Suku Bauzi – Papua

Suku Bauzi biasa juga disebut orang Bauji, Bauri atau Baudi. Kelompok ini berdiam dalam wilayah Kecamatan Waropen Atas di sebelah barat sungai Membrano, Kabupaten Yapen Waropen.

Lokasi Kabupaten Yapen Waropen


Tentang Suku Bauzi

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa

Ada perkiraan jumlah mereka sebanyak 1.000 jiwa di antara 5.000 jiwa penduduk Kecamatan Waropen Atas (1990). Orang Bauzi atau Baudi adalah penutur bahasa yang namanya bahasa Bauzi juga.
Orang Bauzi ini sering juga dinamakan orang sebagai “suku laki” karena jumlah laki-lakinya jauh lebih banyak dari pada perempuan, yang konon 10 banding 1.
Karena itu kaum laki-lakinya orang Bauzi menjadi “haus” akan perempuan dan sering terjadi tindakan-tindakan kekerasan terhadap kaum perempuan tersebut.Ada informasi bila seorang bayi perempuan lahir dalam suku Bauzi, orang laki-laki saling mendahului membayarnya dengan sejumlah babi. Pada umur baru lima tahun sudah diambil dari orang tuanya menjadi “istri”.
Kelompok ini hidup mengembara di tengah lingkungan rawa berlumpur dengan hutan tropis yang lebat. Mereka hidup dengan mata pencaharian berburu dan meramu. Alat yang digunakan hanya berupa panah dan dengan bantuan anjing dalam berburu.
.

Sumber



 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: