Beo, kerajaan / P. Karakelong – Prov. Sulawesi Utara

Kerajaan Beo terletak di prov. Sulawesi Utara, Kab. Kepulauan Talaud, pulau Karakelong.
Pulau Karakelong terletak di selatan pulau Talaud.

Klik foto untuk besar !

Lokasi kepulauan Talaud

Pulau Talaud di utara

Pulau Karakelang, pulau Salebabu dan pulau Kabaruan

Pulau Karakelang, pulau Salebabu dan pulau Kabaruan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


* Foto foto kepulauan Talaud: link


Sejarah kerajaan Beo

Sampai tahun 1808 kampung Beo bernama “Tanjung Bangku” yang terletak di tengah muara sungai Marat dan sungai Taloara. Pada tahun 1817 Hindia Belanda membentuk wilayah pemerintahannya dengan pusat pemerintahan di “Tanjung Bangku”.
Oleh Belanda wilayah tersebut dinamai “Beo”. Beo merupakan pusat pemerintahan Talaud Utara. Sedangkan Lirung menjadi pusat pemerintahan Talaud Selatan.
Dimasa kepemimpinan Raja Julius Sario Tamawiwy yang berkedudukan di Beo menginstruksikan kepada komunitas (ruangan’nu) yang menetap di Bantik, Masing, Malabut, Urune, dan lain-lain sekitar Beo yang sengaja memisahkan diri karena menghindar dari wabah penyakit, untuk menetap dan memenuhi kampung Beo yang sekarang bernama marumun. Hal ini bertujuan agar Beo sebagai pusat pemerintahan, Beo menjadi besar (bertambah jumlah penduduknya).

– Sumber: https://talaudnews.wordpress.com/2015/06/12/sejarah-beo-lahir-dari-sebuah-nama-yaitu-sassanggelo-yang-artinya-minyak-pelicin-rambut/


Sumber

– Sejarah Beo: https://id.wikipedia.org/wiki/Beo_Barat,_Beo,_Kepulauan_Talaud
– Sejarah Beo: https://talaudnews.wordpress.com/2015/06/12/sejarah-beo-lahir-dari-sebuah-nama-yaitu-sassanggelo-yang-artinya-minyak-pelicin-rambut/


Peta kuno Talaud, Sangihe, Siau

klik peta untuk besar

Nusantara, tahun 1493, incl. Sulawesi utara

———-

Peta Sangihe-Talaud, tahun 1724

———-

Peta Sangihe-Talaud, tahun 1894


Foto foto

Kompleks Pekuburan Tua Marga TAMAWIWIJ di Beo.

Tertulis: Disini Berhenti JULIUS SARIO TAMAWIWIJ, Padoeka Radja P.P. TALAUD, Wafat 19-7-1931 di Manado, Dimakamkan 28-7-1931 di BEO.

Kapitan laut dari Beo, 1926

Tertulis: Inilah Tempat Perhentian dari SS TAMAWIWIJ, President DJOGOEGOE BEO, Meninggal 20 Juni 1919 didalam Umur 70 Tahoen.


 

Advertisements

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: