Sagara Pasir, kerajaan / Prov. Jawa Barat

Kerajaan Sagara Pasir merupakan Kerajaan asli Bekasi jauh sebelum muncul Kerajaan Tarumanegara yang diyakini sebagai kerajaan pertama di Bekasi. Berdiri abad ke-2.
Keberadaan Kerajaan Segara Pasir yang telah berdiri sebelum kemunculan Kerajaan Tarumanegara mulai terdesak akibat hegemoni yang dilakukan oleh Kerajaan Tarumanegara. Akibat kalah perang, Kerajaan Segara Pasir harus merelakan wilayahnya dijadikan pangkalan militer oleh Kerajaan Tarumanegara. Fungsi pangkalan militer ini, adalah untuk basis penarikan pajak atau upeti dari setiap transaksi perdagangan serta kekayaan alam dari kerajaan-kerajaan kecil taklukan Kerajaan Tarumanegara.

Lokasi Bekasi


Kerajaan Sagara Pasir cikal bakal Bekasi

Asal-usul nama Bekasi secara filologis berasal dari candrabhaga. Candra berarti bulan atau sasi dalam bahasa Jawa Kuno. Dan bhaga berarti bagian. Jadi Candrabhaga berarti bagian dari bulan.
Pelafalan kata Candrabhaga kadang berubah menjadi Sasibhaga atau Bhagasasi. Namun dalam pengucapannya sering disingkat Bhagasi. Dan karena pengaruh bahasa Belanda sering ditulis Bacassie.

Di Stasiun Kereta Api Lemahabang pun pernah ditemukan plang nama Bacassie. Dan seiring waktu, kata Bacassie kemudian berubah menjadi Bekasi sampai sekarang.


Peta kuno Jawa

Klik di sini untuk peta kuno Jawa tahun 1598, 1612, 1614, 1659, 1660, 1706, 1800-an, awal abad ke-18, 1840.

Jawa, awal abad ke-18

1234


Sumber

– Sejarah kerajaan Sagara Pasir: https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Sagara_Pasir
– Sejarah kerajaan Sagara Pasir: http://kangfauziahmad18.blogspot.com/2016/03/kerajaan-pasir-sagara-peradaban-pertama.html
– Sejarah kerajaan Sagara Pasir: https://republika.co.id/berita/regional/jabodetabek/11/11/14/lunlek-sejarah-bekasi-harus-diubah-ada-kerajaan-lebih-tua-dari-tarumanegara


* Foto situs kuno di Jawa: link
* Foto Jawa dulu: link