Tentang penobatan Raja ke-8 Karang Tamiang (maret 2017)

Oleh: Adi Fa, FB

————————————————

Raja kerajaan karang.

Pada Hari Sabtu tanggal 28 Jumadil awal 1438 H ,bertepatan 25 Februari 2017 M, diadakan prosesi Penabalan dan penobatan Sultan Negeri Karang Ke VIII, Tengku Rahmansyah Fauzi Al Hajj.
Kegiatan Penabalan diiringi dengan Alunan Nobat dan dihadiri oleh
Sulthan Langkat didampingi oleh Datuk Besitang OK. Muhammad Yusuf Khalid. SH,Datuk Secanggang dan Sulthan Asahan bersama orang besarnya selanjutnya diiringi kehadiran Sulthan Karang beserta permasuri serta putra mahkota memasuki singgsana. Acara prosesi Penabalan Sultan Karang dilakukan oleh Mufti dan pembacaan surat oleh Khatibul Ashrar sesuai hasil musyawarah Juriat yang menetapkan Tengku Rahmansyah Fauzi Al Hajj sebagai Sultan Karang ke VIII, dengan Gelar Tengku Raja Silang.
Dalam acara penobatan tersebut raja karang ke VIII ini juga memberikan penganugrahan gelar kehadapan Dato Sri Prof Dr.Djohar Arifin Husein , dan pemberian cenderamata oleh Sultan Karang kehadapan Tuanku Sultan Langkat dan Tuanku Sultan Asahan.

Penobatan raja Kerajaan Karang, Tengku Rahmansyah Fauzi Al-Hajj menjadi raja ke-VIII Kerajaan Kejuruan Karang mendapat protes dari anggota keluarga kerajaan khususnya oleh Hj Tengku Arfah yang juga anak kandung Raja Kejuruan Karang sebelumnya, Tuanku Tengku Muhammad Arifin. “
Dan ahli waris Raja Kejuruan karang diantranya adalah Hj Tengku Arfah, Tengku Muhammad Arifin, Tengku Sueb (adik sepupu) Raja Karang, dan sejumlah cucu, antara lain Tengku Haris, Tengku Ilham Arif, Amir Hasan Nazri.

Atas penobatan sepihak ini, keluarga Raja Muhammad Arifin merencanakan akan membentuk wali kerajaan secara musyawarah, tanpa berupaya membatalkan penobatan Tengku Rahmansyah Fauzi sebagai raja.

Tengku Rahmansyah Fauzi Al Hajj dinobatkan menjadi raja ke VIII Kerajaan Karang dengan gelar Duli yang mulia Tengku Rahmansyah Fauzi Al Hajj ibni Ibnu Tengku Herder ibni Tengku Muhammad Arifin.

Khatibul ashar Kerajaan Karang membacakan maklumat titah raja berupa hasil musyawarah rapat zuriat Kerajaan Karang dan Datok-datok Kerajaan Karang pada tanggal 9 Rabi’ul Awal 1438 H yang bertepatan tanggal 9 Desember 2016 M, di Karang Baru yang memutuskan mengangkat T Rahmansyah Fauzi bin T Heider bin T Muhammad Arifin bin T Ahmad Syailani yang bergelar T Raja silang, menjadi Raja Negeri Karang sejak tanggal 28 Jumadil Awal 1438 H yang bertepatan tanggal 25 Februari 2017 M.
Paduka yang mulia Raja Karang ke VIII Tuanku Teungku Rahmatsyah fauxi al hajj menetap di amerika. Beliau kembali ke tamiang guna meluruskan sejarah negeri karang dimana ada fihak fihak tertentu yang sengaja membelok kan sejarah negeri karang. Beliau sebagai pewaris sah kerajaan karang melalui zuriat raja silang berhak menduduki tahta kerajaan karang sebagai cucu langsung dari raja karang sebelum nya.

Berikut ini daftar raja raja yang pernah memerintah kan kerajaan karang.

* 1558-1590: Raja Fromsyah
* 1590-1624: Raja Pesinah
* 1624-1662: Tan Muddin
* 1662-1699: Tan Kuala
* 1699-1753: Tan Mertju
.
* 1753-1800: Tan Pesia
* 1800-1845: Tan Sua
* 1845-1896: Raja Ben Raja
* 1901-1925: Raja silang
* 1925-1945: Tengku Muhamad Arifin
*2017_ ;tengku rahmatsyah fauzi ibnu teungku chaider ibnu tengku muhahamad arifin ibnu ahmad jailani raja karang ibni raja ben raja ibni tansua ibnu pesia.


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: