Blega, kerajaan / Madura

Kerajaan Blega terletak di pulau Madura.

Pulau Madura

Pulau Madura

Lokasi pulau Madura

Lokasi pulau Madura


* Foto foto kerajaan-kerajaan di Madura: link


Sejarah kerajaan-kerajaan di Madura

Kerajaan Madura. Sebelum abad ke 18, Madura terdiri dari kerajaan-kerajaan yang saling bersaingan, akan tetapi sering pula bersatu dengan melaksanakan politik perkawinan. Di antaranya kerajaan-kerajaan tersebut adalah Arosbaya, Blega, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.
Di samping itu kerajaan-kerajaan di Madura berada dibawah supermasi dari kerajaan yang lebih besar yang kekuasaannya berpusat di Jawa. Antara tahun 1100-1700, kerajaan-kerajaan itu berada dibawah supermasi kerajaan Hindu di Jawa Timur, kerajaan-kerajaan Islam dipesisir Demak dan Surabaya serta kerajaan Mataram di Jawa Tengah.
Peda pertengahan abad ke 18, Madura berada di bawah pengarush VOC/Kompeni Belanda. Setelah Kompeni dibubarkan pada tahun 1879, Madura dengan berangsur-angsur menjadi bagian dari Kolonial Belanda sampai dengan masa pendudukan Bala Tentara Jepang.


Sejarah kerajaan Blega

Dahulu kala ketika masing-masing daerah di Madura dipimpin oleh seorang raja, Blega dipimpin oleh seorang pangeran namun dibawah kendali kerajaan Arosbaya yang dikuasai oleh pangeran pratano (ki lemah duwur). Setelah wafatnya ki pratano (ki lemah duwur), tahta kerajaan Arosbaya diwariskan kepada puteranya yaitu Pangeran Tengah pada tahun 1592 – 1620 dan yang menjadi raja di kerajaan Blega saat itu ialah Pangeran Blega pada tahun 1593 – 1624.


Perang saudara antara Arosbaya dan Blega

Setelah Panembahan Lemah Duwur meninggal, maka yang menggantikannya adalah puteranya yang bernama Raden Koro dengan gelar Pangeran Tengah. Blega dipimpin oleh saudaranya yang bernama Pangeran Blega dalam hak ini dia tidak mau tunduk kepada Arosbaya, sehingga timbul peperangan antara Arosbaya dengan Blega. Tentara Arosbaya tiga kali menyerang Blega namun serangan tersebut dapat dipatahkan oleh tentara Blega, bahkan tentara Blega dapat memukul mundur pasukan Arosbaya.

Sumber dan lengkap: http://bangkalanmemory.blogspot.co.id/2013/10/perang-saudara-antara-arosbaya-dengan_4233.html

klik peta-peta di bawah untuk besar

Peta lokasi Madura tahun 1616

Peta lokasi Madura tahun 1660


Sumber

– Tentang keraton Pangera Blega: http://andasblega.blogspot.co.id/2013/08/sejarah-berdirinya-kraton-pangeran-blega.html
– Perang saudara Arosbaya dan Blega: http://bangkalanmemory.blogspot.co.id/2013/10/perang-saudara-antara-arosbaya-dengan_4233.html
– Pangeran Macan Putih kerajaan Blega: http://sapekerap.blogspot.co.id/2014/04/pangeran-macan-putih-kerajaan-blega.html


 

Advertisements

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: