* FOTO Puri Agung Kesiman, Denpasar, Bali

Puri Agung Kesiman dibangun pada tahun 1779 oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan setelah Puri Satria dihancurkan oleh I Gusti Ngurah Rai, adik dari I Gusti Ngurah Made Pemecutan. Namun sumber lain mengatakan bahwa Puri Agung Kesiman didirikan oleh I Gusti Gede Kesiman pada abad ke-19 usai I Gusti Ngurah Made Pemecutan membagi daerah kekuasaan kepada kedua anaknya, I Gusti Ngurah Gede dan I Gusti Gede Kesiman.

Kesiman Castle At Denpasar,Bali Stock Photo, Picture And Royalty ...

————————————————–

Pada tanggal 14 September 1906, kekuatan besar dari Tentara Hindia Belanda Kerajaan, yang bernama Ekspedisi Militer ke-6, mendarat di bagian utara pantai Sanur. Itu di bawah komando Mayor Jenderal M.B. Rost van Tonningen. Tentara Badung melakukan beberapa serangan terhadap bivak Belanda di Sanur pada 15 September, dan ada beberapa perlawanan lagi di desa Intaran.

Secara keseluruhan, pasukan itu berhasil bergerak ke pedalaman tanpa banyak perlawanan, dan tiba di kota Kesiman pada tanggal 20 September 1906. Di sana, raja yang di bawah raja Badung, telah dibunuh oleh pendetanya sendiri, sebagaimana ia telah menolak untuk memimpin perlawanan bersenjata melawan Belanda, istana terbakar dan kota itu sepi.

 

—————————————–

Tjokorda Sakti Kesiman (1862 photo). (Courtesy Puri Agung Kesiman).

—————————————–

Puri Kesiman sebelum puputan Badung


 

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: