 perusahan VOC dibatalkan.

De Heeren XVII (Tuan tuan 17) adalah dewan direktur (direksi) yang menjalankan perusahaan khusus yaitu Perusahaan Dagang Hindia timur Belanda (VOC), yang dibentuk pada 1602

Sejarah VOC

Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda (Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC) yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602 adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Disebut Hindia Timur karena ada pula VWC yang merupakan persekutuan dagang untuk kawasan Hindia Barat. Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham.

Pada 1652, Jan van Riebeeck mendirikan pos di Tanjung Harapan (ujung selatan Afrika, sekarang ini Afrika Selatan) untuk menyediakan kapal VOC untuk perjalanan mereka ke Asia Timur. Pos ini kemudian menjadi koloni sungguhan ketika lebih banyak lagi orang Belanda dan Eropa lainnya mulai tinggal di sini. Pos VOC juga didirikan di Persia (sekarang Iran), Benggala (sekarang Bangladesh) dan sebagian India), Ceylon (sekarang Sri Lanka), Malaka (sekarang Malaysia), Siam (sekarang Thailand), Cina daratan (Kanton), Formosa (sekarang Taiwan) dan selatan India. Pada 1662, Koxinga mengusir Belanda dari Taiwan.

Kapal VOC dan di latar belakang Batavia

Pada 1669, VOC merupakan perusahaan pribadi terkaya dalam sepanjang sejarah, dengan lebih dari 150 perahu dagang, 40 kapal perang, 50.000 pekerja, angkatan bersenjata pribadi dengan 10.000 tentara, dan pembayaran dividen 40%.
Perusahaan ini hampir selalu terjadi konflik dengan Inggris; hubungan keduanya memburuk ketika terjadi Pembantaian Ambon pada tahun 1623. Pada abad ke-18, kepemilikannya memusatkan di Hindia Timur. Setelah peperangan keempat antara Provinsi Bersatu dan Inggris (1780-1784), VOC mendapatkan kesulitan finansial, dan pada 17 Maret 1798, perusahaan ini dibubarkan, setelah Belanda diinvasi oleh tentara Napoleon Bonaparte dari Perancis. Hindia Timur diserahkan kepada Kerajaan Belanda oleh Kongres Wina di 1815.

Jawa tahun 1700

 


Sumber

– Sejarah VOC: https://id.wikipedia.org/wiki/Vereenigde_Oostindische_Compagnie
Sejarah VOC: https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Nusantara_%281602-1800%29
– Sejarah VOC di Indonesia: http://www.idsejarah.net/2014/01/sejarah-voc-di-indonesia_29.html
– Sejarah VOC: http://jakartapedia.bpadjakarta.net/index.php/Sejarah_VOC

– Daftar Gubernur-Jenderal Hindia Belanda: Wiki


Konstruksi dimulai pada 1707 di situs balai kota yang lebih tua dari 1627. Pada 1710 itu diresmikan oleh gubernur jenderal saat itu Abraham van Riebeeck. Bangunan itu juga berfungsi sebagai kantor pusat lokal Perusahaan Hindia Timur Belanda.


Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: