Nusa Api (Mandala Agny Nusa), kerajaan / Jawa – Prov. Banten

Mandala Agny Nusa atau Negara Api adalah kerajaan kecil di tempat yang kini dikenal sebagai gugus kepulauan Krakatau, diseleat Sunda. Kerajaan ini berdiri abad ke-2.
Kerajaan ini adalah kerajaan bawahan kerajaan Salakanagara (130 – 362).
Peninggalan kerajaan ini mungkin sudah musnah karena letusan besar Krakatau pada tahun 1882.

Lokasi Nusa Agny (Nusa Api) di Jawa Barat


* Foto sultan dan raja, yang masih ada di Jawa: link
* Foto keraton di Jawa, yang masih ada: link
* Foto Batavia (Jakarta) masa dulu: link

* Foto Jawa masa dulu: link
* Penyerbuan Batavia oleh Sultan Agung, 1628/1628: link
* Foto perang Diponegoro, 1825: link

* Foto situs kuno di Jawa: link


Sejarah kerajaan Mandala Agny Nusa atau Nusa Api 

Umum

Penguasa pertama kerajaan Salakanagara (130–362) yang berkuasa adalah Aki Tirem yang konon memiliki kesaktian luar biasa, namun pada saat itu Aki Tirem bukanlah raja namun lebih tepatnya penguasa yang berpengaruh.

Sezaman dengan kehidupan Aki Tirem, maka ada 3 kerajaan di sekitar Jawa bagian barat. Kerajaan itu bahkan masih berhubungan dekat dengan Sang Aki Tirem sendiri. Adapun di antaranya yaitu:

1) Agni Nusa (Negera Api)

Nama resminya adalah Mandala Agni Nusa. Mandala Agni Nusa atau negara api adalah kerajaan kecil di tempat yang kini dikenal sebagai gugus kepulauan Krakatau, di Selat Sunda. Disebut Negara Api karena memang di pulau itu ada gunung berapi Krakatau yang senantiasa aktif sepanjang zaman. Kerajaan ini mendului kerajaan Salakanagara yang didirikan oleh Sang Dewawarman I. Namun di abad ke-2 Masehi, Dewawarman I selaku raja Salakanagara saat itu, mempersatukan wilayah kerajaan Agni Nusa ke dalam wilayah kerajaan Salakanagara.

2) Jampang Manggung

Kerajaan ini didirikan oleh Aki Sugiwanca yang tiada lain adalah adik kandung dari Aki Tirem sendiri, mertua Dewawarman I. Kerajaan Jampang Manggung ini terletak di sekitar kaki gunung Manangel, kecamatan Cianjur-Jawa Barat sekarang.

3) Nusa Mandala

Kerajaan ini merupakan sebuah kerajaan bercorak Hindu, yang berkedudukan di pulau Sangeang. Akan tetapi, hingga saat ini belum diketahui akan asal-usul dan kisah dari kerajaan ini.

Banyak para ahli yang masih memperdebatkan masalah institusi kerajaan Salaka Nagara melalui berbagai sumber sejarah seperti berita Tiongkok dan bangsa Eropa atau naskah-naskah Kuno.

Sejarah kerajaan Mandala Agny Nusa atau Negara Api 

Negara Api, nama yang sangat familiar di sinema animasi Avatar The Legend Of Ang. Tapi nyatanya nama itu tidak hanya sekedar legenda loh. di Indonesia pun memang pernah ada satu kerajaan yang namanya Negeri Api atau Negara Api. Nama resminya adalah Mandala Agny Nusa. Mandala berarti Kerajaan bawahan. Agny Nusa berarti Pulau Api.

Mandala Agny Nusa atau Negara Api adalah kerajaan kecil di tempat yang kini dikenal sebagai gugus kepulauan Krakatau, diseleat sunda. Disebut Negara Api karena memang di pulau itu ada gunung krakatau yang senantiasa aktif sepanjang zaman. Adalah kerajaan Salakanagara yang belakangan ini dikenal sebagai Kerajaan pertama di Nusantara, jauh lebih dulu dari Kerajaan Kutai di Kalimantan yang sebelumnya ditetapkan sebagai kerajaan tertua dan pertama di Nusantara.

Di abad ke-2 Masehi, Dewawarman selaku Raja Salakanagara saat itu, mempersatukan wilayah kekuasan kekuasaan kecil menjadi Mandala atau kerajaan bawahan Salakanagara, salah satu kerajaan bawahan itu ya Negara Api alias Mandala Agny Nusa tadi yang berada di pulau Krakatau itu.


Peta kuno Jawa

Klik di sini untuk peta kuno Jawa tahun 1598, 1612, 1614, 1659, 1660, 1706, 1800-an, awal abad ke-18, 1840.

Jawa, awal abad ke-18

1234


Sumber

– Sejarah Nusa Api: https://hendrajailani.blogspot.com/2015/10/negara-api-itu-memang-pernah-ada-loh.html
– Sejarah Nusa Api: https://indocropcircles.wordpress.com/2017/04/17/salakanagara-kerajaan-tertua-nusantara-leluhur-suku-sunda/


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: