Kurri Kurri, kerajaan / Prov. Sulawesi Barat – kab. Mamuju

Kerajaan Kurri Kurri terletak di prov. Sulawesi Barat, kab. Mamuju.
Kerajaan Mamuju tidak dibentuk oleh Tomanurung, tetapi hasil penggabungan antara dua kerajaan, yaitu Kerajaan Kurri-Kurri dan Kerajaan Langga Monar. Tahun 1540 saat terbentuknya kerajaan Mamuju.

Lokasi kab. Mamuju


* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sulawesi: link
* Foto sultan dan raja di Sulawesi dulu: link

* Foto kerajaan2 di wilayah Poso: link
* Foto suku Bugis: link
* Foto suku Toraja: link
* Foto situs kuno di Sulawesi: link


Sejarah kerajaan Kurri Kurri

Kerajaan Mamuju tidak dibentuk oleh Tomanurung, tetapi hasil penggabungan antara dua kerajaan, yaitu Kerajaan Kurri-Kurri dan Kerajaan Langga Monar. Kedua kerajaan tersebut pada awalnya masing-masing berdiri sendiri dan berdaulat sendiri.
Tahun 1540 saat terbentuknya kerajaan Mamuju.

Kerajaan Langga Monar didirikan oleh Tarapati To Ma’dualemba, kemudian Raja Kurri-Kurri diambil sebagai mas kawin atau sorong ketika beliau menikahi putri bangsawan dari Tokaiyang Padang. Dari hasil perkawinan tersebut, lahir seorang putra yang diberi nama Mattolabali. Mattolabali kemudian menyatukan dua kerajaan tersebut dan mengubah namanya menjadi Kerajaan Mamuju.

Kerajaan Kurrikurri yang terletak di daerah Tambajako, Simboro, waktu berdirinya sangat sukar ditentukan tetapi dengan melihat kenyataan yang ada dengan ditemukannya beberapa peninggalan seperti Pala Bitti Batu di Sumare, Bujung Gassa  di Rangas, Patung Budha berlilit Naga di Tanete Bulukang, Labuang  (pelabuhan) Kurrikurri di Simboro yang sampai sekarang masih ada dan bahkan menjadi Pelabuhan Ferry untuk menyeberang ke Kalimantan Timur (Balikpapan). Peninggalan-peninggalan tersebut memberikan indikasi dan memperkuat alasan bahwa Kerajaan Kurrikurri memang pernah ada dan berjaya pada beberapa abad yang silam.


Sumber

– Sumber dan lengkap: https://www.researchgate.net/publication/337743240_BERDIRINYA_KERAJAAN_MAMUJU
Sumber: https://mamunyuku.blogspot.com/2017/07/maradika-zelfbestuure-sampai-syuyitso.html


 

Blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: