Cubadak, Nagari / Sumatera – Sum.Barat, Kab. Pasaman

Nagari Cubadak terletak di Sumatera, Kecamatan Duo Koto, kabupaten Pasaman, provinsi Sumatera Barat.

Kabupaten Pasaman

Provinsi Sumatera Barat


* Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera: link
*
Foto situs kuno di Sumatera: link


Sejarah Nagari Cubadak

Sejarahnya diawali dari pemerintahan pertama Raja kerajaan Sontang beserta kaumnya di koto tinggi terletak 1,5 Km dari Ulu Sontang sekarang.
Raja pertama bernama Raja Gunung Maleha di Koto Tinggi selanjutnya Raja Sipahutar, kemudian Raja Labiah dan barulah sejak itu bernama Raja Sontang.
Raja-raja ini beserta kaumnya berbahasa Mandahiling dan adat istiadatnya Manjujur yaitu mengambil garis keturunan dari Bapak. Kata Sontang berasal dari kata Ontang yang berarti yang dibawa bersama-sama dan kemudian berubah menjadi kata Sontang dan rajanya pada waktu itu disebut Raja Sontang atau Raja yang disamakan.

Raja Sontang disamakan dgn Raja Lelo di Sikaduduk dan berubah adat istiadat menjadi adat istiadat Minang yang disaksikan oleh utusan khusus Raja Pagaruyung yang sengaja diutus kedaerah itu. Dan merubah adat istiadat dari Manjujur keadat istiadat Minang yaitu Sumando sementara bahasanya tetap bahasa mandahiling dengan logat yang khas.
Perpindahan Raja Sontang ke Cubadak dimulai setelah mendapatkan daerah temuan baru oleh pegawai raja yang bernama Sigadumbang. Bukit Sontang yang kemudian bernama Cubadak seterusnya Simpang Tonang, Silalang, Lanai Sinuangon dan lainnya. Karena wilayah baru lebih luas dari wilayah Sontang maka Tengku Raja Sontang pindah ke Cubadak. Maka jadilan Cubadak sebagai perkampungan besar, saat ini dengan jumlah penduduk 14.357 jiwa. Namun demikian Raja Sontang tetap datang ke Sontang. Saat ini yang menjabat Raja Sontang bertempat tinggal di Pasar Cubadak.

Karena Cubadak merupakan daerah temuan, maka Sontang adalah daerah “Natoras” dalam bahasa Indonesia artinya yang tua.

– Sumber: http://horasmadina.blogspot.co.id/2007/07/asal-usul-nagari-cubadak-oleh-welina.html


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Sejarah Nagari Cubadak: http://horasmadina.blogspot.co.id/2007/07/asal-usul-nagari-cubadak-oleh-welina.html
– Perubahan kultur masyarakat Mandailing di Nagari Cubadak: http://www.duakotopas.com/2013/10/perubahan-kultur-masyarakat-mandailing.html
– Kerajaan Sontang: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/sumatera/sontang-kerajaan/


 

Advertisements

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: