Lembang, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan – kab. Takalar

Kerajaan Lembang ada kerajaan di Sulawesi, Kab. Bulukumba, Prov. Sulawesi Selatan.
Sejarah kerajaan Kajang, Kerajaan Laikang dan Kerajaan Lembang saling terkait.

Lokasi kabupaten Bulukumba


Garis kerajaan-kerajaan di Sulawesi: link


Foto kerajaan-kerajaan di Sulawesi

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sulawesi: link
* Foto sultan dan raja di Sulawesi dulu: link
* Foto istana kerajaan2 di Sulawesi: link


KERAJAAN LEMBANG

Sejarah kerajaan Lembang

Umum

Sejarah kerajaan Kajang, kerajaan Laikang dan kerajaan Lembang saling terkait.
Ada kajian luas tentang kerajaan Laikang, kerajaan Lembang dan kerajaan Kajang di: https://www.researchgate.net/
Lihat:

111111111111111111111111111111

Sejarah kerajaan Kajang, kerajaan Lembang dan kerajaan Laikang

Sejarah berdirinya kerajaan Lembang tidak diketahui dengan pasti, yang jelas dua kerajaan di Kajang hampir berdiri secara bersamaan yaitu kerajaan Kajang dan kerajaan Lembang sekitar pada tahun 1420 dan kerajaan Laikang belakangan, itulah sebabnya disebut kerajaan bungsu. Ketiga kerajaan di Kajang ditaklukkan oleh kerajaan Gowa hampir secara bersamaan di bawah kepimpinan raja Gowa ke 10 Imarigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung (1546-1565).
Secara historis apabila ditelusuri penaklukan kerajaan Kajang, Lembang, dan Laikang oleh kerajaan Gowa adalah merupakan usaha yang sudah lama dirintis oleh Raja Gowa sebelumnya, yang dimulai oleh raja Gowa ke-5 yaitu Karampang ri Gowa (1420-1445).

Penaklukan ketiga kerajaan di Kajang merupakan kerajaan yang terakhir ditaklukkan oleh kerajaan Gowa bahagian selatan Sulawesi Selatan apabila dibandingkan kerajaan tetangga lainnya seperti kerajaan Hero, kerajaan Langelange, kerajaan Ujungloe, kerajaan Gantarang, kerajaan Bululumba dan beberapa kerajaan di Sinjai seperti kerajaan Tondong, kerajaan Bulobulo, kerajaan Manimpahoi dan kerajaan Lamatti (Limpo et al.1995).

Salah satu sebabnya kerajaan Lembang dan kerajaan kembarnya yaitu kerajaan Kajang, dan kerajaan Laikang terakhir menjadi daerah bawahan oleh kerajaan Gowa, karena ketiga kerajaan tersebut hanya diperintah oleh seorang gallarrang atau pemangku adat yang gelarnya berbeda setiap kerajaan.

—————————

Info di bawah dikirim: Wiwin Patudangi

Pak Admin, mungkin perlu mengkaji ulang tentang Kajang ini.
Kajang pada masa lalu itu berdiri tidak berdiri sendiri Kajang ada dua:
* Kajang Ilalang Embayya (dalam) dan
* Kajang Koasa (luar).
Perlu saya tambahkan bahwa pada masa itu Kajang dalam dan luar memiliki masing masing pemimpin.
Kajang luar ada dua kerajaan yakni Kerajaan Lembang dan Kerajaan Laikang. Nantilah setelah lama berlangsung gaubungkan 2 kerajaan luar menjadi satu kerajaan yakni kerajaan Lembang, hasil dari penggabungan antara Kerajaan Laikang dan Lembang itu sendiri dengan pemimpin tersendiri dan terpisah dari Kajang yang sering dan banyak beredar di medsos.
Setelah pemerintahan terakhir dari kerajaan Lembang dengan Raja terakhir yakni Karaeng Sadda daeng Mallatte barulah Kerjaan Kajang dan Lembang di satukan dengan nama Kerajaan Kajang itu sendiri. Dan menurut sejarah Raja Kajang yang pertama yang dilantik Belanda adalah Karaeng Mattu Dg Pahakkang hingga ke raja Kajang terakhir yang dilantik adalah Kr. Huseng dg Parani.


Sumber

Sejarah lengkap kerajaan Kajang, kerajaan Laikang dan kerajaan Lembang: https://www.researchgate.net/


Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: