Keraton bekas kesultanan Pajang / Prov. Jawa Tengah

Keraton bekas kesultanan Pajang (1568-1586) kompleks keratonnya pada zaman ini tinggal tersisa berupa batas-batas fondasinya saja yang berada di perbatasan Kelurahan Pajang – Kota Surakarta dan Desa Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.


Kesultanan Pajang

– Kesultanan Pajang, 1568-1586: link
– Foto keraton Pajang: link


Sejarah keraton kesultanan Pajang

Kesultanan Pajang, 1568-1586: link

Joko Tingkir adalah pendiri sekaligus raja atau sultan pertama dari kesultanan atau kerajaan Pajang yang memerintah dari tahun 1568-1582 dengan nama Sultan Adiwijaya.

Tempat ini merupakan petilasan Kraton Kerajaan Pajang, tepatnya di kampung Pajang Kecamatan Kartasura. Di samping petilasan, terdapat aliran sungai yang menembus Sungai Bengawan Solo. Selain itu, beberapa peninggalan Kraton Pajang juga dapat dilihat di lokasi ini.

Keraton kesultanan Pajang terletak di Gang Benowo III Sonojiwan, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartosuro, Sukoharjo. Di dalamnya terdapat pendapa kecil yang menjadi lokasi peziarah beristirahat.
Kemudian ada pula Gapura Agung Padjang untuk masuk ke area ziarah, musala, taman sari, dan sumber air panguripan Tirtomulyo Sekar Kedaton.

Di petilasan itu juga terdapat kayu tua yang konon merupakan sisa rakit Joko Tingkir yang membawanya dari Tingkir menuju ke Bintoro Demak. Mengunjungi Keraton Pajang tak lengkap jika tak memahami asal usulnya.

– Foto keraton Pajang: link


Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: