Wengker, kerajaan / Jawa timur – Kab. Ponorogo

Kerajaan Wengker: sekitaran tahun 986-1037 ; terletak di Jawa timur, wilayah kabupaten Ponorogo.
Ponorogo pada zaman dahulu disebut dengan nama Wengker.

The kingdom of Wengker: about 986-1037 ; located on east Jawa, district Ponorogo. Prov. East Jawa.
For english, click here

District of Ponorogo

Provinsi Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur


* Foto foto Jawa dulu, situs kuno dan Batavia: link


Sejarah / History kerajaan Wengker

Setelah kerajaan Medang di Jawa Tengah bubar, tahun 928 M Mpu Sindok pindah ke Jawa Timur. Mpu Sindok naik tahta menjadi raja pertama kerajaan Medang di Jawa Timur tahun 929 M bergelar Sri Isyana Wikrama Darmatunggadewa, yang mana menjadi moyang bagi raja-raja di Jawa selama 300 tahun berturut-turut. Ia memerintah dengan permaisurinya Parameswari Sri Wardani mpu Kbi (Putri Rakai Wawa), untuk menjalankan pemerintahan. Dalam buku “Babad Ponorogo” karya Purwowijoyo, disebutkan selain Mpu Sindok ada lagi satu rombongan yang pindah ke Jawa Timur dibawah pimpinan Ketut Wijaya, putra raja Medang. Kemudian mendirikan kerajaan yang diberi nama Wengker. Ketut Wijaya berkuasa tahun 986 -1037 M.

Wengker di masa kerajaan Majapahit

Dimasa pemerintahan Majapahit, Wengker dipimpin seorang raja bernama Raden Kudamerta (Wijayarajasa), dalam Kitab Nagarakartagama disebutkan “Priya haji sang umunggu Wengker bangun hyang Upandra Nurun Narpari Wijayarajasanopamana parama-ajnottama”. Dari kitab ini menunjukkan bahwa yang membangun kerajaan Wengker adalah Wijayarajasa, sebagai raja pertama. Dalam Kitab ini juga disebutkan Raden Kudamerta menikah dengan Bhre Dhaha. Raden Kudamerta berkedudukan di Wengker dengan nama Bhre Parameswara dari Pamotan yang dikenal dengan nama Cri Wijayarajasa. Yang dimaksud Bhre Dhaha adalah dewi Maharajasa adik Tribhuwana. Berarti Wijayarajasa adalah menantu Raden Wijaya.
Sumber: https://pilgrim74.wordpress.com/2012/02/16/kerajaan-wengker-masa-lalu-ponorogo/


Kerajaan-kerajaan di bawah Majapahit

Dalam pembentukannya, kerajaan Majapahit merupakan kelanjutan Singhasari, terdiri atas beberapa kawasan tertentu di bagian timur dan bagian tengah Jawa. Daerah ini diperintah oleh uparaja yang disebut Paduka Bhattara yang bergelar Bhre atau “Bhatara i”. Gelar ini adalah gelar tertinggi bangsawan kerajaan. Biasanya posisi ini hanyalah untuk kerabat dekat raja. Tugas mereka adalah untuk mengelola kerajaan mereka, memungut pajak, dan mengirimkan upeti ke pusat, dan mengelola pertahanan di perbatasan daerah yang mereka pimpin.
Selama masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350 s.d. 1389) ada 12 wilayah di Majapahit, yang dikelola oleh kerabat dekat raja. Hierarki dalam pengklasifikasian wilayah di kerajaan Majapahit dikenal sebagai berikut:

  • Bhumi: kerajaan, diperintah oleh Raja
  • Nagara: diperintah oleh rajya (gubernur), atau natha (tuan), atau bhre (pangeran atau  bangsawan)
  • Watek: dikelola oleh wiyasa,
  • Kuwu: dikelola oleh lurah,
  • Wanua: dikelola oleh thani,
  • Kabuyutan: dusun kecil atau tempat sakral.


Sumber / Source

– Sejarah kerajaan Wengker: https://einzthr33.wordpress.com/kerajaan-wengker-pada-jaman-majapahit/
Sejarah kerajaan Wengker: https://pilgrim74.wordpress.com/2012/02/16/kerajaan-wengker-masa-lalu-ponorogo/
Sejarah kerajaan Wengker: https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=497433233679706&id=343228559100175&stream_ref=10


Budi Santoso (45) anggota Paguyuban Penggemar Pusaka Tunggul Nogo menunjukkan salah satu pedang raja Wengker (Ponorogo) sepanjang 1,5 meter bertuliskan Arab di lokasi pameran pusakan di ruang Bappeda Pemkab POnorogo, Senin (12/11/2012). Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2012/11/12/pedang-raja-wengker-panjang-15-meter-dipamerkan

Di dusun Ngrenak Desa Ketro Kecamatan Sawoo terdapat sebuah prasasti batu tulis yang diperkirakan peninggalan Kerajaan Wengker. Batu tersebut terletak di antara talud irigasi persawahan. Menurut warga setempat sudah ada beberapa arkeolog yang melakukan observasi. Sumber: https://pilgrim74.wordpress.com/2013/11/30/batu-tulis-peninggalan-wengker/

Candi Surowono. Candi yang nama sesungguhnya adalah Wishnubhawanapura ini diperkirakan dibangun pada abad 14 untuk memuliakan Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Raja Wengker ini mangkat pada tahun 1388 M. Dalam Negarakertagama diceritakan bahwa pada tahun 1361 Raja Hayam Wuruk dari Majapahit pernah berkunjung bahkan menginap di Candi Surawana.
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Surawana


 

Advertisements
2 Comments

2 thoughts on “Wengker, kerajaan / Jawa timur – Kab. Ponorogo

  1. wan

    boleh bantu saya siapa hulubalang sintok mantaram – salasiah

    terima kasih.

    • Sultans in Indonesia

      KYT,

      Maaf, tetapi tidak ada info tentang Hulubalang sintok mantaram. Kami sudah cek internet. Kalau nanti ada info, kita akan kasih tahu.

      Dengan hormat, Paul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s