Mataru, kerajaan / P. Alor – Prov. Nusa Tenggara Timur

Kerajaan Mataru terletak di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur.
Kerajaan ini digabungkan oleh Belanda pada 1932 menjadi kerajaan yang lebih besar.

The kingdom of Mataru is located on Alor Island, province of Nusa Tenggara Timur.
This kingdom was incorporated by the Dutch in 1932 into a larger empire
.

For english, click here

Lokasi pulau Alor

———————–
Lokasi Pulau Alor


Foto P. Alor

* Foto raja raja di pulau Alor: link
*
Foto suku suku di pulau Alor: link


KERAJAAN MATARU

Tentang raja sekarang (2020)

Tidak ada info tentang raja kerajaan Mataru sekarang.


Sejarah kerajaan Mataru

Umum

Sejarah mencatat bahwa kekuasaan Portugis di Alor hanya terbatas pada pengibaran bendera Portugis pada beberapa daerah pesisir. Misalnya, di Kui, Mataru, Batulolong, Kolana, dan Blagar. Begitu pula dengan Belanda pada awal menduduki Alor, hanya terbatas pada pengakuan atas penguasa-penguasa yang berada di pesisir sebagai raja-raja dan pada penempatan seorang Posthouder di Alor Kecil yang terlepat tepat di pintu teluk Kabola pada tahun 1861.
Dalam seputar 1910 -1916, Belanda begitu banyak mendapat tantangan dari rakyat Alor-Pantar. Kerajaan-kerajaan yang terkenal yang tak kurang membuat pusing Belanda seperti Kerajaan Bunga Bali, Kerajaan Kui, Kerajaan Kolana, Kerajaan Pureman, Kerajaan Mataru, Kerajaan Batulolong, Kerajaan Baranusa, Kerajaan Pandai, dan Kerajaan Blagar. Namun, Belanda dengan pisau devide et impera dan Korte Verklaring (Perjanjian Pendek) berhasil menaklukkan para raja tersebut.

P. Alor, 1300 M

P. Alor, 1300 M

Sejarah kerajaan Mataru

Sumber: https://www.facebook.com/dematrius.mautuka

Nenek moyang keluarga raja Mataru konon berasal dari Timor, dari kampung Wuka di sekitar Atapupu. Raja Mataru pertama yang menandatangani Deklarasi Timor adalah Raka Lakussi pada 4 September 1877, disetujui oleh keputusan pemerintah pada tanggal 7 Desember 1877, No. 7. Sebuah kontrak hak pertambangan ditandatangani pada tanggal 22 Juli 1898, dan deklarasi tentang pengenaan pajak pada tanggal 22 Agustus 1901.

Dengan keputusan pemerintah tanggal 12 Februari 1916, No. 4, penandatangan ini tanah yang bagus (3.400 jiwa) dibatalkan dan dimasukkan ke dalam tanah Kui. Ini penggabungan terjadi karena pengasingan Raja Thomas Solokale ke Sumatera akibat penindasan dilakukan padanya.

Tanah Kui awalnya hanya memiliki satu Kapitan, yaitu Kapitan Lerabaing. Nanti, di bawah Raja Taru Soma, yang disebut daerah Kalong (Probur) yang dibuat oleh Raja Alor klaim, dibawa ke bawah tanah Kui, dan kapitan-kapal Probur dipasang. Setelah penggabungan tanah Mataru itu dianggap sebagai kapal kapitan. Jadi seorang dari Lerabaing diangkat menjadi Kapitan. Kemudian Raja Thomas Solokale yang diasingkan adalah sekali lagi diangkat menjadi Kapitan. Selama perang ia digulingkan dan digantikan oleh Balsasar Sukorkoli, seseorang dari keluarga mantan Kapitan Mataru.

Kapitan Probur saat ini milik keluarga utama Mataraben, salah satu ori kampung ginal (ibu), dan karena itu ia memiliki pengaruh yang cukup besar.

Sumber: Prof. Dr. Hans Hagerdal, peneliti sejarah budaya asal Swedia.
Naskah Asli Prof. Dr. Hans Hagerdal.


DAFTAR DAN SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN DI P. ALOR

Untuk daftar dan sejarah kerajaan-kerajaan di P. Alor, klik di sini

Lokasi “The landschappen” di pulau Alor tahun 1918. Sumber: Stokhof 1984. Landschap adalah distrik saat pemerintahan colonial belanda. Distrik ini sering ikut perbatasan kerajaan sebelumnya

Alor - Lokasi The landschappen di pulau Alor tahun 1918. Sumber Stokhof 1984.


Sumber sejarah kerajaan-kerajaan di P. Alor

– Sejarah kerajaan-kerajaan di P. Alor: http://inihari.co/blog/
– Sejarah kerajaan-kerajaan di P. Alor: https://id.wikipedia.org/
– Sejarah kerajaan-kerajaan di P. Alor: http://alorkab.go.id/

Suku Abui: http://suku-dunia.blogspot.com/
– Suku Abui: https://phinemo.com/

– Aliansi Galiau: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/pantar-island/galiau-5-lima-kerajaan-pantar-dan-alor-p-pantar-dan-p-alor-nusa-tenggara-timur/


Peta kuno Kepaulauan Sunda Kecil

Kepaulauan Sunda Kecil 1602

———————————

Kepaulauan Sunda Kecil 1748 (Alor = I. Omba)


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: