Ullath, negeri / P. Saparua – prov. Maluku

Negeri Ullath berteung Beilohy Amalatu, terletak di pulau Saparua, kec. Saparua, Kab. Maluku Tengah, prov. Maluku.
Ullath, kadang ditulis dan dieja sebagai Ulat, Ulathe, Ullat atau Ulath merupakan salah satu Negeri yang termasuk ke dalam wilayah kecamatan Saparua, Maluku Tengah.
Negeri ini beragama Kristen.

Lokasi pulau Saparua

——————–

Lokasi Pulau Saparua

——————–
Lokasi negeri Ullath


* Foto-foto Tiang marga negeri Ullath: link
* Video Negeri Ullath (2015): link
* Video Negeri Ullath: link

* Foto Ambon masa dulu: link
* Foto Maluku masa dulu: link
* Foto Baileo di Maluku: link
* Foto tarian Cakalele: link
* Foto suku Alifuri dulu dan sekarang: link
* Foto suku Tanimbar dulu dan sekarang: link
* Foto situs kuno di Maluku: link


Nederlands (bah. belanda)

* Klik Molukken en Nederland voor:
– lijsten met marga’s en negeri’s,
– zoekmachine voor marga’s,
– informatie over Molukkers in Nederland en molukse onderwerpen.


Tentang raja negeri Ullath

Sebagai sebuah negeri atau desa adat, Ullath dipimpin oleh seorang raja yang berkedudukan layaknya kepala desa. Jabatan raja di Ullath dipangku oleh fam (matarumah parentah) Nikijuluw. Raja Ullath saat ini adalah Abraham William Nikijuluw.


Baileo negeru Ullath “Oemso Malopi Mawana”

Rumah Baileo adalah rumah adat Maluku dan Maluku Utara. Rumah Baileo merupakan representasi kebudayaan Maluku dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Rumah Baileo adalah identitas setiap negeri di Maluku selain Masjid atau Gereja. Baileo berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda suci, tempat upacara adat, sekaligus sebagai balai warga.
Lantai baileo dibuat tinggi karena dipercaya agar roh-roh nenek moyang memiliki tempat dan derajat yang tinggi dari tempat berdirinya masyarakat. Dan agar masyarakat tahu permusyawaratan yang berlangsung di balai.
– Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_baileo
* https://kangapip.com/rumah-adat-maluku/

Baileo dan gereja negeri Ullath


Sejarah negeri Ullath

Ullath ternyata memiliki leluhur dari 2 pihak yaitu:

  1. Sebagian orang Ullath berasal dari keturunan Suku Nuaulu di Seram Selatan di kampung bersejarah bernama Ulahano, akibatnya terjadilah gandong Iha-Tuhaha-Ullath. Moyang Ullath adalah Abdullah Nekaulu yang nantinya menurunkan fam Nikijuluw di Ullath serta fam Nengkelwa di Kulur. Abdullah Nekaulu moyang Ullath merupakan adik dari Kasim yang merupakan moyang Iha dan Tasim yang merupakan moyang Tuhaha (menurunkan fam Aipassa).
  2. Sebagian orang Ullath berasal dari keturunan orang Buano di Seram Barat, akibatnya terjadilah gandong Buano-Oma-Ullath yang nantinya diperkuat dengan ikatan pela batu karang. Kapitan Siwabessy moyang Ullath juga merupakan adik kapitan Ririasa yang merupakan moyang Oma, keduanya berasal dari negeri bernama Buano.

Negeri Ullath tercatat dalam sejarah kekristenan di Maluku sebagai negeri pertama yang menerima Injil di pulau Saparua pada tahun 1670 yang kemudian diikuti oleh negeri Booi.
– Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ullath,_Saparua,_Maluku_Tengah

Gapura Maso Negeri Ullath


Negeri Lama

Masyarakat Ullath pada awalnya tidak mendiami daerah pesisir melainkan membangun permukiman-permukiman di pegunungan. Permukiman tersebut yang dikenal dengan sebutan amano, uku, atau hena yang sering diterjemahkan sebagai negeri lama.
Ullath memiliki enam negeri lama, yakni sebagai berikut.

Negeri Italili
Italili adalah satu dari negeri lama Ullath dan berperan sebagai negeri induk atau negeri utama. Nama Italili menurut adat orang Ullath bermakna guntur kilat karena pada masa awal pendiriannya dilakukan saat terjadi guntur dan kilat. Italili berbatasan dengan tanah petuanan dari Tuhaha dan Itawaka. Pada masa lalu juga berbatasan dengan petuanan Kerajaan Iha yang runtuh dan tanahnya dibagi-bagi pasca kekalahan dalam Perang Iha. Fam yang mendiami Italili adalah Pattipeilohy atau raja Beilohy (Ullath) yang berkedudukan sebagai raja di gunung.

Negeri Amahatu
Amahatu secara bahasa bermakna negeri yang didirikan di tempat berbatu. Fam yang mendiami Amahatu adalah Sapulette. Fam ini sampai sekarang memiliki tanah dati atau dusun yang luas dibanding fam-fam lain. Selain itu, Abdullah Nekaulu yang merupakan moyang fam Nikijuluw bergabung dengan fam Sapulette dan tinggal di Amahatu. Amahatu adalah negeri lama yang paling tua dan paling luas wilayahnya. Posisi Amahatu berada di ketinggian dan dikelilingi oleh jurang-jurang sehingga menyulitkan serangan dari pihak musuh.

Negeri Soupake
Soupake adalah salah satu negeri lama Ullath dan dianggap yang sebagai yang paling keramat. Nama Soupake bermakna tempat berpakaian. Tempat berpakaian ini kemudian diartikan sebagai negeri yang didiami oleh orang-orang besar dengan jubah atau pakaian kebesaran seperti kapitan dan malesi-nya serta mauweng. Soupake tidak terlalu luas. Negeri ini didiami oleh fam Pattimanuwae (Patty)

Negeri Yalesi
Yalesi adalah salah satu negeri lama Ullath dan wilayahnya sangat kecil. Diduga sebagai negeri lama yang paling muda dan paling akhir dibangun. Yalesi secara bahasa berarti sisa.

Negeri Nokau
Nama Nokau berasal dari kata no yang berarti enam dan kaul yang berarti ipar. Nokau diduga didirikan oleh orang-orang yang masih berkeluarga dan beripar satu sama lain.

Negeri Putimahu
Putimahu adalah salah satu negeri lama Ullath. Tanahnya berupa kapur dan bekas karang sehingga tampak memutih. Putimahu disebut kurang subur dibanding negeri-negeri lama yang lain.

Baileo negeri Ullath


Pemerintahan dan masyarakat negeri Ullath

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ullath,_Saparua,_Maluku_Tengah#Raja

Pemerintahan negeri Ullath terdiri atas:

1) Raja,
2) Soa,
3) Marinyo,
4) Kewang,
5) Saniri  Negeri.
6) Fam di Ullath

Negeri Ullath memiliki sistem pemerintahan sendiri sebagaimana halnya negeri-negeri adat lain di wilayah Maluku:

Raja

Fam atau marga pemangku jabatan raja atau kepala negeri (semacam kepala desa) di negeri Ullath adalah Latu Nekaulu yang lebih terkenal sebagai fam Nikijuluw. Fam Nikijuluw mengambil alih jabatan raja atau kepala negeri dari tangan fam Pattipeilohy pada tahun 1670 dikarenakan sebuah masalah yaitu perjanjian damai Ullath dengan VOC.

Sebelum pemangku jabatan raja negeri Ullath diserahkan pada fam Nikijuluw(Latu Nekaulu), keturunan langsung moyang Ullath Abdullah Nekaulu maka pemangku jabatan raja negeri Ullath ialah fam Pattipeilohy. Fam Pattipeilohy telah berkuasa sebagai raja empat negeri lama Amahani, Amelhatu, Italili dan Soupake sejak beratus-ratus tahun lamanya sampai dengan tahun 1670. Kekecewaan besar dari fam ini terhadap hasil perjanjian damai VOC-Ullath menyebabkan mereka tidak mau lagi memangku jabatan raja di negeri baru sehingga dicarilah fam yang paling tepat sebagai pemangku jabatan raja.

Soa

Ullath sebagaimana negeri adat lain di Maluku tentunya memiliki kelompok-kelompok soa yang masing-masing memiliki kepala atau ketua soa sendiri. Berikut adalah kepala-kepala soa di Ullath:

  1. Pical, kepala soa Raja
  2. Siwabessy, kepala soa Hatulessy
  3. Supusepa, kepala soa Italili
  4. Telehala, kepala soa Rumaila
  5. Toisuta, kepala soa Soulisa
  6. Toumahuw, kepala soa Putimahu

Foto  hari tjerita-hari tjerita sejarah negeri Ullath di Bemmel pada tanggal 26 mai 1990.

foto- hari tjerita-hari tjerita sedjarah negeri Ullath di Bemmel pada tanggal 26 mai 1990.

Marinyo

Negeri-negeri adat Maluku di wilayah Ambon, Haruku, Nusalaut, Saparua, Seram bagian barat, Seram bagian timur, Pulau Buano, Pulau Kelang dan Pulau Manipa umumnya mengenal suatu jabatan adat yang bernama Marinyo.

Marinyo secara bahasa berarti polisi atau polisis adat, namun dalam konteks keseharian di negeri-negeri adat di Maluku marinyo didefinisikan sebagai juru bicara raja kepada rakyatnya atau kepada negeri lain. Tugas marinyo antara lain mengumpulkan warga ketika akan dilangsungkannya upacara bendera, natal bersama, makan bersama, meja kasiang, bersih-bersih negeri, lomba HUT RI 17 agustus-an dan ketika ada hal-hal gawat.

Kewang

Kewang adalah suatu jabatan dalam tradisi Maluku yang tugasnya adalah melakukan perlindungan dan konservasi terhadap SDA (Sumber Daya Alam) yang ada di negeri yang bersangkutan.

Kewang bertanggungjawab terhadap Tuhan, raja negeri dan rakyatnya. Beban pemeliharaan kelestarian dan kebersihan negeri berada di pundak anggota-anggota kewang. Kewang secara umum dibagi atas kewang darat dan kewang laut. Perbedaan kedua jenis kewang ini adalah wilayah operasi konservasi dan perlindungan, bilamana kewang darat bertugas melakukan konservasi atas SDA (Sumber Daya Alam) di darat seperti mensasi sumber air, mensasi hutan bambu dll. sedangkan kewang laut bertugas melakukan konservasi atas SD (Sumber Daya Alam) di laut seperti mensasi populasi ikan, mensasi terumbu karang, mensasi pantai dll.

Saniri Negeri

Seperti negeri-negeri lain di Maluku pada umumnya dan negeri-negeri lain di Ambon, Haruku, Saparua, Nusalaut dan Seram khususnya, Ullath mempunyai badan legislatif semacam parlemennya tersendiri yang mengurusi perkara pemerintahan sekaligus adat dalam negeri. Badan legislatif negeri ini dikenal sebagai Saniri Negeri. Saniri negeri memiliki anggota berupa 1 orang perwakilan dari setiap fam-fam atau marga-marga asli di negeri yang bersangkutan (dalam hal ini Ullath) atau perwakllan dari fam-fam menetap (pendatang) yang sudah memiliki dan memakan hak fam atau marga asli seperti fam Matheos, Matulessy dan Picauli.

Fam di negeri Ullath

Fam atau marga yang berdiam di negeri Ullath terbagi atas fam asli negeri atau fam ana negeri (Bahasa Indonesia: Anak desa) dan fam pendatang yang datang dari negeri lain dan menetap di Ullath atau fam orang dagang (Bahasa Indonesia: Orang pendatang).

Warga Negeri Ullath, Saparua pada Jumat (9/5/2014) secara gotong royong memasang atap baru baileo (tempat pertemuan adat). Ritual Tutup Baileo ini diselenggarakan setiap tiga tahun untuk mengganti atap yang mulai rusak. Foto John Nikita Sahusilawane


Fam, SOA dan Pela / Gandong negeri Ullath

 – Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ullath,_Saparua_Timur,_Maluku_Tengah#Soa

1) Fam

Fam-fam Asli

Fam-fam asli atau disebut pula ana negeri adalah fam yang merupakan keturunan para penghuni negeri lama Ullath sebelum turun ke pantai. Berikut fam atau marga asli di negeri Ullath:
Hakamoly (Hakamoli), fam ini dinyatakan punah
Latul (Latumutuane)
Lawalata
Lekasila, fam ini dinyatakan punah
Lilihua, fam ini dinyatakan punah
Litaay
Lusikooy
Maail
Manukiley
Nikijuluw (Latu Nekaulu)
Pattipeilohy
Patty
Pical
Sahetapy, fam ini dinyatakan punah
Sapulette
Siwabessy (Pesisamalo)
Soulisabessy, fam ini dinyatakan punah
Supusepa
Telehala (Parinusalatu)
Toisuta (Lilihuapelu)
Toumahuw (Newotolulu)
Tulalesia, fam ini dinyatakan punah.

Fam-fam Pendatang

Fam-fam pendatang atau disebut pula orang dagang adalah fam dari negeri-negeri lain yang telah tinggal dan menetap di Ullath untuk jangka waktu yang cukup lama. Berikut fam atau marga pendatang di negeri Ullath:
Ahuluheluw
Latuharhary
Latumaerissa
Latumahina
Latumalea
Loupatty
Lumalesil
Manuhutu
Manuoutty
Matheos
Matulessy
Molle
Paaijs
Parinusa
Pattirua
Picauli
Pieter
Siahaya

2) SOA

Berikut adalah soa yang ada di Ullath dan fam (matarumah) yang memegang jabatan sebagai kepala soa:

Soa Hatulessy
Lawalata
Maail
Manuputty
Siwabessy (Pesisamalo), berkedudukan sebagai kepala soa Hatulessy

Soa Italili
Manuputty
Pattipeilohy (Salayakapatty), berkedudukan sebagai kepala soa Italili
Supusepa

Soa Putimahu
Litaay
Manukiley
Toumahuw (Newotoulu), berkedudukan sebagai kepala soa Putimahu

Soa Raja
Latul (Latumutuane)
Manuputty
Matheos
Parinusa
Pical, berkedudukan sebagai kepala soa Raja

Soa Tomalela
Johannes
Paais
Manuhutu
Sapulette
Telehala (Parinusalatu), berkedudukan sebagai kepala soa Tomalela

Soa Soulisa
Ahuluhelu
Toisuta (Lilihuapelu), berkedudukan sebagai kepala soa Soulisa

Foto-foto Tiang marga negeri Ullath: link

3) Pela dan Gandong

Pela
Ullath secara adat memiliki 3 buah persekutuan Pela yang diikat dengan negeri Oma (Negeri Kristen), Wassu (Negeri Kristen) dan Buano (Negeri Islam).

Gandong
Ullath secara adat memiliki 5 buah hubungan gandong dan terikat darah atas negeri Tuhaha (Negeri Kristen), Iha (Negeri Islam), Oma (Negeri Kristen), Itawaka (Negeri Kristen) dan Buano (Negeri Islam).

Tiang fam (marga) Toisuta di Balai adat Ullath. Foto-foto Tiang marga negeri Ullath: link

Tiang fam (marga) Toisuta di Balai adat Ullath


Subjek penting budaya Maluku

1) Penjelasan Baileo negeri Maluku
2) Foto foto Baileo di Maluku
3) Penjelasan Pela dan Gandong
4) Penjelasan Panas Pela
5) Struktur pemerintahan dan masyarakat negeri Maluku
6) Penjelasan Fam, marga dan SOA
7) Lain

Untuk subjek penting, klik di sini


Sumber

Ullath

– Sejarah, pemerintahan negeri Ullath dll: https://id.wikipedia.org/wiki/Ullath,_Saparua,_Maluku_Tengah
– Sejarah negeri Ullath: http://juliansoplanit.blogspot.co.id/2011/12/negeri-ullath.html
– Acara Adat Upu di negeri Ullath: http://malukulease.blogspot.co.id/2011/03/tradisi-adat-upu-di-ullath.html
– Tentang negeri Ullath: http://wikimapia.org/30681099/id/Negeri-Ullath-Beilohy-Amalatu
——————–

– Sumber daftar Pela dan Gandong: Atlas Maluku
– Sumber daftar Pela dan Gandong: Kumpulan Pela dan Gandong
– Sumber daftar Pela dan Gandong: Nunusaku.com

– Daftar nama matarumah dan negeri di Maluku: nunusaku.com/pdfs
– Daftar Negeri di Maluku, dan Matarumah: nunusaku.com/pdfs

– Penjelasan Pela dan Gandong: http://pelagandong.blogspot.com/2013/05/pengertian-pela-dan-gandong-sebagai.html
– Penjelasan Pela dan Gandong: https://id.wikipedia.org/wiki/Pela
– Penjelasan Pela dan Gandong: http://historymaluku.blogspot.com/2016/06/pela-gandong-hanya-di-maluku.html

– Struktur pemerintahan dan masyarakat Negeri di Maluku: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/maluku/struktur-pemerintahan-dan-masyarakat-negeri-maluku/
Sejarah Maluku: http://pelangimaluku.blogspot.co.id/2008/05/sejarah-maluku.html
– Sejarah Maluku: http://juliansoplanit.blogspot.co.id/2011/03/maluku-merupakan-salah-satu-propinsi.html
Sejarah Maluku: https://singalodaya.wordpress.com/2009/10/07/sejarah-maluku/comment-page-1/
.
Suku di Maluku: http://protomalayans.blogspot.co.id/2012/08/suku-di-maluku.html
– Suku di Maluku: http://www.lasamahu.com/2011/06/mengenal-suku-maluku-dari-dekat.html
– Asal usul penduduk Maluku:
http://www.angelfire.com/home/SiAPAPorto/asal_usul_mal.htm


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: