Gantarang, Lembang Gantarang Keke, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan – kab. Bantaeng

Kerajaan Lembang Gantarang Keke terletak di Prov. Sulawesi Selatan, kab. Bantaeng.

Lokasi kab. Bantaeng


Tentang kerajaan sekarang (2021)

Tidak ada info tentang keberadaan kerajaan ini dan keturunan raja sekarang.


Sejarah kerajaan Lembang Gantarang Keke

Lembang Gantarang Keke adalah sebuah wilayah yang otonom (kerajaan), yang di mana kerajaan ini dibagi menjadi dua bagian yang keduanya tidak bisa dipisahkan. Menurut dalam sejarah Butta Toa Bantaeng, kerajaan Lembang dipimpin oleh laki-laki dan kerajaan Gantarang Keke sendiri dipimpin oleh perempuan (istri dari Raja kerajaan Lembang) hal ini tertulis dalam lontara, dan kerajaan ini telah berperan penting dalam membangun tatanan masyarakat di beberapa wilayah di Bantaeng  utamanya di Sulawesi Selatan, hal ini dibuktikan dengan adanya tujuh belas Situs yang ada di Gantarang Keke dan tiga belas Situs berada di Lembang.

Di satu sisi kerajaan Lembang Gantarang Keke merupakan tempat pertemuan empat kerajaan besar yang ada di Sulawesi – selatan yakni kerajaan GOWA, kerajaan BONE, kerajaan LUWU, dan kerajaan BANTAENG sendiri, mereka berkumpul setiap bulan SYA’ban untuk membicarakan masalah ekonomi politik, dan penetapan hari pertama puasa dibulan suci Ramadan dan ini masih dapat kita lihat dengan adanya BABANg- BABANg (tempat masuk) ke-empat raja – raja tersebut.
Keberadaan ke-empat raja ini setiap tahunnya selalu mangadakan pesta adat, dan pesta adat ini masih dapat kita lihat sampai sekarang. Dengan demikian, dapatlah dikatakan bahwa kerajaan Lembang Gantarang Keke merupakan akar kebudayaan yang telah berintegrasi dalam wilayah kesadaran masyarakat pendukungnya. Disadari atau tidak, keagungan dan kearifan sejarah dan kebudayaan Lembang Gantarang Keke telah menjadi kekuatan tersendiri dalam menyerap dan mentransformasikan berbagai anasir kebudayaan dari luar yang kemudian berintegrasi dalam sebuah harmonisasi kebudayaan.


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: