Rothe Renaye, wilayah Ondoafi – Ondofolo / Prov. Papua – wilayah Sentani, Jayapura

Suku Rothe Renaye adalah masyarakat adat suku Sentani di wilayah Sentani, Jayapura, prov. Papua.

Wilayah Sentani


* Video pengukuhan Ondofolo Rothe Renaye: di bawah


* Foto raja-raja di Papua yang masih ada: link
* Foto raja-raja di Papua dulu: link
* Foto situs kuno di Papua: link
* Foto suku suku Papua: link


ONDOFOLO SUKU ROTHE RENAYE

Ondofolo Rothe Renaye sekarang

20 april 2018
Pengukuhan Ondofolo (kepala suku) Rothe Renaye, Mohoukluw Elvis Doce, dilaksanakan pada Jumat 20 april 2018. Peristiwa ini sakral dan bersejarah bagi seluruh masyarakat adat Rothe Renaye yang ada di kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.


Tentang Ondofolo / Ondoafi (pemimpin masyarakat adat)

Kata Ondoafi dan Ondofolo adalah sebuatan untuk pemimpin adat masyarakat asli Sentani.
Ondofolo adalah kepala pemerintahan adat kampung. Dia memiliki aparatur adat yang bertugas membantu menjalankan pemerintahan adat di tiap kampung. Satu kesatuan kepemimpinan atau pemerintahan tradisional secara adat Sentani ini disebut ondofolo khote. Kelembagaan tradisional ondofolo khote dapat diilustrasikan laksana pemerintahan yang terdiri atas presiden dan para menteri serta kelembagaan yang berada di bawah presiden.

Ondoafi sangat berkuasa, sangat bijak dan sangat dihormati. Seringkali pemerintah daerah harus mengajak runding ondoafi untuk suatu isu yang melibatkan kepentingan masyarakat umum.

Jabatan Ondofolo dalam struktur adat suku Sentani akan diemban seumur hidup, dan hanya dapat digantikan oleh anak sulung.


Tentang jabatan Ondofolo / Ondoafi

Ondoafi / Ondofolo adalah kepala kerajaan adat atau kepala pemerintahan adat.
Jabatan Ondofolo dalam struktur adat suku Sentani akan diemban seumur hidup, dan hanya dapat digantikan oleh anak sulung.

Wilayah kabupaten Jayapura sampai saat ini masih tetap memelihara struktur pemerintah Ondoafi/Ondofolo yang sampai saat sekarang hal tersebut. Keberadaan Ondoafi/Ondofolo dilihat dari sejarah kepemimpinannya sudah terbentuk dan ada sejak jaman dahulu sebelum keberadaan kepemimpinan formal.
Keberadaan Ondoafi/Ondofolo merupakan suatu pengakuan secara tidak langsung tentang sistem kepemimpinan yang ada dalam kehidupan masyarakat Papua khususnya masyarakat adat suku Sentani. Kepemimpinan formal yang masuk dalam kehidupan masyarakat suku Sentani belum dapat menggeserkan keberadaan kepemimpinan Ondoafi/Ondofolo.
– Sumber: http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/53935


Pengukuhan Ondofolo Rothe Renaye, 28 april 2018

Jabatan Ondofolo dalam struktur adat suku Sentani akan diemban seumur hidup, dan hanya dapat digantikan oleh anak sulung.

20 april 2018
Pengukuhan Ondofolo (kepala suku) Rothe Renaye, Mohoukluw Elvis Doce, dilaksanakan pada Jumat 20 april 2018. Peristiwa ini sakral dan bersejarah bagi seluruh masyarakat adat Rothe Renaye yang ada di kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Sebelum matahari terbit, sang Ondofolo bersama istri dipersiapkan secara khusus untuk memakai pakaian adat kebesaran dan berbagai pernak-pernik adat lainnya. Selanjutnya Ondofolo dihantar dengan dansa adat menuju pelataran, untuk dikukuhkan oleh pejabat adat yang berwenang yang disebut YOYO MALO YO.

Sesampainya di depan pelataran adat, Ondofolo disambut oleh Yoyo Malo Yo dan Hamba Tuhan. Sebelum dikukuhkan, sang Ondofolo terlebih dahulu diberi amanat khusus untuk menjadi pedoman dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya.

Setelah mengambil sumpah dan janji, kemudian Yoyo Malo Yo mengukuhkan dengan resmi MOHOUKLUW ELVIS DOCE sebagai Ondofolo Rothe Renaye, dan dilanjutkan dengan pemberkatan oleh Hamba Tuhan.

Di bagian akhir prosesi, dilakukan pengumuman perangkat kerja dari sang Ondofolo, serta penandatanganan berita acara pengukuhan bersama kepala – kepala suku dan para saksi.

Jabatan Ondofolo dalam struktur adat suku Sentani akan diemban seumur hidup, dan hanya dapat digantikan oleh anak sulung.
– Sumber: http://www.papuachannel.com/


Struktur pemerintahan system Ondofolo

Untuk struktur pemerintahan system Ondofolo: https://pealtwo.wordpress.com/2020/04/08/bab-iii-struktur-pemerintahan-sistem-ondofolo/


Tentang suku Sentani

Suku Sentani merupakan suku yang berdiam di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura Papua, Provinsi Papua. Terutama di sekitar danau Sentani dan sebagian kotamadya Jayapura. Jumlah populasinya sekitar 30.000 jiwa.
Saat ini, permukiman suku bangsa ini terpusat di tiga wilayah geografis.
– Pertama, kelompok barat yang terkonsentrasi di Pulau Yonokom. Di pulau ini terdapat beberapa kampung seperti Doyo, Sosiri, Yakonde, dan Dodai. Di daratan sebelah barat pulau ini berdiam suku bangsa Moy di kampung-kampung, seperti Sabron Yaru, Dosai, Waibron dan Maribu. Mereka memakai dialek sendiri.
– Kedua, kelompok timur yang terkonsentrasi di Pulau Asei. Kelompok ini tersebar dalam empat kampung, yaitu Ayapo, Asei Kecil, Waena, dan Yoka.
– Ketiga, kelompok tengah yang terkonsentrasi di Pulau Ifar. Kampung-kampung mereka adalah Kabetrow, Ifar Besar, Ifar Kecil, Siboiboi.
Semua kelompok dikepalai oleh Ondofolo / Ondoafi, kepala pemerintahan suku.

Kampung-kampung dan suku-suku yang disampaikan di atas, berdomisili di Danau Sentani yang berbahasa Sentani.

Daerah suku bangsa Sentani terdapat dua macam sistem pemerintahan. Sistem pemerintahan formal berupa pemerintahan desa dan sistem pemerintahan non formal, yang disebut pemerintahan adat (tradisional). Pemerintahan desa merupakan pemerintahan paling rendah dalam Negara Kesatuan Republik   Indonesia (NKRI), berada di bawah pemerintahan kecamatan. Pemerintahan adat (tradisional) merupakan pemerintahan asli suku bangsa setempat  (Sentani) yang sudah ada sejak jaman purbakala secara turun temurun.

Suatu kelompok masyarakat di daerah Sentani, yang bersifat genealogis,   teritorial, maupun genealogis-teritorial  (campuran) mempunyai pemerintahan sendiri (pemerintahan adat/tradisional), yang selanjutnya disebut Kampung.
Luas wilayah pemerintahan adat, tidak selamanya sama dengan luas wilayah desa. Kepala pemerintahan adat disebut Yo Ondofolo atau Ondoafi, yang  terkenal  dengan sebutan Ondoafi atau Ondofolo.

Dalam pemerintahan tradisional masyarakat adat Sentani, walaupun  pemerintahan adat itu berdiri sendiri, tetapi mereka mengakui salah satu Ondoafi yang dipandang mempunyai kedudukan yang lebih tinggi yang disebut Hu Ondofolo atau Hu Ondoafi yaitu Ondofolo/Ondoafi Besar. Sistem pemerintahan model ini disebut sebagai sistem pemerintahan Konfederasi. Pemerintahan Konfederasi terjadi karena suku bangsa Sentani menganut sistem kewarisan mayorat anak pria sulung. Anak pria sulung  dari  istri  pertama yang memperoleh warisan kedudukan Ondoafi. Anak-anak lainnya  mengajak pengikutnya pindah ke tempat lainuntuk mendirikan kampung baru tersebut.

Kepala atau pimpinan pemerintahan disebut Ondoafi/Ondofolo. Ondofolo dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh para Koselo, para ahli, dewan adat  (yonow) dan pembantu pribadi (pesuruh) yang dikenal dengan sebutan Ufoy atau Abu Akho. Ondoafi sebagai kepala pemerintahan adat mempunyai kekuasaan, hak, tugas dan tanggung jawab yang besar.


DAFTAR DAN SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI PAPUA

Untuk daftar kerajaan-kerajaan di Papua Barat, sejarah kerajaan-kerajaan di Fak Fak dan sejarah kerajaan-kerajaan di Raja Empat, klik di sini

Papua, 1620 M

Papua, 1620 M


Sumber Ondofolo / Ondoafi

– Tentang Ondofolo / Ondoafi: https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/
– Tentang Ondofolo / Ondoafi: https://pealtwo.wordpress.com/
– Struktur pemerintahan system Ondofolo: https://pealtwo.wordpress.com/
– Mengenal penobatan Ondoafi dan tarian perang khas Papua: https://www.merdeka.com/

Sumber kerajaan-kerajaan di Papua

Sejarah kerajaan2 Papua Barat: https://id.wikipedia.org/
– Sejarah kerajaan2 di Semenanjung Onin: https://id.wikipedia.org/wiki/Semenanjung_Onin
– Sejarah kerajaan2 di Papua Barat: http://marlinapuspita3.blogspot.co.id/
– Kerajaan2 di Semenanjung Bomberai: https://id.wikipedia.org/
Kerajaan2 di kepulauan Raja empat: https://id.wikipedia.org/


Create a free website or blog at WordPress.com.