* FOTO kerajaan Majapahit

Candi dan bangunan era Majapahit

Candi Jabung adalah salah satu candi hindu peninggalan kerajaan Majapahit. Candi hindu ini terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Struktur bangunan candi yang hanya dari bata merah ini mampu bertahan ratusan tahun. Menurut keagamaan, Agama Budha dalam kitab Nagarakertagama Candi Jabung di sebutkan dengan nama Bajrajinaparamitapura. Dalam kitab Nagarakertagama candi Jabung dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk pada lawatannya keliling Jawa Timur pada tahun 1359.

Berkas:Candi Jabung B.JPG

——————-

Candi Rimbi adalah peninggalan agama Hindu dari masa Klasik yang berada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Candi ini juga sering disebut Cungkup Pulo. Nama Rimbi dikaitkan dengan nama tokoh pewayangan bernama Arimbi, isteri Werkudara atau yang lebih dikenal dengan nama Bima.

Berkas:Rimbi Temple, Bareng, Jombang, 2017-09-19.jpg

——————-

Candi Brahu merupakan salah satu candi yang terletak di dalam kawasan situs arkeologi Trowulan, bekas ibu kota Majapahit. Tepatnya, candi ini berada di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan.

Berkas:Brahu Temple Trowulan.jpg

——————-

Candi Sanggrahan atau Candi Cungkup adalah candi pemujaan budha, letak di Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Candi berbentuk bujursangkar dan terdiri dari bangunan kaki, tubuh dan atap. Candi ini peninggalan Kerajaan Majapahit, dibangun sekitar tahun 1350.

Berkas:Candi Sanggrahan 3550032.jpg

——————-

Candi Tikus. Diperkirakan candi ini dibangun antara abad ke-13 sampai ke-14 M, karena miniatur menara merupakan ciri arsitektur pada masa itu.
Candi Tikus adalah sebuah peninggalan dari kerajaan yang bercorak hindu yang terletak di Kompleks Trowulan, tepatnya di dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Berkas:Candi Tikus.jpg

——————-

Gapura Bajang Ratu atau juga dikenal dengan nama Candi Bajang Ratu adalah sebuah gapura / candi peninggalan Majapahit yang berada di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
Bangunan ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14 dan adalah salah satu gapura besar pada zaman keemasan Majapahit.

Berkas:Bajang Ratu Gate Trowulan.jpg

——————-

Gapura Wringin Lawang adalah sebuah gapura peninggalan kerajaan Majapahit abad ke-14. Gapura agung ini terbuat dari bahan bata merah dengan luas dasar 13 x 11 meter dan tinggi 15,5 meter. Diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Gerbang ini lazim disebut bergaya candi bentar atau tipe gerbang terbelah.

Berkas:Wringin Lawang, Trowulan.jpg

——————-

Candi Surawana atau Candi Surowono (‘Kuil Surawana’) adalah candi Hindu yang dibangun pada akhir abad ke-14 pada masa kerajaan Majapahit. Candi ini terletak di dekat kota Pare, provinsi Jawa Timur di Indonesia.

 

——————-

 Candi Sukuh terkenal sangat unik karena berbeda dengan Candi Hindhu pada umumnya. Candi Sukuh merupakan candi Hindhu pada jaman Majapahit yang berlokasi di Jawa Tengah. Persisnya, candi ini terletak di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi Candi Sukuh terletak di lereng kaki Gunung Lawu pada ketinggian kurang lebih 1.186 meter di atas permukaan laut.  Awalnya keberadaan candi ini menjadi hal yang kontroversial sebagai objek wisata karena terdapat beberapa arca atau patung yang menggambarkan alat reproduksi manusia. Selain itu bentuk Candi Sukuh ini terkenal sangat unik karena berbeda dengan candi Hindhu pada umumnya. Bentuk candi ini adalah trapesium dan mirip dengan candi peninggalan suku Maya.

Candi Sukuh Attraction & Entrance Fee - IdeTrips

——————-

Candi Bangkal merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Candi ini terletak di Desa Candiharjo, Dusun Bangkal, Kecamatan Ngoro, Mojokerto. Candi ini memiliki bentuk segi empat. Di kaki candi ada tangga yang bisa digunakan untuk menuju ke bilik candi.

 

Candi Bangkal , Ngoro | KASKUS

——————-

Candi Pari. Candi ini dibangun saat masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk tahun 1350 sampai dengan 1389 Masehi. Candi ini terletak di 2 km arah Barat Laut semburan pusat lumpur panas Lapindo Brantas. Candi Pari ini juga dibangun dengan batu bata berbentuk persegi empat seperti pura yang ada di Bali. 

Berkas:Candi Pari 1.jpg - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia ...

——————-

Candi Jedong. Bangunan dari abad ke-14 ini terletak di lereng utara Gunung Penanggungan. Tepatnya di sekitar 2 km sebelah selatan Kawasan Industri Ngoro. Daya tarik Situs Jedong adalah keberadaan dua bangunan tua berbentuk gapura paduraksa. Kedua bangunan ini juga popular disebut sebagai Candi Jedong.

——————-

Candi Ceto merupakan candi bercorak agama Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit (abad ke-15 M). Lokasi candi berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1496 m di atas permukaan laut, dan secara administratif berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Kompleks candi digunakan oleh penduduk setempat dan juga peziarah yang beragama Hindu sebagai tempat pemujaan. Candi ini juga merupakan tempat pertapaan bagi kalangan penganut kepercayaan asli Jawa/Kejawen.

Liburan Akhir Tahun, Karanganyar Tawarkan Destinasi Candi Cetho ...

——————-

 Candi Wringin Branjang. Diduga bangunan candi ini merupakan tempat penyimpanan alat-alat upacara dari zaman Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke 15 M.
Candi Wringin Branjang adalah sebuah candi terletak di Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi ini letaknya masih satu kompleks dengan Situs Gadungan, jaraknya sekitar 100 m di sebelah barat Situs Gadungan I. Candi yang terbuat dari batu andesit ini memiliki bentuk yang sangat sederhana.

Candi Wringin Branjang, Situs Kuno Unik di Kaki Gunung Gedang ...

——————-

Situs Pemukiman Segaran


Museum Trowulan

Museum Majapahit, Trowulan. Patung Hariti di Museum Majapahit, tanpa kepala, dan satu kepala terpisah, yang biasanya digambarkan dengan buah dada besar dan dikelilingi anak-anak. Hariti adalah mahluk mitologi untuk melindungi anak-anak, memberi kemudahan saat melahirkan, menjaga dan merawat anak-anak, menjaga keharmonisan suami isteri, cinta, dan kesejahteraan serta keamanan keluarga. Ia juga dipuja wanita tanpa anak agar bisa hamil.

Melihat Koleksi Sejarah Majapahit di Museum Trowulan - Jawa Timur

Harga Tiket Dan Jam Buka Museum Trowulan 2016


Raja raja kerajaan Majapahit

 

Kisah Raja 'Pengadil' Di Masa Kerajaan Majapahit

 

Raja raja kerajaan Majapahit

    Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit

Hayam Wuruk adalah raja keempat Kerajaan Majapahit yang memerintah tahun 1350-1389, bergelar Maharaja Sri Rajasanagara. Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya.

Makuta Ulun Umbul. Dugaan tersebut didasarkan pada penemuan mahkota Ulun Umbul di daerah Leuwidulang, Majalaya. Mahkota tersebut diduga milik Hayam Wuruk.

Lambang kerajaan Majapahit


Patung era Majapahit 

Indahnya Arca Emas Buatan Nenek Moyang Bangsa

 

Balasan dari 10 Arca Peninggalan Kerajaan Majapahit | KASKUS

Seni Perhiasan Mengagumkan dari Majapahit « Perjalanan Cinta

Relief emas sutasoma, era majapahit.
.

Patung emas dewa Wisnu

Bidadari Majapahit, arca emas apsara gaya Majapahit menggambarkan zaman kerajaan Majapahit sebagai zaman keemasan Nusantara.

10 Arca Peninggalan Kerajaan Majapahit | DADANG BERCERITA

Patung wanita dengan pakaian anggun Jawa kuna zaman kerajaan Hindu ...

 

Kerajinan Patung Arca | MAJAPAHIT MUSEUM DARING

Berkas:Prajnaparamita Java Side Detail.JPG

 

Temuan Langka di Petirtaan Suci Majapahit, Pancuran Air Bentuk ...


Perhiasan era Majapahit

Perhiasan peninggalan Kerajaan Majapahit yang berhasil diangkat melalui ritual Ngalap Berkah di pantai Jolosutro, Wates, Blitar

 

 

Perhiasan Tradisional Masa Kerajaan Majapahit | GPS Wisata Indonesia

Cincin Majapahit Kuno Asli Hasil Penarikan di 2020 | Asli, Cincin ...


 

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: