* FOTO Mahkota kerajaan di indonesia

Mahkota Kesultanan Banten

Mahkota Sultan Banten berdiameter 20 cm dan tinggi 17 cm tersimpan di Museum Nasional dengan nomor inventaris E. 619. Mahkota ini dibuat dari emas dengan dihiasi batu mirah, berlian, batu emerald, dan mutiara.

Sajarah Banten: Mahkota Sultan Banten

————————————–

Mahkota kesultanan Bima

Salah satu peninggalan yang berharga dari Kerajaan dan Kesultanan Bima adalah Mahkota kerajaan yang terbuat dari lapisan Emas dan Berlian. Dibuat pada abat ke 18 pada masa pemerintahan Sultan Abdul Hamid Muhammad Syah Dzifullah Fil Alam (1773 – 1817 M). Sultan Bima ke-9.

Bima, kesultanan / P. Sumbawa – Prov. Nusa Tenggara Barat ...

————————————–

Mahkota Kerajaan Gasib, Sumatera

————————————–

Mahkota Kesultanan Gowa, Sulawesi

Terbuat dari perak sepuh emas, berbentuk Kuncup Bunga Teratai yang mempunyai kelopak daun sebanyak 5 (lima) helai diberi permata putih, hijau dan merah, digunakan sebagai Mahkota Kerajaan Gowa oleh Raja pada waktu pelantikan. Berdasarkan mitologi orang Gowa bahwa atribut kerajaan ini muncul bersamaan dengan ManurungngA (To Manurung) yaitu orang yang turun dari langit diutus menjadi pemimpin di Tana Gowa yang menjelma di Tamalate, kemudian dilantik menjadi Raja Gowa I sekitar abad ke-13.

 

————————————–

Mahkota kerajaan Kabaena, Sulawesi

Mahkota Mokole (Raja) Kobaena setelah menjadi Kerajaan Islam. Raja tetap di sebut Mokole.

Kesultanan dan Kerajaan di Indonesia

————————————–

Mahkota Kerajaan Kahuripan, Jawa

Mahkota ini dibuat sekitar abad-10, terbuat dari Emas dan Batu Mulia. Elemen khas yang dimiliki oleh Kerajaan Kahuripan (Jawa Timur). Mahkota ini ditemukan di dekat pesarean gondo mayit segoro kidul Jawa timur.

————————————–

Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Ketopong atau Mahkota Sultan Kutai Kartanegara terbuat dari emas yang dihiasi dengan batu-batu permata. Bentuk mahkota brunjungan dan bagian muka berbentuk meru bertingkat, dihiasi dengan motif ikal atau spiral yang dikombinasikan dengan motif sulur. Hiasan belakang berupa garuda mungkur berhiaskan ukiran motif bunga, kijang dan burung.

Ketopong Sultan Kutai

————————————–

Mahkota Kerajaan Majapahit, Jawa

Ada beberapa mahkota yang disebut-sebut sebagai peninggalan kerajaan Majapahit, salah satunya adalah yang dipegang dan dimiliki oleh Brahmaraja XI yang telah menobatkan dirinya menjadi raja Majapahit-Bali.

https://sultansinindonesieblog.files.wordpress.com/2020/06/19e78-mahkota-majapahit-pertemuan.jpg

————————————–

Mahkota Ulun Umbul, Kerajaan Majapahit, Jawa

Mahkota Ulun Umbul yang diduga merupakan mahkota Hayam Wuruk yang ditemukan di Kampung Leuwidulang, Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Tatar Pasundan. Selain itu terdapat juga sebuah tongkat bermotif burung Galudra (Garuda). Artefak tersebut kini tersimpan di lemari kaca ruang Kepala Sekolah SMA Pasundan Majalaya.

————————————–

Mahkota Kerajaan Pajajaran Binokasih Sanghyang Pake, Jawa

Terkait polemik perebutan Mahkota Binokasih (Makuta Binokasih Sanghyang Pake), antara Sumedang (Sumedang Larang) dan Ciamis (Galuh), secara kedaerahan tidak ada masalah disimpan dimanapun, asal masih di tanah Sunda. Namun, perebutan mahkota warisan kerajaan Sunda antara kedua belah pihak itu, menandakan kelemahan Sunda.
Mahkota itu merupakan salah satu simbol dan peninggalan kerajaan Padjadjaran (Sunda). Kini masih tersimpan dalam lemari kaca berlempeng besi menjadi daya tarik pengunjung yang datang ke Museum Geusan Ulun Sumedang.

Makuta Binokasih Sanghyang Pake, Lambang Kejayaan Raja Pajajaran

————————————–

Mahkota kesultanan Siak Sri Indrapur, Riau

Mahkota ini berasal dari keluarga kesultanan Siak Sri Indrapura di Riau. Dibuat dari emas dan dihiasi permata berlian dan mirah, bermotif filigri dengan berbagai teknik. Setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1945, Sultan Syarif Kasim II menyatakan kedaulatannya dan tunduk kepada pemerintah RI dan memberikan mahkotanya kepada pemerintah RI untuk kemudian diserahkan dan dipamerkan di Museum Nasional.

Mahkota Emas di Museum Gajah - Foto Liputan6.com

 

————————————–

Mahkota Kesultanan Ternate, Maluku

Mahkota itu terbuat dari rambut, lempengan emas, dan dihiasi oleh kurang lebih 113 batu permata. Batu permata itu antara lain safir, intan, berlian, zamrud, dan batu-batu dari seluruh penjuru dunia.
Keunikan dari mahkota ini adalah rambut yang senantiasa memanjang. Sehingga selalu dilakukan ritual pemotongan rambut, biasanya bertepatan dengan hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban.

Mahkota Ajaib di Ternate Sesakti Topi Seleksi Harry Potter ...

————————————–

Mahkota Kesultanan Tidore, Maluku

Mahkota Sultan Tidore ini memilik sejarah yang panjang yang mungkin sudah berabad-abad. dan mahkota sultan Tidore yang memiliki rambut yang bisa panjang dengan sendirinya dan juga di kelilinggi berbagai batu permata dan emas yang asli. mahkota sultan tidore di simpan di Kraton Kota Tidore, untuk memakai mahkota tersebut hanya pada waktu tertentu dan acara tertentu.
Mahkota sultan Tidore selalu melakukan ritual setiap malam jumat, dan yang melakukan ritual tersebut hanya orang yang tertentu atau orang yang terpilih dalam kerajaan Kota Tidore.

Kesultanan Tidore, P. Tidore (barat P. Halmahera), Maluku … | Flickr

————————————–

Mahkota kesultanan Bacan, Maluku

Kisah Mahkota Keramat Sultan Bacan

————————————–

Mahkota Kerajaan Singaraja, Bali

Peninggalan dari kerajaan ini yang masih ada hingga sekarang adalah Mahkota yang dipakai oleh ratu. Kemungkinan besar, mahkota ini dibuat pada abad ke-19 saat Belanda mulai memasuki Bali. Mahkota yang indah ini terbuat dari emas, rubi, safir, dan permata. Saat ini mahkota yang berharga ini tersimpan di The Museum of Fine Arts, Houston, Amerika.

mahkota ratu Kerajaan Singaraja [image source]

————————————–

Mahkota Raja Bokeo Mburi, kerajaan Mekongga, Sulawesi

————————————–

Mahkota kerajaan Wajo, Sulawesi


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: