* FOTO kerajaan Sriwijaya

Situs Candi Muara Takus

Situs Candi Muara Takus merupakan situs candi Buddha yang terletak di di Riau. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka. Para pakar purbakala belum dapat menentukan secara pasti kapan situs candi ini didirikan, namun candi ini dianggap telah ada pada zaman keemasan Sriwijaya, sehingga beberapa sejarahwan menganggap kawasan ini merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan Sriwijaya.

———————–

Candi Bungsu

Candi Bungsu bentuknya tidak jauh beda dengan Candi Sulung. Hanya saja pada bagian atas berbentuk segi empat. Ia berdiri di sebelah barat Candi Mahligai dengan ukuran 13,20 x 16,20 meter. Di sebelah timur terdapat stupa-stupa kecil serta terdapat sebuah tangga yang terbuat dari batu putih.

———————–

Candi Bahal

Candi Bahal, Biaro Bahal, atau Candi Portibi yang merupakan candi Buddha aliran Vajrayana terletak Sumatera Utara. Candi ini merupakan kompleks candi (dalam istilah setempat disebut biaro) yang terluas di provinsi Sumatera Utara, karena arealnya melingkupi kompleks Candi Bahal I, Bahal II dan Bahal III.

———————–

Candi Muaro Jambi

———————–

Borobudur

———————–

———————–

Prasasti Hujung Langit

Prasasti Hujung Langit merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di desa Haur Kuning, kota Lampung. Prasasti ini ditulis dalam bahasa Melayu Kuno dengan huruf Pallawa. Isi dari prasasti ini memang sudah tidak terlalu jelas. Namun, prasasti ini diperkirakan dibuat pada tahun 997 masehi,dan menceritakan pemberian tanah Sima.

———————–

Prasasti Brahi

Prasasti Brahi ditemukan pada tahun 1904 oleh Kontrolir L.M. Berhout. Prasasti ini ditemukan di Desa Karang Brahi, Jambi. Prasasti ini menceritakan kutukan bagi orang-orang yang tidak tunduk pada perintah raja Sriwijaya, layaknya isi dari prasasti Palas Pasemah dan Prasasti kota Kapur.

———————–

Surat emas

———————–

Cincin emas


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: