Kertalangu, kerajaan / Bali – kab. Badung

Kerajaan Kertalangu terletak di kab. Badung, Bali. Kerajaan ini berdiri abad  ke-14.

Lokasi kab. Badung

——————-
Lokasi pulau Bali


Sejarah kerajaan Kertalangu

Diceriterakan pada masa lalu ada sebuah kerajaan kecil yang disebut dengan nama “Jagat Kertalangu” yang dipimpin oleh keturunan Arya Wang Bang Pinatih. Pada masa kepemimpinan Kiyayi Anglurah Agung Pinatih dimana salah satu istrinya adalah putri dari Ki Dukuh Sakti Pahang. Pada suatu hari Ki Dukuh Sakti memohon pamit untuk selamanya dengan cara moksa kepada sang raja, namun sang raja malah mencemohkannya dan memerintahkan kepada pembantunya agar Ki Dukuh Sakti di pukuli bila tidak mampu moksah.
Melihat perlakuan dari dari Kiyayi Anglurah Agung Pinatih yang tidak punya rasa hormat kepada mertua, maka Ki Dukuh Sakti mengeluarkan kata kutukan sebagai berikut: “Inggih Kiyayi Anglurah Agung Pinatih, Ratuning Jagat maring Kertalangu, Jhah Tasmat Kiyayi Anglurah Agung Pinatih kerusak antuk semut”. Akhirnya Ki Dukuh memang benar bisa moksa dan selanjutnya Kiyayi Anglurah Pinatih dikerubuti oleh ribuan semut merah kemanapun beliau pergi, sehingga keluarga Anglurah Pinatih tercerai berai meninggalkan jagat Kertelangu.
Dengan terjadinya kekosongan kepemimpinan di Jagat Kertalangu, maka atas kesepakatan para tokoh masyarakat diutuslah Ki Bendesa Manik Mas untuk menghadap Ida Dalem Samprangan (Sri Kresna Kepakisan). Kemudian Ida Dalem Samprangan memberi mandat agar Ki Bendesa Manik Mas menghadap kepada Ida Sri Arya Kenceng di Puri Pucangan Tabanan, mohon kehadapannya supaya berkenan menugaskan salah satunya putranya untuk ditempatkan di Jagat Kertelangu sebagai pengganti Kiyayi Anglurah Agung Pinatih.
Selanjutnya Ida Sri Arya Kenceng menugaskan Kiyayi Tegeh, putra yang ketiga dan beribu dari desa Tegeh Tabanan. Namun Kiyayi Tegeh tidak mau tinggal di Puri Kertelangu, akan tetapi membangun sebuah puri di sebelah selatan Setra Badung sekarang yang kemudian di kenal dengan sebutan “Puri Tegeh Kori” dan rajanya bergelar Kiyayi Anglurah Tegeh Kori sekitar tahun 1378 M, yang selanjutnya sebagai cikal bakal lahirnya Kerajaan Badung sekitar tahun 1650 M, dengan lahirnya Puri Alang Badung ( adanya Pura Suci di Jalan Hasanuddin)dan puri Pemecutan di Jalan Thamrin.
Disisi lain Ida Dalem Samprangan juga mengangkat seorang Demung yang ditempatkan di Desa Tonja yaitu Kiyayi Tangkas, yang tiada lain adalah pratisentana Arya Benculuk yang datang bersama-sama dari Jawa dan ditempatkan di Desa Tangkas Klungkung bersama dengan Arya Kanuruhun.


Peta kuno Bali

Klik di sini untuk peta kuno Bali 1618, 1683, 1700-an, 1750, 1800-an, 1856, abad ke-19.

 Bali abad ke-16 ?


Sumber

– Sejarah kerajaan Kertalangu: http://mokoh-tyas.blogspot.com/2011/04/puri-ageng-pemayun-kesiman-ugi.html
– Puri Tegeh Kori: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/bali/tegeh-kori-tegal-kerajaan-tegal-bali/
Tentang Arya Kenceng: http://www.wikiwand.com/id/Arya_Kenceng
– Runtuhnya kerajaan Kertalangu: http://cakepane.blogspot.com/2014/08/runtuhnya-kerajaan-kertalangu-arya.html

– Sejarah pulau Bali di Wiki: link
– Asal usul sejarah pulau Bali: http://asal-usul-motivasi.blogspot.co.id/2012/02/asal-usul-sejarah-pulau-bali.html
– Sejarah pulau Bali: http://www.id.baliglory.com/2015/06/bali-pulau-dewata.html
– Sejarah Bali kuno masa 1343: http://rah-toem.blogspot.co.id/2011/10/sejarah-bali-kuno-masa-1343.html
– Sejarah adanya Kasta di Bali: http://inputbali.com/sejarah-bali/sejarah-adanya-kasta-di-bali
– Sejarah Bali 1914-1950: http://www.kompasiana.com/jurnalgemini/sejarah-bali-1914-1950-an-1-dari-pariwisata-eksotis-ke-nasional_551f83ec813311186e9de31f
– Leluhur orang Bali Aga, penduduk asli pulau Bali: http://jadiberita.com/1007/leluhur-orang-bali-aga-penduduk-asli-pulau-bali.html
– Agama Hindu Bali: https://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu_Bali