Patiambang, kejurun / Sumatera – Prov. Aceh

Kejurun Patiambang terletak di Sumatera, prov. Aceh, Kab. Gayo Lues.

The  Kejurun Patiambang was located on Sumatera, prov. Aceh, District Gayo Lues.
For english, click here

Kab. Gayo Lues


Garis kerajaan-kerajaan di Sumatera: link


Foto kesultanan Aceh

* Foto kesultanan Aceh Darussalem: link
* Foto raja-raja kerajaan kecil di Aceh: link
*
Foto Aceh dulu: link
*
Foto perang Aceh-belanda (1873-1903): link


Foto kerajaan-kerajaan di Sumatera

* Foto sultan dan raja yang masih ada di Sumatera: link
* Foto sultan dan raja di Sumatera dulu: link


KEJURUN PATIAMBANG

Umum

Pada masa Kerajaan Sultan Iskandar Muda yang kemudian diadopsi oleh Administrasi Pendudukan Belanda di Aceh, daerah Gayo dan Alas secara resmi dimasukkan ke dalam wilayah administratif Aceh. Wilayah Gayo dan Alas dibagi atas beberapa daerah yang disebut Kejurun, walaupun jauh sebelumnya telah hidup dan berkembang sistem pemerintahan lokal Reje dan Reje Cik di Gayo Lues, di bawah kepemerintahan Kerajaan Linge.
Daerah Gayo dan Alas dibagi atas delapan Kejuruan. Enam di Gayo dan Dua di Tanah Alas. Di Gayo yaitu Kejuruan Bukit, Linge, Syiah Utama, Petimang (dibaca: Patiamabang), Bebesen dan Abuk; Dan di Tanah Alas, Kejurun Batu Mbulan dan Bambel. Kejuruan Patiambang berkedudukan di Penampaan, dengan luas daerah seluruh Gayo Lues.

Kejurun Patiambang, 1904


Sejarah Kejurun Patiambang

Ditulis oleh Adi Fa, Facebook

Kejuruan Patiambang berkedudukan di Penampahan dengan luas daerah seluruh Gayo Lues yang terdiri dari 55 kampung. Kepala pemerintahan dipegang Kejruen dengan dibantu empat orang Reje, yaitu Reje Gele, Bukit, Rema dan Kemala, dan delapan Reje Cik yaitu: Porang, Kute lintang, Tampeng, Kemala Derna, Peparik, Penosan gegarang dan padang.
Pada masa Kerajaan Aceh di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda, daerah Gayo dan Alas secara resmi dimasukkan dalam bagian Kerajaan Aceh. Gayo dan Alas waktu itu dibagi dalam beberapa daerah yang disebut Kejuruan. Kepada masing-masing kejuruan diberikan sebuah bawar, yakni pedang sejenis tongkat komando sebagai pengganti surat keputusan Setelah Sultan Muhammad Daudsyah menyerah pada Belanda pada tahun 1903, maka Gubernur Militer Aceh Van Heutsz memutuskan untuk menaklukkan seluruh Aceh.
Daerah yang belum takluk waktu itu adalah Gayo Lues dan Alas . setelah mengalahkan Gayo Laut, Gayo Deret, akhirnya Van Daalen memasuki daerah Gayo Lues disebuah kampung terpencil yaitu kampung Kela (9 Maret 1904). Dari sinilah daerah Gayo lues ditaklukkan benteng demi benteng.
Dimulai dengan menaklukkan benteng pasir (16 Maret 1904), Gemuyung (18,19,20 Maret 1904), Durin (22 Maret 1904), Badak (4 April 1904), Rikit Gaib (21 April 1904), Penosan (11 Mei 1904), Tampeng (18 Mei 1904 ) hampir 4000 rakyat Gayo dan Alas gugur, termasuk pejuang Gayo seperti Aman Linting, Aman Jata, H Sulaiman, Lebe Jogam, Srikandi Inen Manyak Tri, Dimus dan lain lain.(foto keujrun patiambang tahun 1904.


Kejurun Patiambang dan struktur Pemerintahan di Gayo Lues

Untuk struktur pemerintahan, klik di sini


KERAJAAN-KERAJAAN KECIL DI BAWAH KESULTANAN ACEH

– Untuk sistem pemerintahan Uleebalang dll. lengkap: klik di sini

Kesultanan Aceh Darussalam dipimpin oleh sultan bergelar Sultan Imam Adil.
Bentuk pemerintahan kesultanan Aceh adalah federasi. Disebut federasi karena kesultanan Aceh menganut prinsip desentralisasi dengan memberikan otonomi yang tinggi bagi daerah bawahannya yaitu nanggroe dan mukim, apalagi untuk daerah taklukan.

Peta Uleebalang Aceh 1917


Sumber Gayo Lues

– Sejarah Gayo Lues: http://lintasgayo.co/2016/03/09/sejarah-perjalanan-lahirnya-kabupaten-gayo-lues
– Patiambang dan struktur pemerintahan di Gayo Lues: https://sultansinindonesieblog.wordpress.com/xx/patiambamg-gayo-lues-keujruen-sumatera-prov-aceh/kejurun-petiambang-dan-struktur-pemerintahan-di-gayo-lues/

Sumber struktur pemerintahan kerajaan-kerajaan di bawah kesultanan Aceh

– Struktur pemerintahan kesultanan Aceh: http://helmiyymailcom.blogspot.co.id
Struktur pemerintahan kesultanan Aceh: http://syahrureza.blogspot.com/
Kesultanan Aceh, Ulèëbalang dan pembagian wilayah: https://id.wikipedia.org/
Struktur pemerintahan kesultanan Aceh: https://www.facebook.com/
Uleebalang, raja kecil dalam kesultanan Aceh: https://id.wikipedia.org/
Sistem pemerintahan kesultanan Aceh lokal: https://id.wikipedia.org/wiki/

Kesultanan Aceh: klik di sini


Peta kesultanan Aceh dan Uleebalang Aceh, 1917 M

11 Aceh, 1873


Peta Aceh dulu

Peta Aceh tahun 1646. Achem, from ‘Livro do Estado da India Oriental’, an account of Portuguese settlements in the East Indies, by Pedro Barreto de Resende

————————————

Peta Aceh 1873.


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: