Wengker, kerajaan / Prov. Jawa Timur – kab. Ponorogo

Kerajaan Wengker: sekitaran tahun 986-1037; terletak di Jawa timur, wilayah kabupaten Ponorogo.
Ponorogo pada zaman dahulu disebut dengan nama Wengker.

The kingdom of Wengker: about 986-1037; located on east Jawa, district Ponorogo. Prov. East Jawa.
For english, click here

Lokasi Kabupaten Ponorogo


Garis kerajaan-kerajaan di Jawa: link


Foto sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa

* Foto sultan dan raja, yang masih ada di Jawa: link
* Foto keraton di Jawa, yang masih ada: link
* Foto Batavia (Jakarta) masa dulu: link
* Foto Jawa masa dulu: link
* Penyerbuan Batavia oleh Sultan Agung, 1628/1628: link
* Foto perang Diponegoro, 1825: link
* Foto situs kuno di Jawa: link


Video sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa

* Untuk video-video sejarah Jawa, klik di sini


KERAJAAN WENGKER

Sejarah kerajaan Wengker, 986-1037

– Sumber: https://www.kompas.com/stori/

Kerajaan Wengker adalah sebuah kerajaan kecil yang pernah berdiri di Ponorogo, Jawa Timur. Pendiri dan raja pertama kerajaan ini adalah Ketut Wijaya, yang berkuasa antara 986-1037 M. Kerajaan ini pernah dihancurkan oleh Raja Airlangga dari Kediri, kemudian menjadi negeri bawahan pada masa Kerajaan Majapahit.

Sejarah berdirinya

Kerajaan Wengker didirikan oleh seorang pendatang dari Jawa Tengah bernama Ketut Wijaya pada abad ke-10. Kedatangan Ketut Wijaya ke Jawa Timur bersamaan dengan Mpu Sindok, ketika memindahkan kerajaan Mataram Kuno dari Jawa Tengah. Dari Jawa Tengah, Ketut Wijaya berserta rombongannya berjalan lewat sebelah selatan hingga sampai di timur Gunung Lawu. Di tempat itulah ia menetap dan kemudian mendirikan kerajaan Wengker. Nama Wengker berasal dari ungkapan Jawa, wewengkon kang angker, yang berarti tempat yang angker. Konon, wilayah itu dulunya terkenal menakutkan karena terdapat banyak bandit. Keberadaan kerajaan Wengker dibuktikan dengan prasasti yang ditemukan di Sendang Kamal, Madiun.

Letak Kerajaan

Wengker Terdapat beragam pendapat tentang letak kerajaan Wengker ketika di bawah kekuasaan Ketut Wijaya. N.J. Krom menyatakan bahwa Wengker terletak di Desa Setono, Kabupaten Jenangan, Kabupaten Ponoroho. Sedangkan Purwowijoyo berpendapat bahwa letak kerajaan ini berada di perbatasan Desa Kadipaten dengan Desa Setono. Namun yang pasti, wilayah kerajaan Wengker sebelah utara meliputi Gunung Kendeng sampai Gunung Pandan, sebelah timur dan selatan meliputi Gunung Wilis sampai Laut Selatan, hingga Gunung Lawu.

Dihancurkan oleh Airlangga

Ketika kerajaan Medang diperintah oleh Raja Dharmawangsa, Wengker turut serta dalam serangan yang dikenal sebagai Pralaya Medang. Peristiwa itu berhasil meruntuhkan kerajaan Medang dan membunuh rajanya, sedangkan Airlangga berhasil melarikan diri. Setelah lama bersembunyi dan menghimpun kekuatan, Airlangga mulai melancarkan serangan balasan kepada kerajaan-kerajaan kecil yang terlibat dalam Pralaya Medang, termasuk Wengker.
Maka pada 1030 M, Airlangga menaklukkan kerajaan Wengker, sementara Raja Panuda yang tengah berkuasa berhasil melarikan diri ke daerah Galuh. Di daerah itulah Raja Panuda ditangkap dan dihabisi oleh Airlangga, yang juga menghancurkan seluruh istananya. Airlangga kemudian mengumumkan kepada penduduk bahwa kerajaan Wengker telah hancur dan wilayahnya berada di bawah kekuasaannya. Ternyata, penguasa Wengker berhasil bangkit, kemudian membangun keraton di Tapa dan memberontak lagi. Pada 1037, pemberontakan itu kembali ditumpas oleh Airlangga.

Nama kerajaan Wengker muncul kembali ketika kerajaan Majapahit berkuasa. Dalam Kitab Negarakertagama, disebutkan bahwa kerajaan Wengker adalah salah satu negeri bawahan Majapahit. Rajanya bernama Wijaya Rajasa yang bergelar Bhre Wengker. Bhre Wengker adalah paman Raja Hayam Wuruk, yang bertakhta di Majapahit antara 1350-1389 M. Selain itu, bukti lain keberadaannya dapat dilihat pada Candi Surawana yang ditemukan di Desa Canggu, Pare, Kediri. Candi ini dibangun untuk memuliakan Bhre Wengker, yang merupakan raja bawahan Majapahit.

Kerajaan Wengker, 1020 M

Kerajaan Wengker, 1020 M


Peta kuno Jawa

Klik di sini untuk peta kuno Jawa tahun 1598, 1612, 1614, 1659, 1660, 1706, 1800-an, awal abad ke-18, 1840.

Jawa, awal abad ke-18

1234


Sumber kerajaan Wengker

– Sejarah kerajaan Wengker: https://einzthr33.wordpress.com/
Sejarah kerajaan Wengker: https://pilgrim74.wordpress.com/
Sejarah kerajaan Wengker: https://www.kompas.com/stori/


Budi Santoso (45) anggota Paguyuban Penggemar Pusaka Tunggul Nogo menunjukkan salah satu pedang raja Wengker (Ponorogo) sepanjang 1,5 meter bertuliskan Arab di lokasi pameran pusakan di ruang Bappeda Pemkab POnorogo, Senin (12/11/2012). Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2012/11/12/pedang-raja-wengker-panjang-15-meter-dipamerkan

——————————
Di dusun Ngrenak Desa Ketro Kecamatan Sawoo terdapat sebuah prasasti batu tulis yang diperkirakan peninggalan Kerajaan Wengker. Batu tersebut terletak di antara talud irigasi persawahan. Menurut warga setempat sudah ada beberapa arkeolog yang melakukan observasi. Sumber: https://pilgrim74.wordpress.com/2013/11/30/batu-tulis-peninggalan-wengker/

————————————
Prasasti Ponorogo, kerajaan Wengker. Sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/prasasti-yang-ungkap-ponorogo-pusat-kerajaan-wengker-ditemukan.html

Prasasti Ponorogo. Sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/prasasti-yang-ungkap-ponorogo-pusat-kerajaan-wengker-ditemukan.html

————————————
Candi Surowono. Candi yang nama sesungguhnya adalah Wishnubhawanapura ini diperkirakan dibangun pada abad 14 untuk memuliakan Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Raja Wengker ini mangkat pada tahun 1388 M. Dalam Negarakertagama diceritakan bahwa pada tahun 1361 Raja Hayam Wuruk dari Majapahit pernah berkunjung bahkan menginap di Candi Surawana.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Surawana


4 Comments

4 thoughts on “Wengker, kerajaan / Prov. Jawa Timur – kab. Ponorogo

  1. Sarjono

    daftar nama kerajaan bawahan majapahit antara peta dengan tabel kok gak match ya?

    • Kesultanan dan Kerajaan di Indonesia / Sultanates and Kingdoms in Indonesia

      Info dari sejarah bisa beda; tidak selalu jelas.
      Makasi,
      Paul, penerbit website

  2. wan

    boleh bantu saya siapa hulubalang sintok mantaram – salasiah

    terima kasih.

    • Sultans in Indonesia

      KYT,

      Maaf, tetapi tidak ada info tentang Hulubalang sintok mantaram. Kami sudah cek internet. Kalau nanti ada info, kita akan kasih tahu.

      Dengan hormat, Paul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: