Foto Benteng di Indonesia

Isi:

Benteng Indra Prata, Aceh
Benteng Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Jakarta
Benteng Speelwijk, Serang, Banten
Benteng Pendem Cilacap, Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah
Benteng van den Bosch, Ngawi, Jawa
Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa
Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Jawa
Benteng Kayeli, P. Buru, Maluku
Benteng Victoria, P. Ambon, Maluku
Benteng Belgica, P. Neira, Maluku
Benteng Nieuw Zeelandia, P. Haruku, Maluku
Benteng Beverwijk, P. Nusa Laut, Maluku
Benteng Duurstede, P. Saparua, Maluku
Benteng Wantrouw, P. Seram, Maluku
Benteng Kalamata, Kota Ternate, Maluku
Benteng Tolukko, Kota Ternate, Maluku
Benteng keraton Buton, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara
Benteng Orange, Gorontalo, Sulawesi
Benteng Otanaha, Gorontalo, Sulawesi
Benteng Somba Opu, Gowa, Sulawesi
Benteng Rotterdam, Makasar, Sulawesi
Benteng Tiworo, kab. Muna, Sulawesi
Benteng Marlborough, kota Bengkulu, Sumatera
Benteng Kuta Batee, Aceh


Benteng Indra Patra, Aceh

Lokasi: Benteng Indra Patra sendiri terletak dekat dengan pantai Ujong Batee, atau secara administratif terletak di desa Ladong, kecamatan Masjid Raya, kabupaten Aceh Besar, provinsi Aceh.

Berdasarkan informasi, Benteng Indra Patra dibangun oleh Kerajaan Lamuri pada abad ke-7. Pembangunannya sendiri berada di bawah perintah putra Raja Harsa, yang diketahui adalah seorang raja di salah satu kerajaan di India. Karena terjadi sebuah konflik, putra dari Raja Harsa melarikan diri ke Aceh dan di sanalah dirinya kemudian membangun Kerajaan Lamuri.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Indrapatra

Lamuri - Benteng Indra Patra


Benteng Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Jakarta

Pada 1619 ketika Belanda berkuasa, Pulau Onrust dan sekitarnya dijadikan sebagai pos pertahanan terdepan untuk melindungi Kota Batavia (Jakarta). Namun, Benteng pertahanan di Pulau Onrust hancur pada 1800 akibat serangan pasukan Inggris.
Peradaban Kepulauan Seribu dimulai saat Belanda mulai membangun pertahanan laut dengan membuat Benteng pada tahun 1850 di tiga pulau yakni Pulau Onrust , Pulau Purmerend (kini Pulau Bidadari), dan Pulau Kelor. Berbentuk lingkaran, benteng ini dibuat di tengah dilengkapi meriam sebagai basis pertahanan laut menahan serangan dari Portugis. Sayangnya, benteng ini rusak ketika Gunung Krakatau meletus di tahun 1883 dan gempa Jakarta tahun 1966.


Benteng Speelwijk, Serang, Banten

Lokasi: sisa Benteng Speelwijk di Kampung Pamarican, Serang, Banten.

Pada masa jayanya, Benteng Speelwijk yang memiliki ketinggian 3 meter ini dibangun oleh Hendrick Loocaszoon Cardeel pada tahun 1681-1684 yaitu pada masa Sultan Abu Nas Abdul Qohar. Sedangkan nama Speelwijk digunakan untuk menghormati Gurbenur Hindia Belanda yang saat itu masih berkuasa yaitu Cornelis Janszoon Speelman.
Bagian tepi Benteng Speelwijk dikelilingi parit dengan luas mencapai 10 meter. Sedangkan bentuk bangunan menyerupai segi empat dengan tiap sisinya dibangun ruang inti atau menara pengintai. Ruang intip yang masih tersisa dan dinaiki adalah di bagian utara. Dari ruangan ini terlihat lautan dan Banten Lama dari atas.
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/benteng-speelwijk-banten-lama/


Benteng Pendem Cilacap, Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah

Benteng Pendem Cilacap (bahasa Belanda: Kustbatterij op de Landtong te Cilacap), adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1861. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektare secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986. Saat ini, pemerintah Kabupaten Cilacap menjadikan benteng ini sebagai tempat wisata sejarah.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Pendem_Cilacap

Miris! Benteng Pendem Cilacap Tidak Terawat


Benteng van den Bosch, Ngawi, Jawa

Pada tahun 1825 Ngawi berhasil direbut dan diduduki oleh Belanda. Untuk mempertahankan kedudukan dan fungsi strategis Ngawi serta menguasai jalur perdagangan, Pemerintah Hindia Belanda membangun sebuah benteng yang selesai pada tahun 1845 yaitu Benteng Van Den Bosch. Benteng ini dihuni tentara Belanda 250 orang bersenjatakan bedil, 6 meriam api dan 60 orang kavaleri dipimpin oleh Johannes van den Bosch.
www.kompas.com

Benteng Van Den Bosch, Jejak Peninggalan Kolonial di Ngawi yang ...


Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa

Benteng Vastenburg adalah benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Surakarta. Benteng ini dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Sebagai bagian dari pengawasan Belanda terhadap penguasa Surakarta, khususnya terhadap keraton Surakarta, benteng ini dibangun, sekaligus sebagai pusat garnisun. Di seberangnya terletak kediaman gubernur Belanda (sekarang kantor Balaikota Surakarta) di kawasan Gladak.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Vastenburg


Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Jawa

Benteng Vredeburg Yogyakarta berdiri terkait erat dengan lahirnya Kasultanan Yogyakarta. Perjanjian Giyanti 13 Februari 1755 yang berrhasil menyelesaikan perseteruan antara Susuhunan Pakubuwono III dengan Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengku Buwono I kelak) adalah merupakan hasil politik Belanda yang selalu ingin ikut campur urusan dalam negeri raja-raja Jawa waktu itu.

Benteng ini dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda kala itu, dengan dikelilingi oleh sebuah parit (jagang) yang sebagian bekas-bekasnya telah direkonstruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai bastion (menara pantau) di keempat sudutnya.
https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Benteng_Vredeburg

Benteng Vredeburg, Wujud Perdamaian Antara Belanda dan Keraton ...

benteng kol bang » Rental Mobil Jogja: Harga Sewa Mobil Rp.50Rb

 


Benteng Kayeli, P. Buru, Maluku

Kejayaan Kayeli yang pernah menjadi sebagai pusat pemerintahan Belanda di Pulau Buru ditandai dengan berdirinya sebuah benteng yang dibangun VOC tahun 1785. Benteng setinggi 2,5 meter itu masih berdiri tegar meskipun ditumbuhi semak belukar.
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbmaluku/benteng-voc-di-negeri-kayeli/

Kayeli, negeri / P. Buru – prov. Maluku | Kesultanan dan Kerajaan ...


Benteng Victoria, P. Ambon, Maluku

Lokasi: terletak di Kecamatan Sirimau, pusat kota Ambon.
Benteng Victoria adalah salah satu benteng peninggalan Portugis. Benteng Victoria merupakan benteng tertua di kota Ambon. Benteng Victoria dibangun oleh Portugis pada tahun 1775, tetapi kemudian diambil alih oleh Belanda.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Victoria

Jadi Milik Pemkot Ambon, Benteng Victoria Akan Dijadikan Cagar ...


Benteng Belgica, P. Neira, Maluku

Lokasi: Pulau Neira.
Benteng Belgica pada awalnya adalah sebuah benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis pada abad 16 di Pulau Neira, Maluku. Lama setelah itu, di lokasi benteng Portugis tersebut kemudian dibangun kembali sebuah benteng oleh VOC atas perintah Gubernur Jendral Pieter Both pada tanggal 4 September 1611. Benteng tersebut kemudian diberi nama Fort Belgica, sehingga pada saat itu, terdapat dua buah benteng di Pulau Neira yaitu; Benteng Belgica dan Benteng Nassau.
https://www.gotravelaindonesia.com/benteng-belgica-banda-neira/

 

Beni Sutanto - Herschrijven: Benteng Belgica (Fort Belgica) Dutch ...


Benteng Nassau, P. Neira, Maluku

Lokasi: Pulau Neira.
Benteng Nassau adalah benteng Belanda pertama yang dibangun di Pulau Neira, Kepulauan Banda, Maluku. Benteng ini selesai dibangun pada tahun 1609, tujuannya adalah untuk mengontrol perdagangan pala, yang pada saat itu waktu itu hanya tumbuh di Kepulauan Banda.

Portugis sebelumnya telah berusaha untuk membangun sebuah benteng di lokasi ini pada tahun 1529 , tapi setelah membangun fondasi , mereka meninggalkan pekerjaan karena adanya resistansi dari penduduk setempat. Pada 25 April 1609 , komandan armada Belanda , Laksamana Verhoeven , mengirim 750 tentara untuk memulai membuat benteng di Maluku, kemudian mereka memilih bekas fondasi bangunan benteng yang telah dibuat oleh Portugis sebelumnya. Terancam oleh benteng dan kehadiran kekuatan Belanda , juga menentang rencana Belanda untuk memonopoli industri pala, maka orang Banda menyerang Belanda dan membunuh Laksamana Verhoeven dan 40 anak buahnya.
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbmalut/sekilas-sejarah-benteng-nassau/

Pembangunan Benteng Nassau yang Penuh Drama | Balai Pelestarian ...

Sekilas Sejarah Benteng Nassau | Balai Pelestarian Cagar Budaya ...


Benteng Nieuw Zeelandia, P. Haruku, Maluku

Benteng Nieuw Zeelandia adalah bangunan cagar budaya yang merupakan peninggalan Belanda di Haruku, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Benteng yang dibangun Gubernur Van Gorkum pada tahun 1626 ini semula berukuran kecil dengan nama Zeelandia. Benteng ini berubah nama menjadi Nieuw Zeelandia pada tahun 1655 setelah diperluas dan disempurnakan.

Benteng Nieuw Zeelandia – Olive's Journey


Benteng Beverwijk, P. Nusa Laut, Maluku

Pada 1654 ada catatan pertahanan bangunan (blokhuis) yang terletak di pulau Teluk Nusalaut. Blok rumah yang dibangun oleh Laksamana Verhoeven Beverwijk sekitar tahun 1654. Pada tahun 1656 bangunan pertahanan ini dinamai / disebut Beverwijk. Rumah itu dijaga oleh benjolan sersan dengan 20 tentara, dan seorang tabib terampil untuk menyembuhkan luka. Otoritas Belanda saat itu bernama Van Honimoa.
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbmalut/benteng-beverwijk/

 


Benteng Duurstede, P. Saparua, Maluku

Lokasi: Pulau Saparua.
Benteng Duurstede yang terletak di pulau Saparua Maluku-Tengah, merupakan salah satu peninggalan sejarah jaman VOC. Pada awalnya benteng Duurstede ini dibangun oleh Portugis yang menjajah Maluku pada tahun 1676, yang kemudian direbut dan dimanfaatkan kembali oleh Gubernur Ambon Mr. N. Schaghen pada tahun 1691.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Duurstede

Uživatel Pattisahusiwa na Twitteru: „Benteng Duurstede di Pulau ...

Benteng Duurstede, Indonesia 2019

 


Benteng Wantrouw, P. Seram, Maluku

Lokasi: Benteng atau blockhouse Wantrouw berada di tepi pantai di Desa Tomalehu Timur, Pulau Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.
Pada 1656 Gubernur De Vlaming van Oudshoorn dengan ketat membatasi penanaman serta pembudidayaan cengkeh di pulau ini (termasuk pula di pulau Buru, Seram dan sejumlah pulau kecil lainnya). Kelebihan pohon cengkeh segera ditebang, sehingga membuat penduduk setempat membenci VOC. Kemudian memberontak dan membunuh siapa saja yang ada di dalam benteng. Ketika itu benteng berada di bawah pimpinan oleh seorang wakil kepala perdagangan. Sementara kepala perdagangan sedang berobat di Ambon.
Pada 1768 Benteng Wantrouw dinyatakan tidak layak huni, dan kemudian pada 1785 sebagian bangunan benteng rubuh dengan sendirinya.


 

 


Benteng Kalamata, Kota Ternate, Maluku

Benteng Kalamata pertama kali dibangun oleh Portugis (Fransisco Serao) pada tahun 1540 untuk menghadapi serangan Spanyol dari Rum, Tidore. Kemudian, benteng ini dipugar oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Pieter Both, pada tahun 1609. Benteng Kalamata diduduki oleh Spanyol pada tahun 1625 setelah dikosongkan Geen Huigen Schapen (Portugis). Setelah ditinggal Spanyol, benteng ini diduduki oleh Belanda. Kemudian benteng ini diperbaiki oleh Mayor Lutzow pada tahun 1799. Benteng Kalamata dipugar oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1994 dan diresmikan purna pugarnya pada tahun 1997. Pada tahun 2005, Pemerintah Kota Ternate merenovasi benteng ini dengan menambahkan halaman dan rumah untuk penjaga benteng.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Kalamata

Ramadhan di Malut Part-2 (Benteng Kalamata) - YouTube

Potret Benteng Kalamata Saksi Bisu Kejayaan Maluku di Masa Lalu


Benteng Tolukko, Kota Ternate, Maluku

Lokasi: Kota Ternate, Maluku
Benteng Tolukko adalah benteng peninggalan Portugis yang berada di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Benteng Tolukko dibangun oleh seorang panglima Portugis yang bernama Fransisco Serao, pada tahun 1540. Benteng ini dibangun Portugis sebagai pertahanannya dalam menguasai cengkih dan juga menguasai dominasinya di antara bangsa Eropa yang lain. Benteng ini diambil alih oleh Belanda pada tahun 1610 dan direnovasi oleh Pieter Both. Pada tahun 1864, oleh Residen P. van der Crab, benteng Tolukko dikosongkan karena sebagian bangunannya telah rusak.
https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/benteng-tolukko/

Benteng Tolukko, Ternate : indonesia

Benteng Tolukko Dengan Kisah Sejarah Indah Di Baliknya ...


Benteng keraton Buton, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara

Benteng Keraton Buton dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Buton III bernama La Sangaji yang bergelar Sultan Kaimuddin (1591-1596). Pada awalnya, benteng tersebut hanya dibangun dalam bentuk tumpukan batu yang disusun mengelilingi komplek istana dengan tujuan untuk mambuat pagar pembatas antara komplek istana dengan perkampungan masyarakat sekaligus sebagai benteng pertahanan.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Keraton_Buton

Benteng Keraton Buton, Benteng Terluas di Dunia

 

Inilah Benteng Terluas di Dunia dari Indonesia


Benteng Orange, Gorontalo, Sulawesi

Benteng ini didirikan oleh bangsa Portugis sekitar tahun 1630 untuk mempertahankan pesisir utara Gorontalo dari serangan bajak laut Mindanao (Philipine). JIka dilihat dari lokasinya dipinggir sungai Posso dan pantai Kwandang, maka benteng ini kemungkinan digunakan untuk menghalau bajak laut yang akan ke daratan melewati sungai Posso.
Awalnya bahan pembangunan benteng ini adalah menggunakan batu karang dan batu gunung yang direkatkan dengan kapur dan getah pelepah daun rumbia. Tetapi setelah Belanda menguasai benteng ini pada abad 18, benteng ini diperkuat dengan semen dan penambahan bangunan kecil diatas bukit sebagai tempat meriam.
http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/benteng-orange_gorontalo/

Menyelisik Situs Sejarah Benteng Oranye - kumparan.com

Struktur Bastion Baru Ditemukan di Benteng Orange, Gorontalo


Benteng Otanaha, Gorontalo, Sulawesi

Benteng ini dibangun sekitar tahun 1522. Benteng Otanaha terletak di atas sebuah bukit, dan memiliki 4 buah tempat persinggahan dan 348 buah anak tangga ke puncak sampai ke lokasi benteng. Jumlah anak tangga tidak sama untuk setiap persinggahan. Dari dasar ke tempat persinggahan I terdapat 52 anak tangga, ke persinggahan II terdapat 83 anak tangga, ke persinggahan III terdapat 53 anak tangga, dan ke persinggahan IV memiliki 89 anak tangga. Sementara ke area benteng terdapat 71 anak tangga, sehingga jumlah keseluruhan anak tangga yaitu 348.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Otanaha

Benteng Otanaha Gorontalo - Punya Indonesia (With images ...

Benteng Otanaha Gorontalo - Ninna Wiends


Benteng Somba Opu, Gowa, Sulawesi

Benteng Somba Opu adalah benteng peninggalan Kesultanan Gowa yang dibangun oleh Raja Gowa ke-9 Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna pada abad ke-16. Benteng ini terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Somba_Opu

 

Fort Somba Opu - Wikipedia


Benteng Rotterdam, Makasar, Sulawesi

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung . Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros.
Nama asli benteng ini adalah Benteng Ujung Pandang, biasa juga orang Gowa-Makassar menyebut benteng ini dengan sebutan Benteng Panyyua yang merupakan markas pasukan katak Kerajaan Gowa. Kerajaan Gowa-Tallo akhirnya menandatangani perjanjian Bungayya (18 November 1667) yang salah satu pasalnya mewajibkan Kerajaan Gowa untuk menyerahkan benteng ini kepada Belanda.
https://id.wikipedia.org/wiki/Fort_Rotterdam

Fort Rotterdam Makassar - Info Tiket Masuk dan Jam Buka

 


Benteng Tiworo, kab. Muna, Sulawesi

Bentgeng Tiworo adalah salah satu benteng peninggalan sejarah yang terletak di desa Tiworo kabupaten Muna. Menurut sejarah, benteng tiworo dibangun pada abad ke-16 oleh Raja Muna, yaitu La Ode Asmana. Pembuatan benteng ini dari bahan batu yang diangkat masyarakat dengan cara berjejer sepanjang 150 kilometer. Batu-batu yang digunakan untuk membuat Benteng Tiworo didatangkan dari Lokawoghe yang terletak di bagian Desa Tongkuno lama.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Tiworo

Benteng kerajaan Tiworo. FOTO - Awal Usa

 

 


Benteng Marlborough, kota Bengkulu, Sumatera

Benteng Marlborough adalah benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1714-1719 di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Benteng ini didirikan di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu dan memunggungi samudera Hindia. Benteng ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu; sehingga penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras. Mereka kemudian kembali tahun 1724 setelah diadakan perjanjian. Tahun 1793, serangan kembali dilancarkan. Pada insiden ini seorang opsir Inggris, Robert Hamilton, tewas. Dan kemudian pada tahun 1807, residen Thomas Parr juga tewas. Keduanya diperingati dengan pendirian monumen-monumen di kota Bengkulu oleh pemerintah Inggris.
Marlborough masih berfungsi sebagai benteng pertahanan hingga masa Hindia Belanda tahun 1825-1942.
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Marlborough

 

 


Benteng Kuta Batee, Aceh

Benteng Kuta Batee. Lokasinya ada di Gampong Meunasah Manyang, Meureudu, Pidie Jaya. Benteng ini dibangun di tahun 1620, oleh Sulthan Iskandar Muda, Raja Aceh. Meskipun sekarang tampak seperti tidak terawat, dulunya ini adalah benteng pertahanan yang dibuat dari batu dan putih telur yang dicampur tepung ketan, mengingat belum ada semen yang bisa dipergunakan.


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: