* FOTO kerajaan Parigi

Raja ke-20 Parigi: YM H Magau Andi Tjiembu Tagunu.
(Pewaris: Madika Mahkota Andi Muhammad Oza Tagunu)


Pewaris: Madika Mahkota Andi Muhammad Oza Tagunu

——————-

Pewaris: Madika Mahkota Andi Muhammad Oza Tagunu

——————-

Raja Parigi dan Raja Moutong (Bupati Parigi Moutong) Menjamu Sri Sultan Hamengkubowono di Parigi Sulawesi Tengah. 2016

——————-

Kanan: Magau dari kerajaan Parigi, Magau Andi Tjimbu Tagunu, pada saat menyerahkan tongkat adat kepada Gubernur terpilih Sulawesi Tengah (drs H. Longki Djanggola) yang juga masih keturunan dari Magau Djanggola dari kerajaaan Palu, pada saat upacara adat Tanah Kaili (Toma Oge).
Sumber foto: andi muhammad oza tagunu, FB

——————-

Keluarga Besar Dewan Adat Patanggota Parigi. Bapak Harun Marasobu (Opa Harun). Dengan Gelar Adat – JOGUGU atau Perdana Mentri (Adat) Kerajaan Parigi

——————-

Sekilas tentang MAGAU DJANGGO
Magau Djanggo yang dalam bahasa indonesia Raja yang berjanggut,mempunyai nama asli Ma’ruf merupakan Raja/Magau kerajaan Parigi yang ke -6; memerintah antara tahun 1627-1661. Menurut silsilah beliau merupakan putra dari magau parigi ke -4 yang bernama LangiMoili (Maliqus Sidiq) 1579-1602 dengan ibunya yang bernama Vumbutogoa,selain sebagai magau/Raja Magau Djanggo juga dikenal sebagai seorang pendakwah agama Islam bahkan dalam sebuah kisah beliau berdakwah sampai ke tanah ternate,bersama ayahnya mereka merupakan murid langsung atau orang yang pertama di islamkan di tanah parigi oleh tokoh penyebar agama islam Dato Mangaji /To Mangaji.

Magau Tagunu bersama Istrinya Maskia yang merupakan anak dari Borman Lembah. Ikatan perkawinan itu ternyata membawa kedua kerajaan dalam suatu Hubungan yang sangat Harmonis karena selanjutnya anak dari Borman Lembah Papa Maskia kembali diperistri oleh Anak magau Hanusu yang bernama tagunu sehingga sampai saat ini antara kedua kerajaan masih tetap menjaga hubungan baik.

Photo Beliau Raja/ Tuanku Paduka Magau Tagunu Hanusu (yang memakai kopiah-kiri) dan di samping beliau adalah anak beliau yang bernama Andi Indocila Tagunu dan yang (Bottom/Child) adalah cucu Raja Tagunu yaitu Andi Olu Tagunu.
Yang di kanan adalah Staf Pengurus Kuda MAGAU (Kerajaan).

Yang di samping kedua dari kiri adalah isteri pertama Magau Tagunu/permaisuri Parigi yang bernama SAODA.
Yang di tengah adalah isteri dari Staf Pengurus Kuda MAGAU (Kerajaan).
Dan Background yang di belakang adalah potret di Daerah Pemukiman Kampung Gorontalo di Parigi
.

Create a free website or blog at WordPress.com.