Sepa, negeri / P. Seram – Prov. Maluku

Negeri Sepa terletak di pulau Seram, Kab. Maluku Tengah, Prov. Maluku.

Klik foto untuk besar !

Pulau Seram

Prov. Maluku (hijau)

Prov. Maluku (hijau)


* Video Manomakatai di Sepa: link

* Foto foto negeri, kerajaan dan suku di Maluku: link


Sejarah Negeri Sepa

Negeri Sepa ini dibangun oleh para datuk pada tahun 1001 yang pada waktu itu di dudukan oleh beberapa marga yang ada, kemudian mereka berunding untuk mendudukan negeri dengan peletakan bagian-bagian seperti Mesjid, Rumah Raja, Ruma Kapitan, dan Rumah Imam, serta diberi nama Sepa. Tampaknya negeri ini dibangun oleh seorang perancang tata ruang pedesaan yang baik, sehingga terkesan rapi dan teratur dan memiliki tatanan adat yang kuat demi menjaga kemakmuran masyarakat setempat.
Dalam sejarah Negeri Sepa (Lalato) terdapat beberapa petuanan atau anak dusun yaitu Nulutetu (Marihuno), Hatuhenu (Nusataun), dan Nuaulu (Nuahatan). Ketiga kampung ini memiliki satu ikatan adat yang kuat dan memiliki hak yang sama, karena dalam sejarah mereka terlebih dahulu menganut paham demokrasi.

Sebenarnya negeri ini banyak menyimpan sejara panjang tetang asal usul di atas dataran pulau nusa ina “Huni-huni wae-wae” yang artinya suatu zaman dimana manusia berawal atau sejak zaman air, tapi kenapa sejarah ini perlu ditutup rapat-rapat karena ada amanat penting yang disimbolisasikan dengan bahasa adat “Uheka Hatu, Hatu Sepei” yang artinya, barang siapa yang membuka sejarah maka sejaralah yang akan mematikannya. Suatu bentuk kepercayaan ini telah diwariskan tiap anak keturunan raja Negeri Sepa.


klik peta untuk besar

Seram tahun 1695

Seram tahun 1753


Pelantikan raja negeri Sepa 2012

Pelantikan Raja Adat Negeri Sepa Se-Petuanan dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2012 yang berjalan dengan baik.
Berangkat dari sejara Polomahu atau sejarah terbentuk Negeri Sepa pada tahun 1001, yang pada waktu itu terjadi pelantikan Raja Pertama Negeri Sepa, hingga sekarang terjadi 16 kali raja. Dalam sejarah Polomahu ini membuahkan hasil, bahwa yang akan menduduki tahta atau kursi raja adalah anak keturunan raja dari Raja Polomahu, yakni marga amahoru.
.

klik peta untuk besar

Peta Maluku 1640 (Gilolo = Halmahera)

Peta Maluku / Sulawesi 1683

Peta Maluku / Sulawesi 1740


Foto foto

Sumber semua foto di bawah: http://aghyel.blogspot.co.id/

Proses pelantikan Raja Upu Latu

Proses pelantikan Raja Upu Latu

Keluar dari rumah Adat Negeri Sepa

Keluar dari rumah Adat Negeri Sepa

Paduan suara dari Marihuno dan Nusataun

Paduan suara dari Marihuno dan Nusataun

Tarian Cakalele (Kamariang)

Tarian Cakalele (Kamariang)


 

Advertisements

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: