Wanagiri, kerajaan / Prov. Jawa Barat – kab. Cirebon

Kerajaan Wanagiri kira-kira terletak di Jawa, di sekitar kecamatan Palimanan (wilayah Cirebon sekarang).
Kerajaan  ini merupakan kerajaan jajahan dari kerajaan Tarumanagara, sedangkan pada perkembangan selanjutnya berada di bawah kekuasaan kerajaan Sunda.
Pada perkembangan selanjutnya, tepatnya pada abad ke-15, kerajaan Wanagiri dibagi menjadi empat kerajaan, yaitu kerajaan Cirebon Girang, kerajaan Japura, kerajaan Surantaka, dan kerajaan Sing Apura.

The kingdom of Wanagiri was located on di Jawa, in the District of Cirebon.
This kingdom was a colony of the kingdom of Tarumanagara, but later it was under the control of the Sunda Kingdom.

In the 15th century, the Wanagiri kingdom was divided into four kingdoms, namely the Cirebon Girang kingdom, the Japura kingdom, the Surantaka kingdom, and the Sing Apura kingdom.
For english, click here

Lokasi Cirebon


Garis kerajaan-kerajaan di Jawa: link


Foto sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa

* Foto sultan dan raja, yang masih ada di Jawa: link
* Foto keraton di Jawa, yang masih ada: link
* Foto Batavia (Jakarta) masa dulu: link
* Foto Jawa masa dulu: link
* Penyerbuan Batavia oleh Sultan Agung, 1628/1628: link
* Foto perang Diponegoro, 1825: link
* Foto situs kuno di Jawa: link


Video sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa

– Video Penguasa Monarki kesultanan Jawa Mataram, 1556 – 2020: link
– Video sejarah kesultanan Mataram, 1576-2020: link
– Video sejarah kerajaan Medang Mataram Hindu: link
– Video sejarah kerajaan Majapahit, 1293 sampai 1527: link
– Video raja-raja Majapahit hingga ke Mataram, 1293 – 1587: link
– Video sejarah kerajaan Jawa Timur, 1.5jt SM sampai 2020: link
– Video sejarah kerajaan Jawa Barat, 3000 SM sampai 2020: link
– Video sejarah kerajaan Jawa Tengah, 1.5jt SM sampai 2020: link


KERAJAAN  WANAGIRI

Sejarah kerajaan Wanagiri, abad ke-4 sampai abad ke-15

– Sumber: http://westjavakingdom.blogspot.com/2011/07/kerajaan-wanagiri.html

Wilayah kerajaan ini terdapat di tengah-tengah barat Jawa. Pada awal berdirinya merupakan kerajaan jajahan dari kerajaan Tarumanagara (358 – 699), sedangkan pada perkembangan selanjutnya berada di bawah kekuasaan kerajaan Sunda. Lokasi kerajaan ini kira-kira terletak di sekitar Kecamatan Palimanan (wilayah Cirebon sekarang). Kata Wanagiri sendiri diambil dari kata “Wana” yang berarti hutan dan “giri” yang berarti gunung, jadi kemungkinan besar dalam wilayah Wanagiri saat itu terdapat gunung dan juga hutan-hutan.

Pada saat pemberontakan Cakrawarman terhadap kekuasaan yang syah di Tarumanagara terjadi, wilayah kerajaan Wanagiri pernah dijadikan base camp dari pasukan pemberontak tersebut.

Sang Cakrawarman adalah adik dari Sri Purnawarman, Maharaja kerajaan Tarumanagara. Semasa pemerintahan Purnawarman, Cakrawarman menjabat sebagai Patih kerajaan Tarumanagara. Purnawarman merupakan raja ke-3 dan raja terbesar Tarumanagara, yang memerintah selama 39 tahun (antara tahun 395 hingga 434).

Dikarenakan komplotan Cakrawarman didukung tokoh-tokoh yang disegani dan jumlah pasukan yang banyak, maka pihak kerajaan Wanagiri tidak dapat berbuat banyak saat Cakrawarman mendirikan “markas” untuk melancarkan huru-hara di sekitar daerah Wanagiri.

Setelah pasukan gabungan Tarumanagara dengan beberapa kerajaan bawahan lainnya berhasil mengusir komplotan Cakrawarman dari Wanagiri, akhirnya kerajaan Wanagiri mulai berperan dalam membantu Tarumanagara membasmi pemberontak Cakrawarman dan pengikutnya. Bentuk dari peran serta tersebut yaitu dengan mengirimkan utusannya yang bernama Babarkalih untuk bergabung dengan pasukan sekutu Tarumanagara pimpinan kerajaan Indraprahasta dalam penyerangan ke markas Cakrawarman di Girinata. Penyerangan itu berhasil menumpas gerakan pemberontakan Cakrawarman hingga tuntas.

Pada perkembangan selanjutnya, terutama setelah Tarumanagara terbagi dua, kerajaan Wanagiri menjadi bagian dari kerajaan Indraprahasta. Raja yang berkuasa di kerajaan Wanagiri saat itu bernama Adipati Kosala. Beliau merupakan suami dari Ganggakirana (puteri bungsu dari Padmahariwangsa / raja Indraprahasta ke-13, memerintah 707 – 719).

Di saat kerajaan Indraprahasta dihancurkan oleh Sanjaya bersama pasukan gabungan dari kerajaan Sunda, kerajaan Bumi Mataram, dan kerajaan Mumi Sembara, akhirnya kerajaan Wanagiri merdeka. Bahkan, Adipati Kosala, dipercayakan oleh Sanjaya untuk memerintah di bekas wilayah kerajaan Indraprahasta ini.

Pada perkembangan selanjutnya, tepatnya pada abad ke-15, Kerajaan Wanagiri dibagi menjadi empat kerajaan, yaitu Kerajaan Cirebon Girang, Kerajaan Japura, Kerajaan Surantaka, dan Kerajaan Sing Apura. Pemekaran wilayah ini hingga saat ini belum diketahui alasannya secara pasti.


Peta kuno Jawa

Klik di sini untuk peta kuno Jawa tahun 1598, 1612, 1614, 1659, 1660, 1706, 1800-an, awal abad ke-18, 1840.

Jawa, awal abad ke-18

1234


Sumber

Sejarah kerajaan Wanagiri: http://westjavakingdom.blogspot.co.id/2011/07/kerajaan-wanagiri.html
– Sejarah kerajaan Wanagiri: https://sportourism.id/heritage/kerajaan-wanagiri-asal-mula-kuatnya-kekuasaan-di-cirebon


Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: