Huta Godang, kerajaan / Prov. Sumatera Utara – kab. Mandailing Natal

Kerajaan Huta Godang terletak di Kabupaten Mandailing Natal, kec. Ulu Pungkut, prov. Sumatera Utara.

Lokasi Huta Godang


Garis kerajaan-kerajaan di Sumatera: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link

* Foto Istana kerajaan di Sumatera: link


KERAJAAN HUTA GODANG

Sejarah kerajaan Huta Godang

Kerajaan Huta Godang didirikan oleh raja Junjungan Lubis pada awal abad ke-19, selaku raja pertama yang memerintah kerajaan Huta Godang.
Namun sebelum kerajaan ini didirikan, raja berkedudukan di satu tempat yang bernama Huta Dolok, yang terletak di atas sebuah bukit tidak begitu
jauh dari Huta Godang yang sekarang. Kemudian setelah Islam masuk
dibawa orang-orang Minang Kabau ke Mandailing, Huta Dolok dipindahkan ke satu tempat yang baru, dan kemudian dinamakan Huta Godang.

Kurang lebih satu setengah abad yang lalu, Sutan Mangkutur berkedudukan sebagai raja di Huta Godang, Ulu Pungkut, untuk menggantikan abang kandungnya Raja Gadombang, yang meninggal dunia pada tahun 1835.

Kapan berdirinya kerajaan Huta Godang di Ulu Pungkut tidak diketahui dengan pasti. Tetapi menurut keterangan Raja Junjungan Lubis, yaitu raja terakhir dari Huta Godang, kerajaan tersebut didirikan oleh nenek moyang beliau yang berasal dari Manambin. Manambin sendiri adalah salah satu kerajaan tertua di Mandailing Julu, dan tidak jauh letaknya dari Huta Godang.

Raja Junjungan IV (Jas Hitam)

Awal berdirinya kerajaan Huta Godang di Ulu Pungkut, yang didirikan oleh keluarga raja bermarga Lubis menurut tarombo bernama Raja Mandorun anak kedua dari Sutan Singasoro Pinayungan bin Sapalaraja dari Manambin beberapa abad yang lalu.

Namun demikian kerajaan Huta Godang bukan bahagian dari kerajaan Manambin. Tetapi ia merupakan kerajaan yang berdiri sendiri dan terlepas dari kekuasaan raja Manambin.

Kerajaan Huta Godang, yang pernah di daerah Ulu Pungkut, pada kenyataannya hanyalah sebuah kerajaan tersebut pada masa sebelum abad ke 19 atau sebelum masuknya Kaum Paderi ke Mandailing, hampir sama sekali tidak dapat diperoleh. Hanya diketahui, bahwa sebelum Huta Godang (berarti kampung besar) didirikan, rajanya berkedudukan di satu tempat yang bernama Huta Dolok, yang terletak di atas sebuah bukit tidak begitu jauh dari Huta Godang yang sekarang.

Kemudian, setelah Islam masuk dibawa orang-orang Minangkabau ke Mandailing pada awal abad ke-19, Huta Dolok dipindahkan ke satu tempat yang baru, dan kemudian dinamakan Huta Godang.


Rumah Adat, Bagas Godang

Bagas Godang merupakan rumah berarsitektur Mandailing dengan konstruksi yang khas. Berbentuk empat persegi panjang yang disangga kayu-kayu besar berjumlah ganjil. Ruang terdiri dari ruang depan, ruang tengah, ruang tidur, dan dapur. Terbuat dari kayu, berkolong dengan tujuh atau sembilan anak tangga, berpintu lebar dan berbunyi keras jika dibuka. Kontruksi atap berbentuk tarup silengkung dolok, seperti atap pedati.

Bagas Godang adalah Rumah adat atau arsitektur tradisional Suku Mandailing. Rumah besar ini dahulu sebagai tempat tinggal atau tempat istirahat raja.

Makam raja-raja Huta Godang

Cerita  raja-raja, Mandailing Natal mempunyai segudang sejarah tentang kerajaan. Mandailing Natal adalah daerah yang kaya akan kebudayaan dan juga cerita nya. Salah satu dari kerajaan di Mandailing Natal adalah yang berada di Hutagodang, kerajaan ini juga meninggalkan sebuah saksi bisu yang bisa kita lihat sampai saat ini yaitu Makam Raja-raja Huta Godang.

Dari bentuk ukiran dan tata letak makamnya saya pikir ini belum masuk pada ajaran Islam, ukiran khas yang terlihat masih membawa adat kerajaan. Selain makam ini Rumah Baginda (Kerajaan -Red) atau dalam Bahasa Mandailingnya adalah Bagas Godang masih terlihat berdiri kokoh lengkap dengan bale-balenya.


Sumber kerajaan Huta Godang

– Sejarah kerajaan Huta Godang: http://hutagodangcagarbudaya.blogspot.com
– Sejarah kerajaan Huta Godang: http://digilib.unimed.ac.id/

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: