Jawa / penyerbuan Batavia oleh Sultan Agung, 1628, 1629

Penyerbuan di Batavia 1628 adalah serangan pada tahun 1628 dan tahun 1629 oleh Sultan Agung dari Kesultanan Mataram ke Batavia (sekarang Jakarta), pusat VOC di kepulauan Nusantara, pada tahun 1628 dengan tujuan untuk mengusir VOC dari Pulau Jawa.

The 1628 raid on Batavia was an attack in 1628 and 1629 by Sultan Agung from the Sultanate of Mataram to Batavia (now Jakarta), on the center of the VOC in the archipelago, with the aim of expelling the VOC from Java.
For english, click here

Kesultanan Mataram


* Foto serangan Batavia pada tahun 1628: link


* Video sejarah Jawa, 10.000 SM – 2017 M: link
* Video sejarah kesultanan Mataram: link


SERBUAN MATARAM KE BATAVIA

Penyerbuan Mataram ke Batavia pada tahun 1628

Serangan pertama, 1628

Tanggal 25 Agustus 1628, 27 kapal Mataram masuk teluk, namun berlabuh agak jauh dari Kasteel. Di sebelah selatan Batavia, serdadu Mataram mulai tiba, dengan panji perang berkibar. Mataram telah menyatakan dengan jelas keinginannya menyerang Belanda. Esok harinya, terhitung 1.000 prajurit Mataram memasang kuda-kuda di depan Batavia. Tanggal 27 Agustus, mereka menyerang benteng kecil “Hollandia” di sebelah tenggara kota. Sekompi berkekuatan 120 prajurit di bawah pimpinan Letnan Jacob van der Plaetten berhasil menghalang mereka, setelah pertempuran yang dahsyat. Sementara beberapa kapal Belanda datang dari Banten dan Pulau Onrust dan mendaratkan 200 prajurit. Kini Kasteel dipertahankan oleh 530 prajurit.

Sultan Agung


Pasukan kedua Mataram tiba bulan Oktober dipimpin Pangeran Mandurareja (cucu Ki Juru Martani). Total semuanya adalah 10.000 prajurit. Perang besar terjadi di Benteng Holandia. Pasukan Mataram mengalami kehancuran karena kurang perbekalan. Menanggapi kekalahan ini Sultan Agung bertindak tegas, pada bulan Desember 1628 ia mengirim algojo untuk menghukum mati Tumenggung Bahureksa dan Pangeran Mandurareja. Pihak VOC menemukan 744 mayat orang Jawa berserakan dan sebagian tanpa kepala.

Serangan Batavia, 1628

Serangan kedua, 1629

Sultan Agung kembali menyerang Batavia untuk kedua kalinya pada tahun berikutnya. Pasukan pertama dipimpin Adipati Ukur berangkat pada bulan Mei 1629, sedangkan pasukan kedua dipimpin Adipati Juminah berangkat bulan Juni. Total semua 14.000 orang prajurit. Kegagalan serangan pertama diantisipasi dengan cara mendirikan lumbung-lumbung beras tersembunyi di Karawang dan Cirebon. Namun pihak VOC yang menggunakan mata-mata berhasil menemukan dan memusnahkan semuanya. Hal ini menyebabkan pasukan Mataram kurang perbekalan, ditambah wabah penyakit malaria dan kolera yang melanda mereka, sehingga kekuatan pasukan Mataram tersebut sangat lemah ketika mencapai Batavia.

Walaupun kembali mengalami kekalahan, serangan kedua Sultan Agung ini berhasil membendung dan mengotori Sungai Ciliwung, yang mengakibatkan timbulnya wabah penyakit kolera melanda Batavia. Gubernur jenderal VOC  J.P. Coen meninggal menjadi korban wabah tersebut.

Gubernur Jenderal J.P. Coen


Sumber

– Penyerbuan Batavia, 1628: Wiki
Serangan di Batavia: http://jakartapedia.bpadjakarta.net/index.php/Serangan_Besar_di_Batavia
– Serangan Batavia, 1628: http://warofweekly.blogspot.co.id/2010/09/serangan-sultan-agung-1628-1629.html


Kastil Batavia


Leave a comment

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.