Kamang, Nagari / Sumatera – Sum. Barat, wilayah Bukit Tinggi

Nagari Kamang terletak di Sumatera, prov. Sumatera Barat, Kabupaten Agam.
Terletak di wilayah Suku  Minangkabau.

Kabupaten Agam

Prov. Sumatera Barat


* Foto foto situs kuno dan suku-suku di Sumatera dan Sumatera dulu: link


Menurut tambo nagari, kata Ka­mang digunakan oleh penduduk yang datang pertama kali ke daerah ini dengan memberi nama kamang untuk pohon kayu besar tempat mereka berteduh. Versi lain menyebutkan kosa-kata itu diambil dari pertanyaan kepala rom­bongan kepada anggotanya, yaitu: “Kamanga awak lai?”. Untuk selan­jutnya disepakatilah wilayah ini dengan nama Nagari Kamang.
Diperkirakan rombongan pertama yang datang ke daerah ini (di Dusun Gobah) terjadi pada abad ke-XIV Masehi dimasa kejayaan Kerajaan Pagaruyuang, program yang merupakan perluasan pengaruh wilayah kerajaan. Nagari ini memiliki ciri-ciri geografis yang jelas, seperti dataran yang dibatasi oleh sungai atau batas alam (parit, parak rajo, dan aua baduri yang mirip benteng pertahanan) dengan nagari tetangga. Hingga saat ini batas-batas yang jelas dengan nagari bersebe­lahan masih dapat diketahui. Pemaha­man masyarakat nagari sekitar, seperti dari Magek, Salo, Kotobaru, Tilatang, Kamang,ter­masuk Bansa-Pauah (yang dalam tambo juga disebut Nagari Bukik).
– Sumber dan lengkap: https://nagarikamang.wordpress.com/2016/02/13/nagari-kamang-mudiak-dalam-kisah-nyata-dan-legenda/

Peta yang menunjukan wilayah penganut kebudayaan Minangkabau di pulau Sumatera.


Peta-peta kuno Sumatera

Untuk peta kuno Sumatera (1565, 1588, 1598, 1601, 1616, 1620, 1707, 1725, 1760), klik di sini

Sumatera, tahun 1707


Sumber

– Sejarah  Nagari Kamang: http://hirwanstsaidi.blogspot.nl/
– Sejarah Nagari Kamang: https://nagarikamang.wordpress.com/2016/02/13/nagari-kamang-mudiak-dalam-kisah-nyata-dan-legenda/


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: