Rothe Renaye, suku / Prov. Papua – wilayah Sentani, Jayapura

Suku Rothe Renaye adalah suku di wilayah Sentani, Jayapura, prov. Papua.

Wilayah Sentani


* Video pengukuhan Ondofolo Rothe Renaye: di bawah

* Foto raja-raja di Papua yang masih ada: link
* Foto kerajaan Papua dulu: link
* Foto situs kuno di Papua: link
* Foto suku suku Papua: link


Tentang suku Rothe Renaye

Tidak ada info tentang suku ini.


Pengukuhan Ondofolo Rothe Renaye

Struktur pemerintahan system Ondofolo:https://pealtwo.wordpress.com/2020/04/08/bab-iii-struktur-pemerintahan-sistem-ondofolo/

20 april 2018
Pengukuhan Ondofolo (kepala suku) Rothe Renaye, Mohoukluw Elvis Doce, dilaksanakan pada Jumat 20 april 2018. Peristiwa ini sakral dan bersejarah bagi seluruh masyarakat adat Rothe Renaye yang ada di kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Sebelum matahari terbit, sang Ondofolo bersama istri dipersiapkan secara khusus untuk memakai pakaian adat kebesaran dan berbagai pernak-pernik adat lainnya. Selanjutnya Ondofolo dihantar dengan dansa adat menuju pelataran, untuk dikukuhkan oleh pejabat adat yang berwenang yang disebut YOYO MALO YO.

Sesampainya di depan pelataran adat, Ondofolo disambut oleh Yoyo Malo Yo dan Hamba Tuhan. Sebelum dikukuhkan, sang Ondofolo terlebih dahulu diberi amanat khusus untuk menjadi pedoman dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya.

Setelah mengambil sumpah dan janji, kemudian Yoyo Malo Yo mengukuhkan dengan resmi MOHOUKLUW ELVIS DOCE sebagai Ondofolo Rothe Renaye, dan dilanjutkan dengan pemberkatan oleh Hamba Tuhan.

Di bagian akhir prosesi, dilakukan pengumuman perangkat kerja dari sang Ondofolo, serta penandatanganan berita acara pengukuhan bersama kepala – kepala suku dan para saksi.

Jabatan Ondofolo dalam struktur adat suku Sentani akan diemban seumur hidup, dan hanya dapat digantikan oleh anak sulung.
– Sumber: http://www.papuachannel.com/2018/06/12/prosesi-pengukuhan-kepala-adat-ondofolo-rothe-renaye/

 


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: