Cirebon Larang, kerajaan / Prov. Jawa Barat – wilayah Cirebon

Kerajaan Cirebon Larang adalah cikal bakal Kesultanan Cirebon. Lokasi Manadala Cirebon Larang ini berada di Muara Jati Cirebon. Pesisir utara Kota Cirebon sekarang.
Awal mula berdirinya Manda Cirebonlarang tidak diketahui secara persis; mungkin abad ke-12 atau abad ke-13. Keberadaannya bersamaan dengan tumbuhnya pemukiman atau pakuwuan Cirebonlarang.

kab. Cirebon, Jawa


Garis kerajaan-kerajaan di Jawa: link


Foto sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa

* Foto sultan dan raja, yang masih ada di Jawa: link
* Foto keraton di Jawa, yang masih ada: link
* Foto Batavia (Jakarta) masa dulu: link
* Foto Jawa masa dulu: link
* Penyerbuan Batavia oleh Sultan Agung, 1628/1628: link
* Foto perang Diponegoro, 1825: link
* Foto situs kuno di Jawa: link


Video sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa

* Untuk video-video sejarah Jawa, klik di sini


KERAJAAN CIREBON LARANG

Sejarah kerajaan Cirebon Larang, abad ke-12 atau abad ke-13

Awal mula berdirinya Manda Cirebonlarang tidak diketahui secara persis; mungkin abad ke-12 atau abad ke-13. Keberadaannya bersamaan dengan tumbuhnya pemukiman atau pakuwuan Cirebonlarang.

Wilayah Cirebon Larang pada awal pembentukannya, hanya berstatus sebagai pakuwuan. Daerah ini dibuka oleh Raden Walangsungsang, setelah beliau meminta izin pada Ki Gedeng Tapa (penguasa Sing Apura yang wilayahnya meliputi Cirebon Larang). Setelah membentuk tempat pemukiman, akhirnya secara administratif Cirebon Larang terpisah dengan Sing Apura.

Lokasi Cirebon Larang tadinya merupakan kawasan hutan di wilayah Cirebon Pesisir yang biasa disebut Tegal Alang-Alang atau Lemah Wungkuk. Disana Raden Walangsungsang dibantu oleh 52 orang penduduk membuka tempat pemukiman pada tahun 1445.

Kerajaan Cirebon Larang adalah cikal bakal Kesultanan Cirebon.

Kabupaten Pati, 1600

Tidak jauh dari lokasi Cirebon Larang, terdapat sebuah sungai yang cukup besar bernama Kali Kriyan, dimana banyak penduduk setempat yang mencari ikan di tempat itu.

Perkampungan tersebut dihuni oleh berbagai suku campuran dari berbagai etnis, dan penduduk setempat kemudian mempercayakan Ki Danusela (adik pendeta Budha Ki Danuwarsih) sebagai kuwunya, sedangkan Walangsungsang bertindak sebagai Pangraksabumi (yang memperhatikan dan memelihara kebaeradaan tanah pemukiman) dengan gelar Ki Cakrabuana.

Setelah tahta Pajajaran turun pada Surawisesa (1521-1535 – saudara seayah Raden Walangsungsang), maka kerajaan Pajajaran dan kerajaan Cirebon Larang dianggap sederajat. Sejak itulah, status Cirebon Larang yang tadinya hanya sebuah kerajaan bawahan Pajajaran kini berubah menjadi Kesultanan Cirebon yang merdeka.


Peta kuno Jawa

Klik di sini untuk peta kuno Jawa tahun 1598, 1612, 1614, 1659, 1660, 1706, 1800-an, awal abad ke-18, 1840.

Jawa, awal abad ke-18

1234


Sumber

– Sejarah lengkap kerajaan Cirebon Larang: https://id.wikipedia.org/wiki/
– Sejarah lengkap kerajaan Cirebon Larang: http://westjavakingdom.blogspot.com/


Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: