Indra Purba, kerajaan / Sumatera – Prov. Aceh

Kerajaan Indra Purba terletak di prov. Aceh, Sumatera.
Cikal bakal menjadi kerajaan Aceh bermula dari adanya kerajaan Indra Purba yang terletak di Lamuri.

Lokasi prov. Aceh


Garis kerajaan-kerajaan di Sumatera: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link

* Foto Istana kerajaan di Sumatera: link


KERAJAAN INDRA PURBA

Kesultanan Aceh Darussalam dibangun diatas puing-puing kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha yang pernah ada sebelumnya, seperti kerajaan Indra Purba, kerajaan Indra Purwa, kerajaan Indra Patra, dan kerajaan Indrapura (Indrapuri).

Kerajaan Darussalam awalnya bernama kerajaan Indra Purba yang berada di Aceh, beribu kota di Lamuri. Ketika tahun 1059-1069 M tentara Cina yang telah menduduki kerajaan Indra Jaya yang sekarang disebut dengan daerah Leupung, saat itu tentara Cina menyerang kerajaan Indra Purba yang pada masa itu diperintah oleh Maharaja Indra Sakti.

Saat peperangan kerajaan Islam Peureulak mengirim 300 orang di bawah kepemimpinan Syekh Abdullah Kan’an yang bergelar “Syiah Hudan” keturunan Arab dari Kan’an. Di antara mereka terdapat seorang pemuda yang bernama Meurah Johan putra dari Adi Genali atau Teungku Kawee Teupat yaitu Raja dari Negeri Lingga.

Ketika tentara Cina dikalahkan, maka seluruh rakyat dan kerajaan Indra Pura membalas jasa dengan Maharaja Indra Sakti untuk masuk islam kemudian mengawinkan anaknya yang bernama Putri Blieng Indra Kesumawati dengan
Meurah Johan.

Setelah Raja Maharaja Indra Sakti meninggal dunia, maka diangkatlah menantunya yaitu Meurah Johan menjadi Raja yang bergelar Sultan Alaiddin Johan Shah. Kemudian kerajaan Indra Purba dijadikan kerajaan Islam dengan nama kerajaan Darussalam.

Wilayah Aceh, 945 M

Wilayah Aceh, 945 M


Sumber kerajaan Indra Purba

Sejarah kerajaan Indra Purba: https://www.gramedia.com/
Sejarah kerajaan Indra Purba: http://digilib.uinsby.ac.id


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: