* FOTO suku suku di P. Alor

Di pulau Alor ada beberapa suku.

Suku Pantar, Etnis Dia’ang/ Dei’ing di Kab. Alor merupakan penduduk asli yang mendiami Pulau Pantar, Pura dan Pulau Alor.

Suku Abui adalah kelompok sosial yang berdiam di P. Alor. Mereka ini berdiam dalam wilayah-wilayah bernama Likuwatang, Malaikawata, Kelaisi, Tafuikadeli, Atimelang dan Motang.

Suku Blagar berdiam dalam wilayah pulau Pantar dan pulau Alor Barat Laut. Anggota Suku bangsa ini relatif tidak besar dan tidak ada data berapa jumlah mereka yang sesungguhnya di antara keseluruhan penduduk kedua kecamatan tersebut di atas.

Suku Kui berdiam di P. Alor, di daerah Kolana dan daerah Pureman sebagai bagian dari wilayah administratif Kabupaten Alor. Orang Kui merupakan satu kelompok yang jumlah anggotanya relatif kecil, namun mereka memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Kui.

Suku Kabola merupakan salah satu duku di Alor yang mendiami daratan Pulau Alor, Pantar dan pulau-pulau kecil di antaranya. Masyarakat Suku Kabola mendiami perkampungan tradisional Monbang yang berada di Desa Kopidil Kecamatan Alor Barat Laut, berjarak dari Kalabahi sekitar 7 km.


Suku di p. Alor masa dulu


Suku di p. Alor masa kini

Suku Kabola

——————

Suku Kabola

——————

Suku Kabola

——————

——————

Suku Abui

——————

Pakaian Adat Khas Alor

——————

Suku Abui

——————

——————

——————

——————

Suku tradisional dari Kecamatan Alor Tengah Utara


 

Blog at WordPress.com.

<span>%d</span> bloggers like this: