Tumapel, kerajaan / Jawa Timur

Kerajaan Tumapel, didirikan tahun 1222. Kerajaan Tumapel ubah nama menjadi Kerajaan Singhasari.
Lihat pula: Kerajaan Singhasari

The kingdom of Tumapel, was founded in 1222. The official name of the Singhasari Kingdom is the Tumapel Kingdom. Located on East Jawa.
See Kingdom of Singhasari.
For english, click here

Lokasi Provinsi Jawa Timur


* Foto sultan dan raja, yang masih ada di Jawa: link
* Foto keraton di Jawa, yang masih ada: link
* Foto Batavia (Jakarta) masa dulu: link

* Foto Jawa masa dulu: link
* Penyerbuan Batavia oleh Sultan Agung, 1628/1628: link
* Foto perang Diponegoro, 1825: link

* Foto situs kuno di Jawa: link


Sejarah kerajaan Tumapel kemudian menjadi kerajaan Singhasari, abad ke-13

I – Garis sejarah kerajaan Jawa: link
II – Sejarah kerajaan Tumapel

Lihat pula: Kerajaan Singhasari

Sri Maharaja Kertajaya atau Raja Kertajaya, raja terakhir dari Kerajaan Kediri yang memerintah sejak 1194-1222. Pada akhir pemerintahannya, Kertajaya dikalahkan Ken Arok dari Tumapel atau Singasari. Kekalahan itu menandai berakhirnya masa Kerajaan Kediri.

Mengenai berdirinya Kerajaan Kediri. Pada awal berdiri, perang saudara membuat Kediri tidak stabil sehingga tidak diketahui perkembangannya. Lalu, Kerajaan Kediri kembali muncul dalam sejarah pada 1117. Saat itu Kediri berdiri di bawah kepemimpinan Sri Bameswara yang kemudian digantikan Jayabaya, yang mana mengalami masa kejayaan.

Melansir Historia, Selasa, 30 Juni 2020, Kertajaya diketahui menjadi raja terakhir Kediri dan salah satu raja terkejam dalam sejarah. Selain memimpin dengan kejam, ia dikenal kurang bijaksana. Kertajaya kerap mengaku dirinya sebagai dewa, yang mana membuatnya membenarkan segala tindakan kejam yang dilakukan.

Pada satu waktu, Kertajaya membuktikan dirinya adalah dewa dengan duduk di atas tombak tanpa terluka sedikit pun. Kertajaya memaksa para brahmana dan rakyat untuk menyembahnya, sesumbar mengatakan hanya Dewa Syiwalah yang mampu menaklukkannya.

Kertajaya tak segan menyiksa para Brahmana yang menolak menyembahnya. Penyiksaan akan dihentikan jika mereka mengakui sifat dewa Kertajaya. Jika tidak, mereka akan terus disiksa hingga meregang nyawa.

Lokasi kerajaan Tumapel

Keruntuhan Kediri

Merasa tindakan raja di luar nalar, para Brahmana kabur dari Kerajaan Kediri. Mereka juga mendakwahkan kesesatan Kertajaya pada setiap orang yang ditemui di perjalanan. Para Brahmana akhirnya pergi ke Tumapel dan meminta bantuan akuwu (bupati) yang saat itu dijabat oleh Ken Arok.

Dibantu Ken Arok, para Brahmana merencanakan pemberontakan terhadap Kertajaya. Brahmana juga memengaruhi rakyat untuk bersama Ken Arok menumbangkan Kertajaya. Saat itu Ken Arok juga ingin memerdekakan Tumapel dari kekuasaan Kediri.

Mengetahui serangan yang direncanakan Tumapel, Raja Kertajaya mengirimkan pasukan. Namun, atas dukungan Brahmana dan rakyat, Tumapel berhasil melumpuhkan pasukan Kertajaya. Tumapel bahkan mengirim serangan balik ke Ibu Kota Kerajaan Kediri. Lewat serangan itu, Tumapel berhasil menguasai seluruh Ibu Kota Kerajaan Kediri. Ken Arok diketahui berhasil membunuh Kertajaya. Kerajaan Kediri pun runtuh.

Otomatis, seluruh Kerajaan Kediri jatuh ke tangan Tumapel. Ken Arok lalu mengubah Tumapel menjadi Kerajaan Singasari. Sementara, Kertajaya yang memimpin dengan kecongakan harus terguling akibat kecongakan itu sendiri.


Sumber

– Kerajaan Tumapel: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Singhasari
– Kerajaan Tumapel: https://voi.id/memori/8048/runtuhnya-kertajaya-dan-kerajaan-kediri-digulung-para-brahmana
– Kerajaan Tumapel: https://www.merdeka.com/pendidikan/ken-arok-sang-penakluk-kerajaan-kediri-di-jawa-timur.html


Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: