Kalao, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan – Kep. Selayar, P. Kalao

Kerajaan Kalao adalah kerajaan di pulau Kalao, Sulawesi Selatan, Kab. Kepulauan Selayar. Kerajaan Kalao terbentuk tahun 1667.

The kingdom of Kalao was a  kingdom, located on the island of Kalao,prov. of Sulawesi Selatan, Kab. Kepulauan Selayar. This kingdom was founded in 1667.
For english, click here

Lokasi pulau Kalao, Kab. Kepulauan Selayar


Garis kerajaan-kerajaan di Sulawesi: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sulawesi

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sulawesi: link
* Foto sultan dan raja di Sulawesi dulu: link
* Foto situs kuno di Sulawesi: link


Video sejarah kerajaan-kerajaan di Sulawesi

– Video sejarah kerajaan2 di Sulawesi, 40.000 SM – 2018: link
– Video sejarah kerajaan2 di Sulawesi Selatan, 1M – 2020: link
– Video sejarah kerajaan2 di Sulawesi Tenggara, 50.000 SM – 2020: link
– Video sejarah kerajaan2 di Sulawesi Utara, 4000 SM – sekarang: link


KERAJAAN KALAO

Sejarah kerajaan Kalao

Kerajaan Kalao terbentuk tahun 1667.
Tidak ada info tentang kerajaan ini.

Sejarah pulau Kalao

Wilayah Kepulauan Selayar telah tercatat pada abad ke-13 dalam Negarakertagama dan perdagangan di wilayah ini telah berlangsung sejak sebelum masa itu. Pulau Kalaotoa disebut sebagai salah satu tempat persinggahan Sipajonga dan para pengikutnya dalam perjalanan mereka dari Semenanjung Melayu menuju Buton pada tahun 1236. Sipajonga adalah salah satu dari empat Mia Patamiana yang dikisahkan mendirikan Kerajaan Buton. Perairan di sekitar Pulau Kalaotoa diperkirakan menjadi tempat karamnya kapal Ocean milik armada Perusahaan Hindia Timur Britania (VOC) tahun 1797 pada Insiden Selat Bali. Para awak yang selamat berkemah di pulau namun sekitar dua minggu kemudian diserang oleh penduduk setempat dan tiga hari kemudian, mereka meninggalkan Kalaotoa.

Bajak laut di Asia Tenggara pada abad ke-19 bisa memiliki suplai kebutuhan mereka sendiri yang tempatnya dirahasiakan. Belanda yang kala itu memburu para bajak laut melakukan ekspedisi pada tahun 1845 ke Pulau Kalaotoa dan menemukan timbunan padi, jagung, dan lada yang disembunyikan oleh bajak laut di dalam lubang-lubang di dalam hutan. Ditemukan pula dua buah perahu yang hampir jadi yang ditutupi dahan pohon kering serta tanda silang dari bambu yang ditancapkan di pohon dan diarahkan ke timur laut sebagai tanda sandi arah mereka melarikan diri. Pada tahun 1919, Pulau Kalaotoa termasuk ke dalam daerah Onderafdeling Selayar dari Afdeling Bantaeng, Kegubernuran Sulawesi.


Peta-peta Sulawesi masa dulu

Untuk peta peta kuno (1606, 1633, 1683, 1700, 1757, 1872, abad ke-19): klik di sini

Peta Sulawesi dan Maluku, tahun 1683


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: