Sungai Serut, kerajaan / Prov. Bengkulu, Sumatera

Kerajaan Sungai Serut dulu terletak di Provinsi Bengkulu, Sumatera.

Provinsi Bengkulu


* Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera: link
*
Foto situs kuno di Sumatera: link


Sejarah kerajaan di Bengkulu

Di wilayah Bengkulu sekarang pernah berdiri kerajaan-kerajaan yang berdasarkan etnis seperti Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, dan Kerajaan Marau Riang. Di bawah Kesultanan Banten, mereka menjadi vazal.
Sebagian wilayah Bengkulu, juga pernah berada dibawah kekuasaan Kerajaan Inderapura semenjak abad ke-17.
.

Sejarah kerajaan Sungai Serut
Pada zaman dahulu, di daerah Bengkulu, pernah berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Sungai Serut. Ratu Agung, seorang pangeran berasal dari Banten. Sebagai seorang pangeran yang merangkap pedagang yang mengumpul lada di Sungai Serut ia membina satu kerajaan Sungai Serut yang mengumpulkan hasil bumi dari pedalaman, terutama lada untuk Banten.
Ratu Agung memerintah Kerajaan Sungai Serut dengan arif bijaksana. Ia sangat disegani oleh rakyatnya. Adapun rakyat yang diperintahkan oleh Ratu Agung ialah rakyat Rejang Sawah/Sabah (Suku Rejang yang berasal dari Lebong di dataran tinggi Bukit Barisan yang menyebar ke pesisir). Rakyatnya berperawakan tinggi, tegap, dan besar melebihi ukuran manusia pada umumnya.
Ratu Agung mempunyai enam orang putra dan seorang putri. Keenam putra Ratu Agung adalah Kelamba Api/Raden Cili, Manuk Mincur, Lemang Batu, Tajuk Rompong, Rindang Papan, Anak Dalam, dan yang paling bungsu adalah seorang putri bernama Putri Gading Cempaka.
Wasiat tentang tahta Kerajaan Sungai Serut itu pun diterima oleh Anak Dalam.
Kemudian ada masalah, karena putri Gading Cempaka ingin nikah seorang putra mahkota dari Kerajaan Aceh bernama Pangeran Raja Muda Aceh.
Habis masalah Putera Ratu Agung, Anak Dalam, akhirnya beserta keenam saudaranya segera menarik diri menuju Gunung Bungkuk.
Pangeran Raja Muda Aceh bersama pasukannya yang masih hidup kembali ke Tanah Rencong tanpa membawa hasil.

Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Sejarah kerajaan di Bengkulu: https://id.wikipedia.org/wiki/Bengkulu
– Sejarah kerajaan Sungai Serut dan kerajaan Sungai Lemau: http://blogkasihpunya.blogspot.nl/2017/01/kerajaan-sungai-serut-dan-sungai-lemau.html
– Tentang Ratu Agung: http://rejang-lebong.blogspot.nl/2009/02/ratu-agung-kisah-kerajaan-sungai-serut.html


 

Advertisements

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: