Abiansemal, desa / Bali – kab. Badung

Desa Abiansemal terletak di kabupaten Badung, Bali.

Lokasi kabupaten Badung


* Foto foto Bali dulu, situs kuno dan puputan: link


Sejarah desa Abiansemal

Sejarah Desa Abiansemal yang didapat dari sumber tertulis yakni :
• Usana Bali
• Babad Dalem
• Babad Mengwi
• Babad Pasek
• Sejarah Bali.
Sumber tidak tertulis berupa imformasi yang diperoleh dari para tokoh Agama dan Tokoh Adat yang berada diwilayah Kecamatan Abiansemal, dijelaskan bahwa Desa Abiansemal sudah ada sejak Abad ke 14.

Diceritrakan pula bahwa pada abad ke 16 Keluarga I Gusti Ngurah Dauh bersama – sama dengan Arya Tan Kaur berkuasa di Desa Abiansemal, kemudian pada Abad 17 Abiansemal berada di wilayah kekuasan Raja Mengwi yaitu Cekorda Munggu. Ketika itu Raja Mengwi mengutus Keluarga Kaba – kaba untuk berangkat ke Desa Abiansemal melalui Desa Sibang dan Mambal, karena kemalaman dijalan mereka menggunakan penerangan dari api daun kelapa kering ( bahasa Bali, Api prakpak ) setelah melewati sungai Ayung , jembatan Mambal sekarang, api penerangan yang digunakan makin suram karena bahanya makin habis dan akhirnya nyalanya padam sehingga yang tinggal hanya bunga – bunga api yang bahasa balinya disebut lelatu. Lelatu itu jatuh berserakan disekitar areal persawahan sebelah selatan desa abiansemal yang akhirnya tempat itu dinamakan Latu, serta Subak pada Areal persawahan itu bernama Subak Latu. Selanjutnya rombongan tersebut sampailah di Desa Abiansemal dan menetap di Banjar Aseman. sejak itulah desa Abiansemal menjadi Wilayah kekuasaan Kerajaan Mengwi.

Dari tahun ke tahun Abiansemal berkembang dan kuat untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan diantara Banjar – banjar yang ada di Desa Abiansemal maka dibangunlah Pura Kahyangan Tiga yakni : Pura Desa, Pura Puseh dan Pura Dalem. Bersamaan dengan itu pula dinobatkan Putra Raja Mengwi untuk menjadi Penguasa tunggal di Daerah Abiansemal dengan Gelar Cekorde Abiansemal, Tahun ( 1903 ).

Kerajaan di Bali, sekitar tahun 1900.


Peta kuno Bali

Klik di sini untuk peta kuno Bali 1618, 1683, 1700-an, 1750, 1800-an, 1856, abad ke-19.

 Bali abad ke-16 ?


Sumber

– Sejarah lengkap desa Abiansemal: http://desaabiansemal.badungkab.go.id/page/704/Sejarah-Desa.html

– Sejarah pulau Bali di Wiki: link
– Asal usul sejarah pulau Bali: http://asal-usul-motivasi.blogspot.co.id/2012/02/asal-usul-sejarah-pulau-bali.html
– Sejarah pulau Bali: http://www.id.baliglory.com/2015/06/bali-pulau-dewata.html
– Sejarah Bali kuno masa 1343: http://rah-toem.blogspot.co.id/2011/10/sejarah-bali-kuno-masa-1343.html
– Sejarah adanya Kasta di Bali: http://inputbali.com/sejarah-bali/sejarah-adanya-kasta-di-bali
– Sejarah Bali 1914-1950: http://www.kompasiana.com/jurnalgemini/sejarah-bali-1914-1950-an-1-dari-pariwisata-eksotis-ke-nasional_551f83ec813311186e9de31f
– Leluhur orang Bali Aga, penduduk asli pulau Bali: http://jadiberita.com/1007/leluhur-orang-bali-aga-penduduk-asli-pulau-bali.html
– Agama Hindu Bali: https://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu_Bali