Ai Renung, kerajaan / P. Sumbawa – Nusa Tenggara Barat

Kerajaan Ai Renung terletak di pulau Sumbawa, kecamatan Moyo Hulu, kabupaten Sumbawa.

Pulau Sumbawa

Pulau Sumbawa

Provinsi Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat


* Foto kerajaan-kerajaan Sumbawa: link
* Foto situs kuno di Sumbawa: link


Latar belakang kerajaan Ai Renung

Secara khusus masyarakat di Kabupaten ini tidak didominasi oleh satu suku, melainkan terdiri dari berbagai macam suku. Dalam perjalanan sejarah sangatlah sulit melacak penduduk aslinya, sebab penduduk di Sumbawa ini berasal dari berbagai daerah. Tana Samawa yang pada saat itu konon sangat terbuka dan memiliki berbagai kekayaan, mendorong adanya perpindahan penduduk dari berbagai daerah. Perkiraan adanya perpindahan penduduk ini berlangsung jauh sebelum zaman kerajaan Sriwijaya, dilakukan oleh para pedagang, nelayan, petani, kiyai, dan sebagainya yang berasal dari berbagai daerah, yaitu: semenanjung Melayu, Aceh, Minang, Banten, Banjar, Jawa, dan Sulawesi. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah pelabuhan yang sampai saat ini ada di sepanjang pesisir Sumbawa. Sampai pada suatu saat ditemukan berbagai kerajaan yang pernah ada di Kabupaten ini, diantaranya Ai Renung.


Tentang Kerajaan Ai Renung

Situs Ai Renung berlokasi dikawasan persawahan Ai-renung. Disekitar tempat ini dahulunya ada sebuah desa yang bernama Ai Renung tidak jauh dari Desa Batu Tering Kec.Moyo Hulu. Nini Kaki atau leluhur masarakat Desa Batu Tering sendiri berasal dari Ai Renung. Dahulu Desa Ai Renung ini merupakan sebuah Desa Besar dan pusat dari sebuah kerajaan kecil diwilayah Moyo Hulu. Disini dahulunya konon bertahta seorang raja yakni Datu Ai Renung. Sebagian masarakat Batu Tering menyebut desa ini sebagai desa loka’ ( desa tua ) bahkan ada yang menyebutnya “ Desa Talo “ atau desa yang ditinggal penghuninya pindah ke Desa Batu Tering sekarang.

Peta lokasi kerajaan-kerajaan di pulau Sumbawa

Peta kuno Sumbawa th.1800an (klik foto untuk besar)


Tentang Situs Ai Renung

Situs Ai Renung adalah situs pertama yang ditemukan di Kabupaten Sumbawa. Adalah Dinullah Rayes (Kabid Kebudayaan Kabupaten Sumbawa) dan Drs. Made Purusa (Balai Arkeologi Denpasar) yang berhasil menemukannya melalui penelitian pada tahun 1971. Pada penelitian pertama mereka hanya menemukan 3 buah sarkofagus atau kubur batu. Sedangkan pada penelitian selanjutnya ditemukan jenis yang sama hingga akhirnya kini terkumpul total 7 sarkofagus.

Foto foto Situs Ai Renung di bawah !


Peta kuno pulau Sumbawa (Cambaua)

Klik di sini untuk peta pulau Sumbawa tahun 1598, 1606 Sumbawa / Nusantara, 1614, 1615, 1697 Sumbawa / Nusantara 1800-an, 1856, 1856, 1910.

Pulau Sumbawa 1615


Sumber

– Tentang situs Ai Renung: http://lombok.panduanwisata.id/beyond-lombok/sumbawa-beyond-lombok/situs-ai-renung-peninggalan-budaya-megalitik/
– Tentang situs Ai Renung: http://sumbawa-beritaphoto.blogspot.nl/2009/10/ai-renung-dulunya-sebuah-pusat-kerajaan.html
– Tentang kerajaan Ai Renung: https://ihinsolihin.wordpress.com/sastra/mengenang-kembali-kerajaan-ai-renung/


Foto foto Situs Ai Renung


 

Advertisements

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: