Pudjananti, kerajaan / Prov. Sulawesi Tengah – kab. Donggala

Kerajaan Pudjananti, Donggala merupakan salah satu dari tiga kerajaan tua di Sulteng se-zaman Majapahit dan Singasari, yakni Kerajaan Banggai (Benggawi) dan Sigi.

The kingdom of Pudjananti, was located in the District Donggala, prov. Central Sulawesi. It was one of three old kingdoms during the kingdoms of Majapahit and Singasari. The other 2 old kingdoms were Banggai and Sigi.
For english, click here

Lokasi Kabupaten Donggala


* Foto foto Sulawesi dulu, suku Sulawesi dan situs kuno: link


Tentang kerajaan Pudjananti

Sumber dan di ambil dari: https://barrunews.wordpress.com/2010/11/28/wah-pujananting-dalam-epos-i-la-galigo-ternyata-bukan-di-barru/

Pudjananti, Donggala merupakan salah satu dari tiga kerajaan tua di Sulteng se-zaman Majapahit dan Singasari, yakni Kerajaan Banggai (Benggawi) dan kerajaan Sigi.

Dalam legenda sejarah mereka, Masyarakat Donggala meyakini bahwa daerah Ganti (Pujananti) adalah salah satu daerah jelajah Sawerigading hanya dengan pertimbangan bahwa orang Kaili dalam melafalkan suatu nama berakhiran “ng”, selalu tidak disebutkan, sehingga Pudjananting itulah disebut Pudjananti. Begitu pula sebutan Sawerigading dalam bahasa Bugis orang Kaili mengeja menjadi Sawerigadi dengan menghilangkan “ng”.

Sungguh sangat lucu ketika hanya dengan argumenasi seperti itu masyrakat Donggala dan Ganti tiba-tiba menggeneralisasi bahwa Pujanting yang dimaksud dalam Sureq Galigo adalah Pujananti di daerah mereka tanpa melihat runut otentiknya. Sementara ada ratusan lontarak atau naskah tua Sul-sel yang sangat valid bila bercerita Pujanating. Naskah Lontarak balusu atau perihal ajjatapreng saja sudah dapat mematahkan argumentasi diatas.


Peta-peta Sulawesi masa dulu

Untuk peta peta kuno (1606, 1633, 1683, 1700, 1757, 1872, abad ke-19): klik di sini

Peta Sulawesi dan Maluku, tahun 1683