Langga Monar, kerajaan / Prov. Sulawesi Barat – kab. Mamuju

Kerajaan Langga Monar terletak di prov. Sulawesi Barat, kab. Mamuju.
Kerajaan Mamuju tidak dibentuk oleh Tomanurung, tetapi hasil penggabungan antara dua kerajaan, yaitu Kerajaan Kurri-Kurri dan Kerajaan Langga Monar. Tahun 1540 saat terbentuknya kerajaan Mamuju.

Lokasi kab. Mamuju


* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sulawesi: link
* Foto sultan dan raja di Sulawesi dulu: link

* Foto kerajaan2 di wilayah Poso: link
* Foto suku Bugis: link
* Foto suku Toraja: link
* Foto situs kuno di Sulawesi: link


Sejarah kerajaan Langga Monar

Kerajaan Mamuju tidak dibentuk oleh Tomanurung, tetapi hasil penggabungan antara dua kerajaan, yaitu Kerajaan Kurri-Kurri dan Kerajaan Langga Monar. Kedua kerajaan tersebut pada awalnya masing-masing berdiri sendiri dan berdaulat sendiri.
Tahun 1540 saat terbentuknya kerajaan Mamuju.

Kerajaan Langga Monar sebenarnya didirikan oleh raja Kurrikurri yang bernama Tarapati sebelum beliau menikah dengan anak dari Tokaiyang Padang yang bernama Tomellipa Karoro.
Pendirian kerajaan ini dimaksudkan sebagai sorong atau mas kawin ketika beliau kawin. Alasan mendirikan sebuah kerajaan baru karena Tarapat tidak mau jika istrinya berpisah terlalu jauh dari kedua orang tuanya. Raja pertama dari kerajaan baru itu adalah isterinya sendiri yaitu Tomellipa Karoro.
Pemberian nama kerajaan baru ini dengan nama Kerajaan Langga Monar disesuaikan dengan tujuan pendiriannya, yaitu sebagai sorong atau mas kawin. Arti kedua kata itu adalah Langga berarti tanah dan Monar  berarti pemberian atau jaminan. Kalau kedua kata itu dirangkai menjadi satu, ia akan mempunyai pengertian sebagai “tanah jaminan / pemberian”.


Sumber

– Sumber dan lengkap: https://www.researchgate.net/publication/337743240_BERDIRINYA_KERAJAAN_MAMUJU
Sumber: https://mamunyuku.blogspot.com/2017/07/maradika-zelfbestuure-sampai-syuyitso.html


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: