Bangkala, kerajaan / Prov. Sulawesi Selatan, Kab. Jeneponto

Kerajaan Bangkala terletak di Sulawesi, prov. Sulawesi Selatan, Kab. Jeneponto.

Lokasi Jeneponto

Lokasi Jeneponto

Prov. Sulawesi Selatan

Prov. Sulawesi Selatan


* Foto foto Sulawesi dulu, suku Sulawesi dan situs kuno: link


Sejarah kerajaan Bangkala

Pada zaman dahulu Jeneponto merupakan suatu kerajaan lokal yang besar, yang merupakan kerajaan yang berdiri sendiri dan memiliki 4 kerajaan besar antara lain Arungkeke, Binamu, Tarowang dan Bangkala.
Kerajaan Bangkala yang bersumber dari kekarean Kalimporo.

Untuk Kerajaan Arungkeke, Tarowang, dan Bangkala, ketiganya merupakan kerajaan tersendiri yang otonom sejajar dengan kerajaan Binamu di Butta Turatea. Mereka tidak saling membawahi tapi tetap saling berinteraksi dan saling berbagi karena faktor kesamaan bahasa, budaya, tradisi, dan adat istiadat satu sama lain.

Bangkala merupakan salah satu Wilayah kekuasaan Kerajaan Gowa pada masa pemerintahan Sombayya Ri Gowa Tunipallangga Raja Gowa Ke X bernama I Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tunipallangga Ulaweng (1546 – 1565).

Lokasi Jeneponto
Afbeeldingsresultaat voor jeneponto map foto

Silsilah Karaeng Bangkala

Ada dua versi Lontara Silsilah Karaeng Bangkala yang menyebutkan mengenai ibu dari Karaeng Labbua Talibannanna, dimana salah satunya menyebutkan ibu dari Karaeng Labbua Talibannanna yaitu Putri dari Karaeng Loe Ri Marusu.
– Versi pertama dari Daeng Mino Lontara Silsilah Karaeng Bangkala menyebutkan Atinna Bangkala menikah dengan Karaeng Ujung Moncong lahirlah: Karaeng Labbua Talibannanna.
– Versi kedua dari Lontara silsilah Karaeng Ujung Moncong menyebutkan Atinna Bangkala menikah dengan Putri Karaeng Loe Ri Marusu lahirlah Puang Kope Karaeng Labbua Talibannanna.
Namun kedua versi Lontara silsilah Karaeng Bangkala menyebutkan bahwa Karaeng Labbua Talibannanna menikah dengan Putri Raja Gowa ke X.

 


Peta-peta Sulawesi masa dulu

Untuk peta peta kuno (1606, 1633, 1683, 1700, 1757, 1872, abad ke-19): klik di sini

Peta Sulawesi dan Maluku, tahun 1683


Sumber

– Sejarah kerajaan Bangkala: http://marlnxsyam.blogspot.co.id/2010/06/sejarah-bangkala.html
– Sejarah kerajaan Arungkeke dan Bangkala: http://jufridaengnigga80.blogspot.co.id/2012/12/kerajaan-arungkeke-kerajaan-kecil-yang.html
– Slsilah Karaeng Bangkala: http://www.kompasiana.com/mfaridwm/kekaraengan-bontoa-maros-dari-raja-gowa-dan-bangkala-1_5500e3588133111918fa7faa


 

Advertisements

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: