Alifuru, Suku Alifuru / Maluku – Seram

Suku-bangsa Alifuru diakui keberadaannya sebagai penduduk asli kepulauan Maluku dengan pemukiman awal berpusat di pulau Seram.

Lokasi Seram

Lokasi Seram

Pulau Seram

Pulau Seram


* Foto Suku Alifuru: link
* Foto negeri dan kerajaan di Maluku: link
———————————————————————————————————————
Tentang Suku Alifuru

Suku Alifuru menurut cerita yang beredar di tanah Maluku, bahwa suku Alifuru ini sebagai manusia pertama yang menghuni pulau Seram dan termasuk wilayah lain di kepulauan Maluku.

Suku Alifuru Gunung memiliki kerabat dekat yang tinggal di daerah pesisir, yaitu suku Alifuru Pesisir. Kedua suku ini sebenarnya tidak berbeda, hanya karena telah terpisah sekian lama, maka terjadi beberapa perbedaan tata cara dan kebiasaan hidup. Tetapi secara adat dan budaya tidaklah terlalu berbeda.
Suku Alifuru Gunung ini memiliki kebiasaan yang berbeda dengan saudaranya Alifuru Pesisir. Suku Alifuru Gunung hidup mengasingkan diri di pedalaman di pegunungan, dan jarang berinteraksi dengan suku-suku lain di pulau Seram.
Suku Alifuru Gunung hidup di sekitar jalur pendakian menuju Gunung Binaiya. Mereka menjalankan adat istiadatnya dengan kuat. Sebagian besar dari suku Alifuru Gunung ini masih menganut kepercayaan tradisional yang mengandung unsur animisme.
———————————————————————————————————————
Sumber

– Tentang Suku Alifuru: http://protomalayans.blogspot.co.id/2012/11/suku-alifuru-pesisir-maluku.html
Tentang Suku Alifuru: http://alifurulembahmaliamato.blogspot.co.id/2013/05/alifuru-dalam-sejarah_1.html
– Tentang Suku Alifuru: http://dedensyahruddin.blogspot.co.id/2013/06/suku-alifuru.html

—————————————————————————————————————

Advertisements

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: