Limau, kerajaan / P. Sangihe – Prov. Sulawesi Utara

Kerajaan Limau terletak di P. Sangihe, berpusat di Makiwulaeng (Kendahe/Talawide), Kab. Kepulauan Sangihe, provinsi Sulawesi Utara.
Kerajaan Limu atau juga disebut Sahabelimu pada tahun 1520 dibawah pemerintahan Kulane Pahawon Seke.

Klik foto untuk besar

 

 

 

 

 

 

 


* Foto foto kerajaan-kerajaan Sangihe: link


Tentang kerajaan Limau

Umum

Menurut legenda Sangir bahwa manusia yang pertama kalai mendiami pulau Sangir adalah Datuk Gumansalangi alias Medelu dan istrinya Ondu Ansa alias Mekila.

Ke 2 suami istri ini berasal dari kayangan dengan perantaraan guntur serta kilat dimana ke dua insan ini mendiami puncak gunung Sahendaruman setelah 3 hari 3 malam puncak gunung itu diliputi awan yang gelap disertai guntur dan kilat.
Datuk Gumansalangi mendirikan kerajaannya yang berbatasan dengan Kerajaan Bowentahu dan Mangondow di sebelah selatan, di utara dengan Kesultanan Mindanaow, disebelah barat dengan Kesultanan Sulu sedangkan bagian timur dengan Kesultanan Ternate. Kerajaannya hanya berumur 100 tahun dimulai pada abad ke XIII sesudah masehi dan berakhir pada abad ke XIV S.M. Setelah kerajaan Gumansalangi bubar maka timbul kerajaan-kerajaan kecil.

Tentang kerajaan Limau

Kerajaan Limu atau juga disebut Sahabelimu pada tahun 1520 dibawah pemerintahan Kulane Pahawon Seke saudara dari Kulane Bulega Langi, yang berpusat di Sahabe.

Pertama kali, dibuktikan lewat catatan jurutulis Magellan tahun 1421, Antonio Pigaffeta. Di Sangihe, Pigafetta mencatat ada empat raja. Dua di Siau dan satu di Tagulandang.
Tapi sumber sejarah tiga abad sesudahnya, hasil tulisan F. Valentijn yang datang ke Sangihe awal abad ke-18, menyebut awalnya hanya dua saja kerajaan di Sangihe, yaitu Tabukan dan Kalongan. Menurutnya, nanti kira-kira tahun 1670 muncul sembilan kerajaan di Sangihe, yaitu: Kerajaan Kendahe, Kerajaan Taruna, Kerajaan Kolongan, Kerajaan Manganitu, Kerajaan Kauhis, Kerajaan Limau, Kerajaan Tabukan, Kerajaan Sawang (Saban) dan Kerajaan Tamako.
Namun, kemudian kerajaan yang terakhir (Tamako) menjadi bagian Siau. Sementara, Raja Limau ditumpas pasukan kiriman Padtbrugge. Kerajaan ini hancur lebur. Dan, Sawang bergabung dengan Kerajaan Taruna dan Kerajaan Kolongan. Sedangkan Kauhis bergabung dengan Manganitu.
.

Sumber
.
Sejarah kerajaan Limau
.
– Sejarah kerajaan Limau: http://9soputan9.blogspot.nl/2011/11/kerajaan-kendahe-dan-sekitarnya.html?spref=bl
– Sejarah kerajaan Limau: https://talaudnews.wordpress.com/2015/05/19/berdirinya-kerajaan-kerajaan-di-sangir-talaud/

Sejarah kerajaan kerajaan di pulau Sangihe
.
– Sejarah berdirinya kerajaan di Sangihe: https://talaudnews.wordpress.com/2015/05/19/berdirinya-kerajaan-kerajaan-di-sangir-talaud/
Sejarah terbentuknya kerajaan2 dan kolano di Sangihe:  http://dhevinadalinda.blogspot.co.id/2014_10_01_archive.html
– Asal usul Suku Sangihe: https://www.facebook.com/permalink.php?id=402494556575845&story_fbid=489276121231021
– Asal usul Manado, Siau dan Sangihe Talaud: http://manado.tribunnews.com/2013/06/25/asal-usul-manado-siau-dan-sangihe-talaud
– Sejarah kerajaan kerajaan di Sanngihe: http://9soputan9.blogspot.co.id/2013/11/kerajaan-sangihe-talaud.html
.

 

Advertisements

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: