Suku Dompu – P. Sumbawa, NTB

Suku Dompu adalah suku bangsa yang berdiam di pulau Sumbawa, dalam wilayah Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka ini tersebar dalam empat Kecamatan, yakni Huu, Dompu, Kempo, dan Kilo.

Lihat juga: kesultanan Dompu

Lokasi kabupaten Dompu


* Foto kesultanan / sultanate Dompu: link
* Foto istana kesultanan Dompu: link


Mata pencaharian

Info di bawah diambil dari: http://suku-dunia.blogspot.com/2016/04/sejarah-suku-dompu.html

Sebagian besar anggota masyarakat Dompu hidup dari pertanian, tanaman pangan dan kebun, serta perikanan. Sebagian lainnya adalah pedagang, beternak, dan pegawai. Pertanian sawah teknis, setengah teknis, dan sederhana meliputi wilayah sekitar 13.000 hektar pada tahun 1985. Hasil-hasil pertanian lain adalah ubi kayu, ubi jalar, kacang kedelai, dan jagung.

Hasil-hasil perkebunan yang cukup penting adalah tembakau, kapuk, kemiri, pinang, dan asam. Perkebunan kelapa dan kopi masih belum memberi hasil yang cukup berarti. Perikanan laut dan air tawar telah memberikan hasil yang cukup besar.

Agama dan Kepercayaan Suku Dompu

Data tahun 1985 menunjukkan bahwa 98 % penduduk Kabupaten Dompu adalah pemeluk agama Islam, dan selebihnya beragama Katolik, Protestan, Hindu, dan Buddha. Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari para ulama merupakan salah satu golongan masyarakat yang kedudukannya terpandang, di samping golongan terdidik, yang ekonominya baik.

Foto Sultan Dompu Muhammad Sirajuddin

Gerelateerde afbeelding


Sumber

– Suku Dompu: http://suku-dunia.blogspot.com/2016/04/sejarah-suku-dompu.html
– Asal usul Suku Dompu: http://etnisdunia.blogspot.com/2017/05/asal-usul-suku-dompu-ntb.html