Selaparang, kerajaan / P. Lombok – prov. Nusa Tenggara Barat

Kerajaan Selaparang adalah salah satu kerajaan yang pernah ada di Pulau Lombok, kecamatan Swela, Kab. Lombok Timur.
Kerajaan Selaparang muncul pada dua periode yakni pada abad ke-13 dan abad ke-16.

The kingdom of Selaparang was located on the island of Lombok, prov. West Nusa Tenggara.
This kingdom existed in 2 periodes: in the 13th century and in the 16th century.
For english, click here

pulau Lombok

Lokasi pulau Lombok


* Foto foto Lombok dulu, situs kuno, intervensi belanda (1894) dan suku Sasak: link


Tentang pewaris Selaparang
.
Pewarisnya / Chief Dinasty (2015): Lalu Takdir dan Baiq Ratna Mulhimmah.
Info dari:
Pangeran Maspanji Lalu Satria Wangsa, Pewaris /Chief Dinasty dari kerajaan Pejanggik, 17 febr. 2015

Menteri besar Selaparang, Lombok, 1865


Sejarah / History kerajaan Selaparang

Pertama disebutkan bahwa kerajaan ini merupakan proses kelanjutan dari kerajaan tertua di pulau Lombok, yaitu Kerajaan Desa Lae’ yang diperkirakan berkedudukan di Kecamatan Sambalia, Lombok Timur sekarang. Dalam perkembangannya masyarakat kerajaan ini berpindah dan membangun sebuah kerjaan baru, yaitu kerajaan Pamatan di Kecamatan Aikmel dan diduga berada di Desa Sembalun sekarang. Dan ketika Gunung Rinjani meletus, penduduk kerajaan ini terpencar-pencar yang menandai berakhirnya kerajaan. Betara Indra kemudian mendirikan kerajaan baru bernama Kerajaan Suwung, yang terletak di sebelah utara Perigi sekarang. Setelah berakhirnya kerajaan yang disebut terakhir, barulah kemudian muncul Kerajaan Lombok atau Kerajaan Selaparang.

Sejak kedatangan VOC ke Lombok hingga tahun 1691 M, akhirnya kerajaan Selaparang mengalami kemunduran. Karangasem Bali bersama Arya Banjar Getas berperang melawan raja-raja di Lombok. Pada tahun 1740 M terjadi peperangan di Tanaq Beaq yang dimenangkan oleh pihak Karangasem. Sejak saat itu maka tamatlah riwayat kerajaan Selaparang.

Sejarah lengkap kedatuan Selaparang: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/lombok/raja-of-selaparang/sejarah-lengkap-kedatuan-selaparang/

Gedeng Datu / Gedeng Ketangan, salah satu Kedaton Selaparang yang kondisi relatif utuh. Sumber: Maspanji Satria Wangsa, FB.


Silsilah penguasa / list of rulers

– Sumber / Source: link


Sejarah kerajaan-kerajaan di Lombok permulaan

Menurut isi Babad Lombok, kerajaan tertua yang pernah berkuasa di pulau ini bernama Kerajaan Laeq (dalam bahasa sasak laeq berarti waktu lampau), namun sumber lain yakni Babad Suwung, menyatakan bahwa kerajaan tertua yang ada di Lombok adalah Kerajaan Suwung yang dibangun dan dipimpin oleh Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung kemudian surut dan digantikan oleh Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu.

Di Lombok, dalam perkembangannya meninggalkan jejak berupa empat kerajaan utama saling bersaudara, yaitu Kerajaan Bayan di barat, Kerajaan Selaparang di Timur, Kerajaan Langko di tengah, dan Kerajaan Pejanggik di selatan. Selain keempat kerajaan tersebut, terdapat kerajaan-kerajaan kecil, seperti Parwa dan Sokong serta beberapa desa kecil, seperti Pujut, Tempit, Kedaro, Batu Dendeng, Kuripan, Samarkaton dan Kentawang. Seluruh kerajaan dan desa ini selanjutnya menjadi wilayah yang merdeka, setelah kerajaan Majapahit runtuh. Di antara kerajaan dan desa itu yang paling terkemuka dan paling terkenal adalah Kerajaan Lombok yang berpusat di Labuhan Lombok.

– Kajian tentang kerajaan-kerajaan di Lombok, klik di sini

Makam yang ditemukan warga di Lendang Nangka yang diduga makam putera mahkota Kerajaan Selaparang.
Foto Syamsurrija / Lomboktoday.co.id.

Makam yang ditemukan warga di Lendang Nangka yang diduga makam putera mahkota Kerajaan Selaparang. Foto Syamsurrija / Lomboktoday.co.id Link


Terbentuk Selaparang dan Perang melawan VOC

Ditulis Maspanji Satria Wangsa, https://www.facebook.com/satria.wangsa.1/posts/1516793461691459

Terbentuk kerajaan Selaparang

Setelah Datu2 di Lombok memeluk Islam mereka kemudian diundang berkumpul di Kotaraja Lombok (Teluk Lombok-sekarang). Penduduk kotaraja Lombok kala itu 20.000 jiwa. Sangat padat untuk ukuran saat itu. Selama 4 bulan mereka dibimbing tentang Islam. Kemudian Pangeran Prapen melanjutkan misi ke Pulau Sumbawa dihantar dengan tangis. Setelah itu dengan pertimbangan politik dan strategi diadakan musyawarah besar yang diikuti juga oleh para Datu2 dan Ningrat dan bersepakat untuk mencari ibukota baru. Terpilih satu lokasi ideal yang bernama Watuparang dan disepakati diberi nama SELAPARANG yang nanti menjadi sebutan untuk nama kerajaan. Dan berkat peran semasa Kerajaan Lombok dalam proses Islamisasi Lombok sejak itu Selaparang menjadi kerajaan besar yang dituakan di Lombok hingga keruntuhan tahun 1740.

Berikut cuplikan dalam Babad Lombok..
Pupuh 913.
R.Bandayuda beratur kepada Sang Raja..”apabila demikian kehendak tuan..ada tempat utuk ibukota negara yang baik, inggi dan banyak air. Tak kurang makanan dan minuman. Bila ada musuh tiba tampak dari dalam kota, dari darat Prabu jelas melihat.
914.
Patih Bandayuda berkata..ya,itu tempat yang sangat baik..di Watuparang..cocok untuk tempat kota. Berkata semua..para mentri,ningrat dan Datu yang dari kerajaan lain..” ya itu baik (setuju), pindahlah segera..dan negeri itu kita berinama SELAPARANG”.
915.
Para Ningrat dan Raja kini semua pergi..pulang ke negeri masing2..ke Sasak dan Sokong, Bayan, Parwe, Langko, Pejanggik..tinggal orang Lombok saja..lalu dipindahkan rumah..dan orang beramai2..memikul rumah mereka..bersama2..orang Lombok ke Selaparang..
916.
Arkian telah mapanlah kota Selaparang nan besar dan indah..sedang lengkap jalan dan gerbang..Istana Raja pun telah jadi..masjid sudah selesai..pasar besar di jalan..tak terkatakan ramai..aman dan jaya negeri..beras,padi,sirih,pinang semua murah.

Perang melawan VOC

Di Lombok bagian barat Kerajaan Sasak terus mendapat ancaman dari Bali-Gelgel yang tak jarang berujung pada perang terbuka (akan sya uraikan pada edisi lain)..mempertimbangkan itu maka Selaparang yang berpusat di timur menoleh ke timur dimana kekuatan besar sedang tumbuh dan mekar di Goa. Tahun 1640 Selaparang membangun afiliasi strategis dengan Goa..hubungan Selaaparang -Goa menjadi erat. Atas dasar itu tangal 30 Nop 1648 Goa mengangkat Mas Pamayan-seorang Pangeran Selaparang menjadi Raja Muda di Sumbawa..begity juga ketika Goa berperang melawan VOC berkali2 Selaparang mengirim lasykar untuk membantu Goa..dan ketika Perjanjian Bungaya 18 Nov 1667 Raja Selaparang turut menjadi saksi.

Tunduk Goa terhadap Voc tak berarti Slprg ikut tunduk. 8 tahun setelah Perjanjiang Bongaya, tak rela kemerdekaan terampas maka Selaparang dibawah pimpinan R.Abdi Wirasentana, R.Kawisanir Kusing dan Arya Busing dibantu bangsawan2 Makasar yang kecewa dengan Perjanjian Bongaya, menyatakan perang terhadap VOC..menanggapi itu VOC mengirim pasukan besar dibawah Kapten Holstein..Tangal 16 Maret 1675 terjadilah perang dahsyat..korban berjatuhan di kedua pihak..dengan segala kelebihan sudah tentu VOC memenangkan perang ini dan memaksa Selaparang melakukan perjanjian yang isi al Seleparang mengakui kekuasaan VOC dan membayar upeti..perjanjian ini di ttd dari pihak Selaparang oleh 3 pimpinan td sdg dr pihak VOC oleh Jan Fransen Holstein,Groeit Coster dan Coustrad van Breitren.
VOC kemudian menempatkan perwakilan disana.

Jejak Kerajaan Selaparang Kembali Ditemukan Warga.

Jejak Kerajaan Selaparang Kembali Ditemukan Warga


Masuknya Islam di Lombok

Sebelum masuknya Islam, masyarakat yang mendiami pulau Lombok berturut-turut menganut kepercayaan animisme, dinamisme kemudian Hindu. Islam pertama kali masuk melalui para wali dari pulau Jawa yakni sunan Prapen pada sekitar abad XVI, setelah runtuhnya kerajaan Majapahit.

Dalam menyampaikan ajaran Islam, para wali tersebut tidak serta merta menghilangkan kebiasaan lama masyarakat yang masih menganut kepercayaan lamanya. Bahkan terjadi akulturasi antara Islam dengan budaya masyarakat setempat, karena para penyebar tersebut memanfaatkan adat-istiadat setempat untuk mempermudah penyampaian Islam. Kitab-kitab ajaran agama pada masa itu ditulis ulang dalam bahasa Jawa Kuno. Bahkan syahadat bagi para penganut Wetu Telu dilengkapi dengan kalimat dalam bahasa Jawa Kuno. Pada masa itu, yang diwajibkan untuk melakukan peribadatan adalah para pemangku adat atau kiai saja.

Kerajaan Lombok, ketika Kerajaan ini dipimpin oleh Prabu Rangkesari, Pangeran Prapen, putera Sunan Ratu Giri datang mengislamkan kerajaan Lombok. Dalam Babad Lombok disebutkan, pengislaman ini merupakan upaya dari Raden Paku atau Sunan Ratu Giri dari Gersik, Surabaya yang memerintahkan raja-raja Jawa Timur dan Palembang untuk menyebarkan Islam ke berbagai wilayah di Nusantara. Proses pengislaman oleh Sunan Prapen menuai hasil yang menggembirkan, hingga beberapa tahun kemudia seluruh pulau Lombok memeluk agama Islam, kecuali beberapa tempat yang masih memepertahankan adat istiadat lama.

– Sumber dan lengkap: http://fadlisworld.blogspot.co.id/2014/09/sejarah-masuknya-islam-di-lombok.html


Peta kuno Lombok

Untuk peta kuno lokasi pulau Lombok, abad ke-15, 1660, 1683, 1683, 1725, 1800-an, klik di sini

Lokasi Lombok, tahun 1660


Sumber kerajaan Selaparang

– Sejarah kerajaan Selaparang:  http://www.lombokwisata.com/sejarah_pulau_lombok.htm
Sejarah kerajaan Selaparang di Wiki: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Selaparang
Asal usul kerajaan Selaparang: http://gdefik.blogspot.co.id/2012/10/asal-usul-kerajaan-selaparang.html
Kedatuan Selaparang:  http://gdefik.blogspot.co.id/2012/10/kedatuan-selaparang.html
Sumber silsilah penguasa  Selaparang:  https://pkbmdaruttaklim.wordpress.com/2013/02/02/kerajaan-selaparang/

Sumber kedatuan / kerajaan kuno di Lombok

– Sejarah Kedatuan kuno Sasak: http://suparmanol.blogspot.co.id/2010/12/sejarah-kedatuan-sasak.html
– Sejarah Kedatuan kuno Sasak: http://gdefik.blogspot.co.id/2012/10/kedatuan-di-gumi-sasak-1.html
– Sejarah kerajaan di Lombok: https://oediku.wordpress.com/2010/12/29/sejarah-dan-asal-usul-lombok/
– Sejarah kerajaan di Lombok: http://www.lomboksociety.web.id/2018/02/sejarah-lombok.html

Sumber masuk Islam di Lombok

– Masuk Islam di Lombok: http://fadlisworld.blogspot.co.id/2014/09/sejarah-masuknya-islam-di-lombok.html
– Masuk Islam di Lombok: http://situs9.blogspot.co.id/2014/08/masuk-dan-berkembangnya-agama-islam-di.html


* Foto pulau (island) Lombok: link

Photo ketika proses pengukuhan Wali Datu Selaparang oleh Ketua adat Majelis Dewan Pengelingsir (TGH. Lalu Ahmad Suparlan). Sumber foto: lalu achmad nofi yandi, fb

 

Photo ketika proses pengukuhan Wali Datu Selaparang oleh Ketua adat Majelis Dewan Pengelingsir (TGH. Lalu Ahmad Suparlan) lalu achmad nofi yandi, fb

———————————–
Makam Selaparang. Link

http://karinadwiputri.blogspot.com/2012/03/makam-selaparang.html

————————————–
Kedaton Selaparang-Ketangge, Lombok Timur 2017

————————————–
Gedeng Datu / Gedeng Ketangan, salah satu Kedaton Selaparang yang kondisi relatif utuh. Sumber: Maspanji Satria Wangsa, FB.

—————————————
Gedeng Datu / Gedeng Ketangan, salah satu Kedaton Selaparang yang kondisi relatif utuh. Sumber: Maspanji Satria Wangsa, FB.

—————————————
Makam Raja Selaparang adalah salah satu cagar budaya yang dilindungi oleh Negara. Makam Raja Selaparang sendiri terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Selaparang, Kecamatan Suela. Sumber: http://speakerkampung.blogspot.co.id/2015/04/makam-selaparang-dikeramatkan-peziarah.html


 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s