Seriholo, negeri / P. Seram – Prov. Maluku

Negeri Seriholo terletak di Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

————————

Lokasi negeri Seroholo (merah)


Video negeri Seriholo

* Video proses adat penurunan tiang utama Bailei negeri Seriholo: link
* Video cakalele peresmian Baileo negeri Seriholo: link


Foto Maluku

* Foto Maluku masa dulu: link
* Foto Baileo di Maluku: link
* Foto tarian Cakalele: link
* Foto situs kuno di Maluku: link


NEGERI SERIHOLO

Tentang raja negeri Seriholo

Tidak adainfo tentang raja Seriholo sekarang (2022).


Sejarah negeri Seriholo

Info di bawah diambil dari: https://brasomda.blogspot.com/2018/01/sejarah-negeri-seriholo.html

Sejak dahulu kala para leluhur Negeri Seriholo ada di Nunusaku dan mereka berasal dari ana, kehidupan mereka saat itu sangat baik dan akrab, mereka terus berkembang dengan sangat pesat dan bertambah banyak. Dengan demikian mereka tidak bisa bertahan hidup seterusnya di situ.
Sehingga mereka berpindah dari Nunusaku ke Saulau Latale. Seriholo keluar dari Nunusaku dengan menggunakan nama Rumaleate.
Pada saat itu suatu peristiwa terbesar terjadi di Saulau Latale, yaitu perpisahan antara Patasiwa [bagian barat] dan Patalima [bagian  timur]. Perpisahan keduanya dilakukan dengan cara Siwa membunuh babi 9 ekor, kemudian dibagi – bagi untuk  negeri masing-masing dan pada saat itu Rumaleate datang terlambat karena sudah tidak ada babi maka akhirnya mereka dikasih “Kanari” yang berarti Teun Negeri “Maaya”.
Setelah pembagian itu selesai masing – masing negeri keluar dan mencari daerahnya untuk tinggal dan menetap, dan pada saat itu juga Rumaleate termasuk daerah Patasiwa.

Negeri Seriholo awal kehidupannya berpindah – pindah dari satu tempat ke  tempa yang  lain. Mereka kembali ke barat dengan memilih jalan ke utara, sebelum melakukan perjalanan untuk mencari tempat tinggal pada saat itu para leluhur melakukan cara “Mawi”, zaman dulu mawi merupakan cara yang ampuh untuk dapat mengetahui segala sesuatu.
Mereka mulai jalan ke utara menuju satu tempat yaitu “Tipaopi” di Abio, Tipaopi merupakan negeri pertama masyarakat Rumaleate yang terletak di pegunungan.
Ketika sampai disini orang tua melakukan mawi lagi dengan alasan bahwa apakah  tempat tersebut nyaman untuk tinggal dan menetap, ternyata jawabannya adalah tidak. Satu peristiwa penting terjadi di tempat ini juga dimana masyarakat  Rumaleate akan pergi mencari tempat yang lain, masyarakat Abio mulai berpesan kepada mereka bahwa “lia ose bae-bae/ jalan bae-bae” yang artinya Seriholo, dan sejak itulah nama Rumaleate mulai di kenal dengan nama baru yaitu Seriholo, yang sampai saat ini terkenal dengan Negeri Seriholo.
Masyarakat Seriholo mulai keluar dari negeri pertama menuju daerah pantai dengan alasan bahwa tidak mau anak cucu mereka menderita dikemudian hari karena harus tinggal dan menetap di daerah pegunungan.
Mereka mulai melakukan perjalanan turun ke daerah pantai dan pada akhirnya  menemukan satu tempat yang baik dan nyaman yaitu “Oule” yang pada saat ini menjadi tempat tinggal masyarakat Seriholo.

Ternyata dari kehidupan masyarakat Seriholo yang berpindah-pindah mereka memiliki 8 negeri yang pernah mereka tempati, yaitu:
Negeri  pertama Tipaopi
Negeri  kedua Wisiaelui
Negeri  ketiga Wano Kourua
Negeri  keempat Wanate  [daerah bambu]
Negeri  kelima Amalo
Negeri  keenam Patularua  [batu taguling]
Negeri  ketujuh Nauwei  [pohon lenggua]
Negeri  kedelapan Oule  [Seriholo].

Pada waktu pemerintahan raja Ormate Seriholo, Negeri Seriholo terbentuk dalam beberapa Soa atau kumpulan dari beberapa marga yaitu:
Soa Seriholo Anakama,
Soa Tuniassu,
Soa Maateka,
Soa Rumahmury,
Soa Lailuy dan
Soa Lattu.

Kumpulan- kumpulan marga atau soa tersebut diatas merupakan marga asli Negeri Seriholo.

Seriholo diapit oleh dua tanjung yaitu, tanjung “INAMURU” dan  tanjung “ AMA” yang membentuk sebuah teluk yang indah, juga dikelilingi oleh perbukitan dengan sebuah gunung dengan nama “UHULATE PATULE“ atau Gunung “PATUH”.


Baileo negeri Seriholo

Rumah Baileo adalah rumah adat Maluku dan Maluku Utara. Rumah Baileo merupakan representasi kebudayaan Maluku dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Rumah Baileo adalah identitas setiap negeri di Maluku selain Masjid atau Gereja. Baileo berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda suci, tempat upacara adat, sekaligus sebagai balai warga.
Lantai baileo dibuat tinggi karena dipercaya agar roh-roh nenek moyang memiliki tempat dan derajat yang tinggi dari tempat berdirinya masyarakat. Dan agar masyarakat tahu permusyawaratan yang berlangsung di balai.
– Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_baileo

Tidak ada foto baileo negeri Seriholo; sebagai contoh, di bawah foto Baileo negeri Nolloth


Fam, negeri dan SOA

1) Sumber nama fam – negeri – SOA 
* Negeri – nama fam – SOA: http://www.nunusaku.com/pdfs/LastNamesbyVillage05_28_07.pdf
* Nama fam – negeri – SOA: http://www.nunusaku.com/pdfs/LastNamesbyAlphabet05_28_07.pdf

2) Sumber nama fam / negeri 
* Nama fam. – negeri: https://www.atlas-maluku.nl/?entry=familie&regio=2972
* Pulau – negeri – nama fam: https://www.atlas-maluku.nl/?entry=locatie&regio=2972

3) Sumber Pela dan Gandong:
*
Pulau – negeri – Pela/gandong – Atlas Maluku
* Kumpulan Pela dan Gandong
* Nunusaku.com


Subjek penting budaya Maluku

1) Penjelasan Baileo negeri Maluku
2) Foto foto Baileo di Maluku
3) Penjelasan Pela dan Gandong
4) Penjelasan Panas Pela
5) Struktur pemerintahan dan masyarakat negeri Maluku
6) Penjelasan Fam, marga dan SOA
7) Lain (belum ada)

Untuk subjek penting, klik di sini


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: